Home » Ide Bisnis » Ide Bisnis Unik Dengan Jasa Pembuatan Scrapbook

Ide Bisnis Unik Dengan Jasa Pembuatan Scrapbook

ide bisnis unik usaha scrapbookIde bisnis unik berikut ini bisa jadi inspirasi bagi Sahabat PoBis yang masih bingung mau usaha apa. Salah satu modal yang menguntungkan bagi pebisnis adalah ketika mereka memiliki aset yang memiliki nilai besar. Dan salah satu bentuk aset yang selalu bisa Anda jadikan awal bisnis berpotensi besar adalah kreativitas. Sebagaimana kisah sukses dari sebuah ide bisnis unik satu ini. Cukup dengan kreativitas, bisnis pembuatan scrapbook sukses dirilisnya hampir tanpa modal. Namun kini sukses dengan omset sampai puluhan juta. Tulisan lain yang terkait dalam Anda baca berjudul Peluang Usaha Bisnis Kreatif Merubah Ide Menjadi Uang.

Sang pemilik Bayu Indrawan memang sejak kecil menyukai dunia kreatif.  Bahkan sebelumnya pria muda ini sudah menggeluti karier sebagai salah satu kreatif desain dalam sebuah perusahaan rumah produksi iklan selama 3 tahun. Hingga akhirnya menggarap ide bisnis kreatif miliknya sendiri.

Kejenuhan  membuat pria ini memutuskan keluar dan berniat untuk menjajal peruntungan di dunia bisnis. Apalagi pada satu kesempatan, Bayu yang memang sudah gemar membuat scrapbook di waktu senggangnya dengan mengkreasikan hasil cetak foto sang kakak, Indri Rusmayanti yang penggemar fotografi dengan beragam aksesoris seperti guntingan gambar dari majalah, kertas hias, tissue, daun kering dan lain sebagainya.

Hasil karya yang menyerupai kolase ini ditata sedemikian rupa yang menarik dan terkesan artistik. Sang kakak yang suka dengan hasil karya sang adik iseng mengupload foto tersebut ke instagram. Tak disangka dari sini justru sang kakak mendatangkan pesanan pertama bagi Bayu. Sampai akhirnya setiap waktu, selalu saja datang pesanan scrapbook dari berbagai kalangan pada Bayu.

Perlahan dan pasti usaha Bayu mulai menampakkan hasil dan membulatkan tekad pria ini untuk keluar dari pekerjaan lamanya dan sepenuhnya total pada ide bisnis unik yang kemudian diberinya nama Paperlope.

Awalnya usaha ini hanya sebatas pemasaran antar kolega, namun sang kakak yang menyadari kapasitas sang adik mulai meluaskan pemasaran dengan membuka sebuah akun instagram. Dan dari sinilah pasar Paperlope meluas dalam jangka yang relatif pendek.

Terbukti kini dalam tempo usaha hanya dua tahun saja, Paperlope bisa menghasilkan omset hingga 38 jutaan bahkan Bayu juga optimis bisa mencetak hasil omset 50 juta per bulan dalam beberapa bulan ke depan.

Konsumen dari ide bisnis unik Bayu juga cukup beragam, tak lagi hanya sekedar konsumen personal. Pria ini sudah melayani pesanan dari berbagai restoran untuk membuat buku menu. Juga beberapa kali mendapatkan pesanan untuk membuat katalog produk, undangan, souvenir dan masih banyak produk lagi yang datang dari berbagai institusi, perusahaan dan personal tentu saja.

Masih menurut Bayu, usaha scrapbook yang dirintisnya ini sama sekali tidak memakan biaya. Kalaupun ada biaya yang keluar relatif sangat kecil. Pasalnya modal awalnya hanya berbagai aksesoris yang bisa dia ambil dari berbagai barang bekas dan materi murah lain. Dengan penerapan pembayaran pesanan ½ dari harga dan menutup sisa pembayaran saat serah terima hasil kreasi, maka bisa dibilang modal awalnya malah sudah sepenuhnya ditanggung konsumen.

Menurut Bayu, modal untuk membuat sebuah srapbook bisa dibilang sangat murah. Biasanya untuk satu scrapbook dengan 5 halaman buku, Bayu mengenakan biaya antara 30 ribu sampai di atas 500 ribu, tergantung kerumitan dan ukuran. Dari angka ini hanya antara 15 % sampai 30 % saja yang dia alokasikan untuk bahan baku. Yang artinya pria muda ini bahkan bisa mengantungi hasil sampai 85 % dari omset penjualannya.

Pria ini mengaku ide bisnis uniknya ini bukan tanpa rintangan. Rintangan terbesar yang dihadapinya adalah tuntutan konsumen untuk desain yang rumit, berkonsep dan mengandung pesan yang tersimpan dibalik desain. Semua ini memerlukan kreatifitas yang tinggi. Masalahnya kadang kreatifitas membutuhkan mood yang baik, sehingga kadang dia masih berhadapan dengan  pengerjaan yang tidak tepat waktu.

Bayu juga mengaku, kesulitan lain adalah untuk memastikan scrapbook buatannya tetap bisa bertahan untuk jangka panjang. Bahan baku yang digunakan, perakitan scrapbook dan pemilihan materi perekat harus cukup cermat Bayu lakukan untuk memastikan kualitas produknya akan sesuai dengan harga yang dibandrolnya.

Ide bisnis unik yang cukup menarik untuk Anda jajal kan? Apalagi Bayu mengaku bisnis yang digelutinya ini masih memiliki potensi besar yang belum sepenuhnya tergarap. Apalagi permintaan di pasar yang demikian besar tidak diimbangi oleh penawaran yang banyak, karena persaingan dalam bisnis ini masih sangat kecil.

 

sumber gambar ide bisnis unik: paperlope.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Produksi Bumbu Pecel Rumahan

Ide Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Produksi Bumbu Pecel Rumahan

Bingung mencari ide usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga? Ternyata dari sekedar bumbu pecel …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Ide Bisnis Unik Dengan Jasa Pembuatan Scrapbook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Ide Bisnis Unik Dengan Jasa Pembuatan Scrapbook