Home » Ide Bisnis » Ide-ide Bisnis Kreatif Mahasiswa

Ide-ide Bisnis Kreatif Mahasiswa

Ide-ide Bisnis Kreatif MahasiswaBeberapa ide bisnis kreatif mahasiswa berikut ini dapat menambah uang saku di perantauan. Mencari ilmu di perantauan terkadang merupakan tantangan tersendiri. Tidak mengherankan di jaman sekarang ini banyak mahasiswa yang ingin mencari tambahan uang jajan, terlebih bagi Anda mahasiswa rantau yang membutuhkan biaya hidup secara lebih. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk memulai sebuah bisnis. Biasanya mereka akan berbisnis bersama dengan teman-temannya, dengan sistem kebersamaan yang akan dibentuk.

Pada dasarnya bagi mahasiswa yang menjalankan bisnis tidak hanya mendapatkan uang semata, melainkan bisa mempersiapkan diri untuk menjadi seorang entrepreneur. Cukup bermodal ide ataupun gagasan yang kreatif serta penuh inovatif merupakan kuncinya. Untuk mahasiswa yang belum menemukan idenya, bisa membaca di bagian ini  mengenai  ide-ide bisnis kreatif bagi para mahasiwa.

5 Ide Bisnis Kreatif Mahasiswa

  1. Menjual Barang Bekas

Ide bisnis kreatif mahasiswa yang pertama adalah menjual barang bekas atau second, memang masih langka yang melakukannya. Anda harus menjalankannya dengan disiplin dan terprogram. Sebagai contoh, Anda bisa membeli barang terlebih dahulu di tempat tertentu yang sekiranya murah, lantas menjualnya dengan harga tinggi. Misalnya Anda menjual barang bekas hp atau kamera.

  1. Menjual Barang Unik

Menjual barang-barang unik tentunya harus memiliki ide-ide yang kreatif. Misalnya Anda bisa membuat berbagai macam kaos atau aksesoris dengan model yang unik. Tidak perlu mengikuti perkembangan jaman, akan tetapi lebih ke inovasi yang menambah nilai jual.

  1. Menjalankan Usaha Bersama

Dengan menjalankan usaha bersama tentunya akan lebih mudah dalam pembagian tugas yang akan dikerjakan. Semisal Anda mahir dalam mendesain sebuah baju, lantas teman Anda yang memasarkan produknya. Nah, dengan kelebihan masing-masing akan dapat memperkuat bisnis yang sedang dijalankan.

  1. Melakukan Direct Selling/Multi Level Marketing

Ide bisnis kreatif mahasiswa yang satu ini cukup populer di kalangan mahasiswa. Modalnya yang cukup relatif, lantas sistem pemasaran dan pelatihan yang dijalankan terbilang cukup baik. Memang tak sedikit orang yang mengatakan bisnis ini tidaklah menguntungkan lantaran uangnya habis untuk MLM, padahal biasanya Anda ditawarkan untuk menjadi stockiest ataupun authorized distributor. Namun, berhati-hatilah dengan kedok MLM yang tidak baik.

  1. Menjadi Agen

Dengan menjadi agen suatu produk atau jasa cukup dibilang menarik. Misalnya Anda bisa menjadi agen jasa, seperti agen iklan, agen isi ulang air, agen isi ulang pulsa, agen foto model dan lain sebagainya. Sementara Anda bisa mendirikan kantor khusus agen.

Nah, itu tadi beberapa ide bisnis kreatif mahasiswa yang bisa Anda jalani. Semua itu kembali kepada Anda atau hasil kreativitas yang dimiliki untuk memulai bisnis yang  akan dijalankan. Jangan sampai hanya gegara ingin berbisnis, kuliah Anda menjadi terlantar. Usahakan mengatur waktu dengan sebaik mungkin.

sumber gambar: digitalisasibisnis.blogspot.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Bisnis modal 500 ribu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda jalani, salah satunya adalah dengan …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Ide-ide Bisnis Kreatif Mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Ide-ide Bisnis Kreatif Mahasiswa