Home » Ide Bisnis » Jenis Jenis Peluang Usaha Yang Menjanjikan Untuk Ibu Rumah Tangga

Jenis Jenis Peluang Usaha Yang Menjanjikan Untuk Ibu Rumah Tangga

Jenis-Jenis Peluang Usaha Yang Menjanjikan Untuk Ibu Rumah TanggaJenis jenis peluang usaha untuk ibu rumah tangga mungkin bukan hal yang sulit untuk ditemukan dewasa ini. Jika kita cermat dan kreatif, maka banyak sekali peluang usaha yang menjanjikan bagi seorang ibu rumah tangga untuk meningkatkan perekonomian keluarganya. Namun tentu saja banyak hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang wanita sebelum menjalani bisnis sampingan para untuk ibu rumah tangga ini.

Salah satunya yang kerap jadi pertimbangan adalah apakah mereka harus meninggalkan rumah atau tidak. Memang banyak sekali jenis jenis peluang usaha yang bisa dilakukan oleh wanita yang telah berumah tangga. Namun tentu saja wanita yang telah menikah tak punya banyak kebebasan untuk mengembangkan usaha dan mencari pendapatan sendiri. Apalagi jika mereka juga sudah memiliki tanggungan anak yang musti diurus dan diperhatikan.

Namun kini banyak sekali jenis jenis peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang tak mengharuskan mereka untuk meninggalkan rumah atau melalaikan kewajiban sebagai ibu dan istri. Tentu saja setiap istri berharap bisa membantu untuk meringankan beban suami sebagai seorang kepala rumah tangga. Tak heran jika kini, bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan tanpa harus keluar dari rumah dan mengabaikan kewajiban semakin diminati oleh kaum hawa. Lalu apakah jenis bisnis dan peluang usaha yang cocok dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga tanpa harus mengabaikan kewajibanya?

Beberapa inspirasi peluang usaha bisa ditemukan dengan mudah di internet. Salah satunya situs Youngisthan.in  yang membagikan referensi dan ide mengenai jenis peluang usaha yang bisa dilakukan oleh setiap ibu rumah tangga di rumah. Namun perlu diingat, sebelum memulai jenis binis apapun juga, sebaiknya mintalah izin dan persetujuan dari suami Anda.

Baca juga: Ide Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga

Jenis Jenis Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Dan berikut ini ada  beberapa jenis peluang usha untuk seorang istri atu ibu tanpa harus meninggalkan rumah dan juga buah hati mereka.

  • Bisnis catering dan makanan. Wanita identik dengan dapur dan memasak. Jadi catering atau bisnis makanan menjadi salah satu hal yang perlu anda coba untuk para ibu rumah tangga. “Ah bisnis katering mah sudah banyak. Sainganya juga berat” ya betul sekali pendapat tersebut. Namun jika Anda kreatif dan juga berinovasi bukan tak mungkin Anda bisa menciptakan suatu kreasi kuliner yang unik dan tak biasa. Dewasa ini banyak sekali resep masakan, kue, minuman, dessert dan juga aneka jenis kuliner yang unik dan bisa dicontoh idenya. Anda bisa mencari ide kuliner baru dengan memanfaatkan berbagai macam media sosial tersebut.
  • Freelance. Peluang usaha yang bisa dicoba untuk ibu rumah tangga adalah frelance, yang penawaranya banyak ditemukan di internet. Penulis, penterjemah, desain grafis dan juga reseller aneka produk barang bisa Anda coba di rumah. Anda tak perlu meninggalkan rumah atau melalaikan kewajiban sebagai seorang ibu. Hanya dengan bermodalkan PC, laptop, modem atau smartphone, setiap ibu rumah tangga dengan keahlian khusus bisa menjadi freelancer ini.
  • Data entry. Jenis jenis peluang usaha untuk ibu rumah tangga selanjutnya adalah data entry. Jika freelance seperti penulis, penerjemah atau desain grafis butuh keahlian khusus, data entry tidaklah seperti itu. Oke untuk menjalani usaha ini mungkin Anda harus memiik kemampuan menggunakan komputer; internet; Microsoft Word dan juga Excel. Namun semua keahlian tersebut sudah Anda dapatkan saat SLTA atau di bangku SLTP malah. Data entry jadi salah satu peluang usaha yang setiap ibu bisa kembangkan dirumah hanya dengan bermodalkan PC dan modem saja.
  • Usaha jasa laundry atau penitipan anak. Peluang usaha jasa seperti laundry dan penitipan anak juga bisa dicoba oleh ibu rumah tangga di rumah. Masyarakat yang semakin sibuk dengan rutinitasnya dewasa ini membuat peluang usaha laundry atau penitipan anak bisa jadi sangat menguntungkan untuk Anda. Laundry akan laris manis jika dibuka disekitar lingkungan perkantoran atau kost-kostan. Sedangkan penitipan anak memiliki peluang besar karena dewasa ini, banyak suami istri yang keduanya terpaksa harus meningalkan anak-anak mereka untuk mencari nafkah.
  • Menjual aneka produk Homade. Jenis jenis peluang usaha yang paling banyak digeluti ibu rumah tangga adalah jenis peluang ini. Produk homade mulai dari kuliner, fashion dan juga kreasi lainya tengah marak belakangan ini. Produk homade ini bisa dibuat sendiri di rumah dan promosinya pun bisa memanfaatkan sosial media. Aneka inspirasi dan ide kreasi produk homade bisa ditemukan dengan mudah di internet.
  • Jadi guru les di rumah. Wanita identik dengan sifat sabar dan ngemong yang cocok jadi guru les untuk anak sekolah. Tak perlu harus les pelajaran umum yang diajarkan di sekolah. Dewasa ini banyak juga orang tua yang mencari les private untuk mengajari anak-anak mereka mengaji dan belajar ilmu agama. Namun jika Anda juga memiliki keahlian di bidang pengetahuan umum, maka tentu ini akan menjadi nilai plus untuk usaha les private anak. Peluang usaha bimbel atau kursus rumahan ini merupakan satu jenis usaha yang sangat cocok untuk ibu rumah tangga.

Bagaimana? Tak sulit bukan menemukan peluang usaha yang bermanfaat untuk ibu rumah tangga tanpa harus melalaikan kewajiban mereka? Semoga berbagai jenis jenis peluang usaha menjanjikan untuk ibu rumah tangga diatas bisa menjadi inspirasi bagi para istri yang ingin menambah nafkah rumah tangga mereka. Selamat mencoba.

sumber gambar: lifestyle.kontan.co.id

Baca Juga:

About Eva Herlita

Menempuh pendidikan formal bidang akuntansi , tak salah jika menjadi penjaga rubrik Keuangan di Pojok Bisnis. Pernah menjadi guru, sekarang lebih menikmati menjadi ibu rumah tangga yang senang bisnis. Karena itu selain menulis hal-hal berkaitan dengan keuangan dan akuntansi, ia juga berbagi pengalaman di seputaran bisnis ibu rumah tangga dan aneka usaha rumahan. Jika ada pertanyaan jangan segan ketik di kolom Comment. Jangan lupa share artikel melalui tombol sosial media yang tersedia. Siapa tahu ada diantara teman, saudara, atau kolega Anda yang sedang mencari artikel ini.

Check Also

Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Bisnis modal 500 ribu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda jalani, salah satunya adalah dengan …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Jenis Jenis Peluang Usaha Yang Menjanjikan Untuk Ibu Rumah Tangga

One comment

  1. yg bisa gambar, bisa jadi ilustrator juga loh, jadi bisa kerja dari rumah, tapi tetep bisa “ketemu klien”.. manfaatin koneksi internet yg pasti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Jenis Jenis Peluang Usaha Yang Menjanjikan Untuk Ibu Rumah Tangga