Home » Ide Bisnis » Ide Bisnis Makanan Yang Menjanjikan Dengan Konsep Ready To Cook

Ide Bisnis Makanan Yang Menjanjikan Dengan Konsep Ready To Cook

Ide Bisnis Makanan Yang Menjanjikan Dengan Konsep Ready To CookKonsep usaha kuliner ready to cook merupakan bisnis makanan yang menjanjikan dengan omset puluhan juta rupiah tiap bulan. Dunia bisnis makanan saat sedang booming dengan suatu konsep bisnis yang disebut ready to cook. Bisnis makanan yang menawarkan aneka menu masakan segar atau setengah matang siap masak ini semakin diminati.

Tingkat kesibukan masyarakat perkotaan semakin tinggi, membuat ritme hidup semakin tinggi, semua hal harus dilakukan dengan serba cepat, termasuk soal makanan. Dengan konsep ready to cook, selain tidak perlu belanja ke pasar, juga membuat semua orang bisa memasak. Karena dalam paket masakan ready to cook sudah dilengkapi bumbu dibutuhkan dan cara memasaknya. Sangat praktis dengan menu makanan yang lebih variatif membuat bisnis makanan ready to cook semakin banyak diminati.

Ide bisnis makanan yang menjanjikan dengan konsep ready to cook merupakan sebuah konsep usaha kuliner yang terbilang baru. Namun demikian masyarakat dapat dengan cepat menerimanya. Karena sebelumnya masyarakat sudah terbiasa dengan makanan cepat saji.

Konsep bisnis makanan ready to cook ini sebenarnya mengadopsi dari konsep frozen food sebagai makanan instan yang mudah diolah oleh konsumen. Hanya saja dalam konsep makanan ready to cook, menu yang ditawarkan lebih beragam.

Konsep ready to cook merupakan bisnis makanan yang menjanjikan, bukan hanya untuk dijalankan di kota besar. Di kota-kota kecil juga mulai bermunculan bisnis makanan dengan konsep ready to cook.

Inovasi Menu Dalam Bisnis Makanan Ready To Cook

Usaha kuliner ready to cook menawarkan menu yang bervariasi dan umumnya merupakan menu rumahan sehari-hari. Tak hanya masakan nasional, banyak pelaku usaha ready to cook yang menawarkan aneka menu masakan tradisional maupun mancanegara. Sebut saja Black Garlic, brand yang dirintis sejak 2014 ini tak hanya menawarkan menu dalam negeri, namun juga aneka menu Asia dan Eropa.

Sebelum meluncurkan menu baru, pelaku usaha kuliner ready to cook selalu melakukan uji coba resep terlebih dahulu. Selain itu, agar pelanggan tidak cepat merasa bosan, pelaku usaha ready to cook harus bisa menghadirkan menu baru atau menu yang berbeda setiap periode waktu tertentu. Bisa tiap dua minggu sekali atau tiap bulan mengeluarkan menu baru.

Termasuk perintis dalam bisnis makanan ready to cook, iCook, yang merupakan kependekan dari instan cooking, menawarkan 70 varian menu yang dibagi menjadi 4 kategori sesuai kebutuhan pelanggan. 4 kategori tersebut meliputi:

  • iCook, yakni bahan masakan segar yang siap dimasak menggunakan kompor,
  • Microbox, yakni makanan yang siap sekejap, tinggal dimasukkan ke dalam microwave,
  • Kilokal, bahan masakan bagi mereka yang sedang melakukan program diet,
  • Quickmeal, sejenis makanan beku frozen food yang siap dimasak kapan saja.

Lain lagi dengan Black Garlic yang selalu menghadirkan menu yang berbeda setiap minggu. Misalkan, dalam bulan ini menghadirkan aneka menu Nusantara yang berbeda setiap minggunya, maka bulan depan akan menghadirkan menu Eropa.

Suksesnya pelaku bisnis makanan yang menjanjikan dengan konsep ready to cook dalam melakukan penetrasi pasar, tak lepas dari kebutuhan masyarakat akan makanan instan yang siap dalam sekejap. Selain itu, inovasi produk dengan secara rutin mengeluarkan varian menu baru juga turut menentukan kesuksesan tersebut. Karena persaingan dalam bisnis kuliner ready to cook ini akan semakin ketat di masa yang akan datang, maka inovasi harus selalu dilakukan untuk dapat bertahan dan menang dalam persaingan.

Selain dari segi kepraktisan, makanan ready to cook memiliki kelebihan lain dibanding produk makanan instan lain, yaitu dari segi kesehatan. Karena produk yang ditawarkan merupakan bahan segar yang semua bumbu dan proses memasaknya dilakukan sendiri oleh konsumen. Dengan memasak sendiri, maka masakan akan lebih terjamin, seperti dengan menggunakan minyak baru, bahan bermutu, dan rasa yang terjamin. Di samping itu jika dibandingkan dengan makanan jadi di restoran, harganya pasti labih murah.

Makanan ready to cook tidak menggunakan bahan pengawet. Bahkan juga tidak menggunakan MSG, kalau toh ada yang menyediakan MSG akan disediakan secara terpisah. Sehingga keputusan ada di tangan konsumen untuk menggunakan MSG atau tidak. Untuk produk iCook kategori Kilokal dan Quickmeal sengaja tidak menggunakan MSG.

Strategi Pemasaran Bisnis Makanan Yang Menjanjikan Ready To Cook

Dengan harga jual yang terjangkau, pelaku bisnis makanan ready to cook mampu meraup omset puluhan juta rupiah setiap bulannya. Black Garlic yang baru setahun berdiri mampu mengantongi omset Rp 75 juta per bulan. Berry Kitchen berhasil mendapatkan pesanan rata-rata 30 paket per hari dengan harga paket antara Rp 40 ribu hingga Rp 90 ribu.

Bagaimana strategi pemasaran dalam bisnis makanan yang menjanjikan dengan konsep ready to cook ini? Sebagian besar menggunakan strategi marketing online dengan memanfaatkan website dan media sosial. Terkadang juga dilakukan promosi di media cetak, menyebarkan brosur, dan mengadakan demo memasak. Dengan demikian konsep ready to cook ini bisa menjadi salah satu bisnis makanan online yang bisa Anda rintis.

Namun strategi pemasaran utama adalah dengan memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen, sehingga kepuasan konsumen menjadi nomor satu. Karena konsumen yang puas tersebut dapat dipastikan akan mereferensikan produk ready to cook pada kolega dan teman dekat. Pemasaran dari mulut ke mulut merupakan strategi pemasaran yang paling berhasil untuk banyak macam bisnis, terutama bisnis makanan, tidak terkecuali bisnis makanan ready to cook.

Meskipun konsep ready to cook merupakan bisnis makanan yang menjanjikan namun yang namanya bisnis selalu ada kendala yang harus dihadapi. Kendala umum yang dihadapi dalam usaha kuliner ready to cook adalah seputar bahan baku. Pelaku usaha harus pintar-pintar dalam mengatur bahan baku yang digunakan agar terjaga kesegarannya.

Nah, demikian tadi Sahabat PoBis sekilas gambaran mengenai ide bisnis makanan yang menjanjikan dengan konsep ready to cook. Semoga dapat menginspirasi Anda.

sumber gambar: dailymail.co.uk

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Bisnis modal 500 ribu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda jalani, salah satunya adalah dengan …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Ide Bisnis Makanan Yang Menjanjikan Dengan Konsep Ready To Cook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Ide Bisnis Makanan Yang Menjanjikan Dengan Konsep Ready To Cook