Home » Ide Bisnis » Cara Membuka Usaha Sendiri Toko Kelontong

Cara Membuka Usaha Sendiri Toko Kelontong

Cara Membuka Usaha Sendiri Dalam Bidang Toko KelontongKadang terbersit ide dibenak Anda untuk memulai sebuah ide bisnis. Tapi kebanyakan Anda selalu berkutat dalam persoalan bagaimana cara merealisasikan ide bisnis Anda. Bagaimana seharusnya cara membuka usaha sendiri. Dan untuk menjawab kebingungan  Anda, tidak ada salahnya kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara membuka usaha toko kelontong.

Jangan salah, usaha toko kelontong biarpun terkesan sederhana dan ala-ala bisnis rakyat, justru bisnis ini bisa memberi Anda hasil yang menjanjikan. Mungkin  Anda pernah liat sinetron yang super panjang di salah satu stasiun TV Nasional tentang **** naik haji? Salah satu tokohnya bisa mencapai sukses besar hanya dengan membuka sebuah toko kelontong, sampai bisa naik haji dua kali malah.

Tidak sedang membahas sinetron, tetapi gambaran tokoh itu sebenarnya masih bisa Anda temukan di dunia nyata. Bagaimana bisnis ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk yang tertarik membuka usaha sendiri. Hanya saja tentu Anda harus tau bagaimana cara membuka usaha sendiri dalam bentuk toko kelontong ini.

Karena bila kita sudah membahas potensi, tidak dipungkiri usaha kelontong memiliki potensi yang cukup besar. Toko kelontong merupakan usaha dagang yang menjual beragam kebutuhan umum sehari-hari masyarakat.

Tidak sedikit konsumen yang menjadikan toko kelontong sebagai tempat mereka berbelanja kebutuhan mereka sehari-hari. Sedang beberapa yang lain menjadikan toko kelontong sebagai pelarian darurat ketia kehabisan sabun atau butuh mie instant.  Juga bisa tujuan mereka yang mendadak butuh penganan penyuguh tamu dan atau sekedar jajanan si kecil.

6 Cara Membuka Usaha Sendiri Di Bidang Toko Kelontong

Bagaimana seharusnya cara membuka usaha sendiri dalam bidang kelontong? Beberapa panduan ini bisa menjadi rujukan bagi Anda.

  1. Pemilihan lokasi
    Lokasi yang strategi adalah titik penting dalam memulai sebuah usaha kelontong. Selalu pastikan Anda menentukan lokasi yang cukup strategis, mudah dijangkau oleh konsumen dan mudah pula diakses oleh distributor. Beberapa lokasi dekat pemukiman penduduk, area kost-kostan, kawasan pasar atau dekat dengan area penjaja kuliner bisa menjadi pilihan jitu. Cara memilih lokasi ini menjadi kunci pertama kesuksesan usaha toko kelontong.
  2. Tata pelayanan
    Cara penataan yang simpel dan rapi serta mudah untuk diakses menjadi perhatian Anda berikutnya. Beberapa pemilik usaha kelontong membuat usahanya lebih mirip minimarket dengan konsep swalayan. Biasanya dengan menata rak-rak berlajur yang mudah untuk diakses oleh konsumen. Namun beberapa yang lain lebih suka bila konsumen sepenuhnya bergantung untuk diambilkan oleh penjaga toko. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, terutama pada masalah jumlah tenaga kerja yang Anda butuhkan.
  3. Tenaga Kerja
    Masalah satu ini juga perlu menjadi perhatian Anda dalam membuka usaha toko kelontong. Sebanyak apa sekiranya Anda mebutuhkan tenaga kerja tambahan. Atau malah Anda yakin masih bisa mengoperasikan semua cukup dengan tenaga sendiri.
  4. Isi dagangan
    Konsumen Anda berharap bisa menemukan “apa saja” di toko kelontong. Semakin lengkap toko kelontong Anda semakin banyak yang berbelanja di toko Anda. Anda bisa menyediakan aneka sembako, aneka minuman kemasan dan sachet, jajanan sampai berbagai kebutuhan tambahan seperti sandal, mainan dan sebagainya. Tetapi tetap perhatikan jumlah stock, batasi stock untuk produk yang sedikit dicari, karena Anda juga perlu perhatikan masalah kadaluarsa dan kondisi barang dalam penyimpanan. Pastikan Anda juga menyediakan gudang yang memadai dan bersih, karena kadang kasus kerusakan persediaan oleh tikus, rayap atau malah keracunan karena makanan yang terkontaminasi dalam penyimpanan.
  5. Jam operasional
    Jam kerja atau jam operasional jelas menempati posisi penting dalam proses penentuan bisnis di awal. Beberapa toko kelontong memilih buka setengah hari karena beroperasi di dalam area pasar yang beroperasi setengah hari saja. Tetapi beberapa toko kelontong justru membuka usaha full time dari jam 8 pagi hingga lewat malam. Dari sisi jam kerja yang panjang, perhatikan juga masalah pembayaran tenaga kerja dan biaya operasional seperti listrik. Tetapi dengan jam yang panjang akan meningkatkan peluang Anda mejaring lebih banyak konsumen. Hindari juga membuka dengan jam yang tidak tentu karena ini akan membuat konsumen kapok datang ke toko anda.
  6. Perlukah layanan tambahan
    Perhatikan permodalan Anda dan target BEP Anda. Bila Anda merasa penjualan kurang bisa mengejar target , tidak ada salahnya menambah beberapa layanan tambahan untuk meningkatkan pendapatan usaha kelontong Anda. Salah satu cara adalah dengan menambah fasilitas layanan delivery service. Atau menggunakan sistem membership dengan keuntungan tertentu bagi member toko kelontong Anda.

Itu tadi 6 buah cara membuka usaha sendiri dalam bidang usaha kelontong. Sangat penting untuk memulai usaha toko kelontong dengan perencanaan dan persiapan yang baik dan matang agar usaha tokot kelontong Anda mencapai hasil yang maksimal.

sumber gambar: seputarukm.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Bisnis modal 500 ribu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda jalani, salah satunya adalah dengan …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Cara Membuka Usaha Sendiri Toko Kelontong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Cara Membuka Usaha Sendiri Toko Kelontong