Home » Ide Bisnis » Inspirasi Kreasi Kuliner Sebagai Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Inspirasi Kreasi Kuliner Sebagai Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Inspirasi Kreasi Kuliner Sebagai Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah TanggaJenis usaha sampingan ibu rumah tangga umumnya tak jauh-jauh dari kuliner atau makanan dan minuman. Memang kaum hawa identik dengan dapur dan keahlian mereka memasak. Istilahnya membuat dan menyiapkan makanan bukanlah hal yang asing lagi bagi kaum wanita. Apalagi jika dia telah menikah dan berumah tangga. Memasak dan menyiapkan makanan adalah tugas sehari-hari yang tak asing lagi bagi kaum wanita.

Dan sekarang tak sedikit yang memanfaatkan keahlian memasak ini sebagai jenis usaha sampingan ibu rumah tangga. Dan mereka yang menjalani usaha ini jumlahnya semakin banyak dari waktu ke waktu. Secara garis besar, selama manusia masih butuh makan maka usaha kuliner akan terus berkembang dan berinovasi. Sebagian kecil ibu rumah tangga yang kreatif dan jeli melihat peluang lantas menjadikan ini sebagai tambahan pendapatan untuk membantu suami yang bekerja. Bisnis kuliner yang diawali dari kebiasaan memasak ibu rumah tangga inipun mulai berkembang dan menyita perhatian banyak pihak.

Meski mulai banyak peminat, bukan hal yang mustahil jika Anda ingin memulai jenis usaha kuliner ini. Tapi tentu saja dikarenakan persaingan yang semakin ketat dan juga berat, kreativitas diperlukan untuk menciptakan inovasi kuliner baru yang belum memiliki banyak pesaing. Ini tidak berarti Anda harus menciptakan resep yang njlimet atau berkeperimen di dapur. Cobalah lihat trend kuliner apa yang sedang in saat ini dan menyita perhatian banyak pihak. Buatlah inovasi baru dengan mengembangkan trend yang tengah menjadi minat banyak orang itu. Ini akan membuat Anda semakin mudah untuk bersaing dengan mereka yang lebih dahulu terjun ke bidang ini.

Namun jika Anda butuh inspirasi kuliner untuk mengembangkan jenis usaha sampingan ibu rumah tangga ini, Nicole Fallon, asisten direktur Business News Daily punya ide yang terbilang briliant dan bisa Anda kembangkan. Apa sajakah ide Nicole Fallon itu?

Baca juga: Karakteristik Bisnis Makanan Yang Harus Anda Perhatikan

Inspirasi Kreasi Kuliner Sebagai Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

  • Membuat selai dan makanan yang diawetkan. Produksi selai masih dikuasi oleh perusahaan-perusahaan besar yang kadang menjual produknya dengan harga selangit. Menurut Nicole, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuat homade selai dan makana lain yang diawetkan seperti kimchi atau manisan dan asinan buah. Untuk resepnya, banyak sekali dijumpai di internet dan tutorial pembuatanya pun bisa dilihat di YouTube.
  • Katering balita dan makanan pendamping ASI (MPASI). Katering biasa atau katering diet kini sudah mulai menjamur dan banyak yang menjalankanya. Namun katering makanan sehat untuk balita dan MPASI masih sedikit sekali yang meliriknya. Sebagai ibu rumah tangga, Anda tentu tahu bagaimana membuat MPASI dan makanan balita yang sehat dan juga enak. Ini karena banyak ibu rumah tangga yang mengaku sulit meeberikan makana sehat seperti sayuran dan buah untuk anak dan balita mereka. Tertarik mencoba?
  • Catering makanan untuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Mereka yang memiliki kebutuhan khusus biasanya punya pola makan yang berbeda pula. Salah satunya adalah makanan mereka musti terbebas dari gluten, pemanis dan MSG. Sayangnya di Indonesia, catering makanan untuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus ini masih jarang ditemui. Ini bisa jadi peluang bagus untuk Anda. Catering gluten free contohnya yang masih sedikit sekali yang mengembangkan. Namun agar tidak terjadi kesalahan dan resiko keehatan, cukupkanlah pengetahuan mengenai menu makanan spesial, untuk mereka yang berkebutuhan khusus ini.
  • Membuat makanan dan minuman berbahan organik. Jika Anda memiliki kebun sendiri di rumah yang dirawat dengan baik tanpa menggunakan pestisida, cobalah untuk membuat kreasi kuliner organik. Kini dengan semakin meningkatnya gaya hidup sehat, makan organik pun banyak pemburunya. Anda bisa membuat katering yang bahan-bahannya dan bumbunya itu masih alami atau organik. Jenis usaha sampingan ibu rumah tangga ini sepertinya masih jarang yang menekuni di Indonesia, sehingga peluangnya masih cukup besar.
  • Minuman herbal/kesehatan. Mungkin di Indonesia ini lebih identik dengan jamu aneka rempah. Meskipun zaman semakin modern, namun minuman kesehatan berbahan herbal alami masih memiliki banyak peminat. Anda bisa membuat jamu dengan bahan yang masih alami dan tanpa tambahan bahan kimiawi apapun. Aau jika tidak bisa membuat jamu, anek ajus organik yang sehat dari sayuran dan buah bisa jadi peluang jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang sangat menguntungkan.

Itu tadi Sahabat PoBis beberapa jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang dapat Anda kembangkan. Semoga dapat menginspirasi!

sumber gambar: gettyimages.com

About Eva Herlita

Menempuh pendidikan formal bidang akuntansi , tak salah jika menjadi penjaga rubrik Keuangan di Pojok Bisnis. Pernah menjadi guru, sekarang lebih menikmati menjadi ibu rumah tangga yang senang bisnis. Karena itu selain menulis hal-hal berkaitan dengan keuangan dan akuntansi, ia juga berbagi pengalaman di seputaran bisnis ibu rumah tangga dan aneka usaha rumahan. Jika ada pertanyaan jangan segan ketik di kolom Comment. Jangan lupa share artikel melalui tombol sosial media yang tersedia. Siapa tahu ada diantara teman, saudara, atau kolega Anda yang sedang mencari artikel ini.

Check Also

Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Bisnis modal 500 ribu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda jalani, salah satunya adalah dengan …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Inspirasi Kreasi Kuliner Sebagai Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Inspirasi Kreasi Kuliner Sebagai Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga