Home » Ide Bisnis » Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem DropshipBisnis modal 500 ribu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda jalani, salah satunya adalah dengan menggunakan sistem dropship. Bisnis dropship memang sudah beberapa kali masuk dalam ulasan kami mengenai peluang bisnis bermodal kecil atau malah bebas modal. Salah satunya dapat Anda baca artikel berjudul Cara Memulai Bisnis Online Baju Tanpa Moda Dengan Metode Dropship.

Bahkan ketika Anda hanya memiliki modal 500 ribu, maka Anda dengan mudah bisa menemukan ide dropship sebagai bisnis dengan modal tak lebih dari 500 ribu rupiah saja.

Yang kemudian kerap menjadi pertanyaan Anda adalah dimana bisa menemukan penawaran dropship yang tepat dan bagaimana memilihnya. Faktanya penawaran macam ini sebenarnya sudah merebak di dunia maya dengan demikian pesatnya. Penawaran yang tersedia demikian banyaknya, dan kadang sulit membedakan mana yang layak Anda pilih. Meskipun hanya bisnis modal 500 ribu, Anda tetap harus memperhatikan keamanan bagi kelangsungan bisnis Anda.

Untuk Anda yang penasaran dimana bisa menemukan penawaran dropship, Anda bisa cari di berbagai penawaran reseller atau dropship pada berbagai forum dunia maya. Mulai dari sekedar forum komunitas macam kaskus sampai forum jual beli macam tokopedia, olx dan lain sebagainya. Dengan mengobok-obok berbagai macam sumber tersebut, Anda dapat dengan mudah memulai bisnis modal 500 ribu.

Kalau saya pribadi biasa menyarankan Tokopedia, karena disana banyak supplier yang menjual dengan harga yang kompetitif. Dengan keamanan transaksi menggunakan rekening bersama Tokopedia, dimana uang Anda akan disimpan di rekening Tokopedia hingga barang pesanan sampai tujuan, baru kemudian uang pembayaran diteruskan ke seller. Dengan sistem ini, Anda sebagai pembeli tentu akan merasa lebih tenang, bebas resiko penipuan.

Bahkan kini juga tersedia banyak penawaran dropship yang disertai dengan katalog offline yang membuatnya jadi menyerupai sistem direct selling, tanpa sistem penawaran keuntungan berjenjang macam MLM tentu saja.

Kalau bisa diakui malah sebenarnya sistem perdagangan dalam cara bisnis MLM merupakan adaptasi dari sistem dropship. Hanya saja pendapatan agen tak sepenuhnya datang dari sekedar keuntungan berjualan, tetapi juga dalam merekruit lebih banyak agen pemasar.

Kalau Anda kebetulan berlokasi atau memiliki jaringan produsen produk tertentu macam busana, mukena atau makanan, Anda juga bisa menjajal ide bisnis ini dengan mengkomunikasikan langsung prinsip dropship ini pada mereka. Bagi banyak produsen, sistem agen penjualan dengan prinsip dropship ini juga akan memberi keuntungan dalam meningkatkan penjualan mereka. Jadi tak ada alasan sebenarnya untuk menolak ide ini sebagai bisnis modal 500 ribu.

Tetapi tentu saja Anda harus cukup selektif dalam memilih supplier. Tak sedikit kerjasama yang tidak berjalan lancar karena Anda kurang tepat memilih supplier. Lalu bagaimana memilih supplier untuk usaha dropship Anda? Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

  • Perhatikan produktivitas mereka
    Setiap penjual jelas berharap usaha penjualan mereka laku keras. Dan karenanya penting untuk memastikan supplier Anda memang memiliki kemampuan produksi atau distribusi yang tinggi untuk menyediakan produk. Jangan sampai Anda terpaksa menolak pesanan yang masuk dari konsumen hanya karena supplier Anda tidak sanggup menyediakannya. Ini akan merusak kredibilitas bisnis modal 500 ribu yang Anda rintis.
    Selain itu penting untuk memastikan supplier Anda bisa menjaga aliran produk berjalan lancar. Sehingga Anda bisa mendapatkan update produk baru dengan teratur. Konsumen akan selalu mencari produk baru untuk mereka beli, dan ini hal penting lain yang harus Anda penuhi dalam usaha Anda.
  • Perhatikan kualitas dengan harga
    Masalah jenis produk memang menjadi perhatian. Anda jelas harus memilih produsen dengan produk yang sekiranya diminati di pasar. Tetapi tidak hanya itu, perhatikan pula masalah kualitas dari produk yang mereka distribusikan pada Anda.
    Konsumen Anda hanya tahu produk datang dari Anda, jadi ketika muncul komplain Anda lah yang akan menanggungnya. Jadi selalu pastikan produk yang mereka tawarkan sesuai antara kualitas dan harga. Jangan sampai produk terkesan murahan untuk harga yang sudah mereka tentukan.
  • Perhatikan harga dasar
    Harga dasar dari pihak produsen akan menjadi dasar Anda dalam memasang harga jual. Asumsikan saja di sini Anda akan memasang modal deposit sebesar 500 ribu sebagai jaminan potongan harga. Ini biasa diterapkan pada beberapa model usaha dropship.
    Tetapi perhatikan dengan baik harga yang dikenakan. Beberapa usaha dropship sudah menaikan dulu harga jual awal sebelum dipotongkan sesuai ketentuan. Ini membuat Anda terpaksa memasang harga lebih tinggi ketika dalam katalog. Jelas menjual dengan lebih mahal akan mempersulit usaha berjualan Anda kan?
  • Perhatikan sistem termin
    Masalah pembayaran kembali juga harus menjadi perhatian Anda. Dengan deposit bisnis modal 500 ribu, Anda hanya membutuhkan waktu sekejab saja untuk menghabiskannya dengan pesanan yang masuk. Lalu bagaimana bila pesanan kembali masuk ketika deposit belum sempat Anda suntikan. Pahami poin ini dengan baik supaya memudahkan Anda dalam penjualan dan memberikan pelayanan bagi konsumen.

Jadi Anda bisa melihat bisnis modal 500 ribu sama sekali tidak mustahi, apalagi bila Anda alokasikan sebagai bisnis dropship. Hanya Anda memang tidak bisa sembarangan menentukan supplier untuk usaha kecil Anda ini. Termasuk dengan menggunakan beberapa ketentuan di atas dalam memilih pilihan supplier.

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Produksi Bumbu Pecel Rumahan

Ide Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Produksi Bumbu Pecel Rumahan

Bingung mencari ide usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga? Ternyata dari sekedar bumbu pecel …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship