Home » Ide Bisnis » Potensi Florist Sebagai Bisnis Investasi Modal Kecil Menjanjikan

Potensi Florist Sebagai Bisnis Investasi Modal Kecil Menjanjikan

Bisnis Investasi Modal Kecil Dengan Bisnis FloristBisnis investasi modal kecil dapat Anda wujudkan dengan bisnis florist. Bagi Anda yang memiliki kecintaan khusus dengan dunia flora, bisnis florist bisa menjadi salah satu pilihan bisnis menarik yang bisa Anda jajal. Bisnis serupa bagi pecinta tanaman yang pernah saya ulas di Pojok Bisnis adalah peluang usaha tanaman hias, saya percaya Anda pasti tidak ingin melewatkan untuk membaca artikel tersebut.

Ada banyak kelebihan yang membuat usaha florist layak dikategorikan sebagai bisnis investasi modal kecil yang menjanjikan untung memuaskan.

Sejak dulu sudah menjadi kebiasaan memanfaatkan bunga sebagai media ungkapan bagi masyarakat. Bunga biasa menjadi perwakilan ucapan menggantikan kehadiran seperti ucapan selamat sampai ucapan duka. Bunga juga menjadi salah satu bentuk bingkisan populer yang masih banyak dilakukan di kalangan masyarakat modern. Dan bunga sendiri selalu menjadi elemen dekorasi favorit di berbagai kalangan dan kesempatan.

Anda bisa melihat sendiri, demikian besar pasar yang terbuka untuk jasa penataan karangan bunga atau florist. Padahal bisnis ini tergolong dalam bisnis yang sangat mengandalkan kreatifitas dan kehandalan dalam seni kreasi tata bunga. Satu hal yang selalu menarik dari bisnis yang berawal dari kekuatan kreatifitas, nilai jualnya bisa berkali lipat dari modal Anda. Pasalnya nilai ekonomi dari kreatifitas memang bisa cukup mencengangkan.

Dan itu sebabnya bisnis ini juga bisa Anda mulai dalam bentuk bisnis investasi modal kecil. Pasalnya, Anda bisa memulai bisnis ini dengan membuka gerai kecil sembari memajang beberapa sampel hasil karangan bunga dan sisanya Anda tawarkan dalam bentuk foto.

Atau untuk modal yang lebih terbatas, Anda juga bisa dengan hanya mengandalkan sebuah akun instagram di awal. Pajang beberapa contoh hasil karya karangan bunga buatan Anda di akun instagram Anda, tambahkan pula setiap foto update dari karangan bunga yang dipesan dari Anda.  Pastikan Anda memiliki sarana untuk mengambil foto yang cukup berkualitas, karena bagaimanapun kualitas foto akan bicara banyak dalam menarik minat konsumen. Bagaimana cara jualan di Instagram dapat Anda simak di 7 Tips Jitu Cara Jualan Di Instagram.

Akan lebih baik kalau Anda juga membuka sebuah website untuk memudahkan koneksi Anda dengan konsumen. Dan pada akhirnya upayakan untuk tetap memiliki showroom untuk memajang karya nyata Anda sebagai bisnis investasi modal kecil.

Untuk membuat sampel karangan bunga Anda bisa membeli beberapa bunga-bunga dari pasar bunga terdekat di kota Anda dalam harga ecer. Dan lakukan produksi hanya sesuai pesanan sehingga Anda tidak menyimpan hasil karangan bunga atau stok bunga segar, karena sebenarnya bunga termasuk produk yang rentan busuk dan akan memungkinkan Anda terpaksa menanggung kerugian.

Selain promosi gaya modern via instagram, bisnis investasi modal kecil dengan usaha florist tetap membutuhkan jalinan jaringan untuk menjaga kontinuitas penjualan produk. Temukan pasar potensial untuk produk florist dan jalin kerjasama  atau bahkan kontrak dengan mereka sebagai rekanan. Misalkan dengan menjalin kerjasama bersama bisnis wedding organizer, event organizer, event decorator sampai beberapa usaha perhotelan atau restoran.

Biasanya demi upaya ini, Anda akan perlu menyusun portofolio cetak untuk hasil karya Anda untuk menyertai proposal kerjasama untuk membantu memastikan upaya Anda menjalin ikatan kerjasama ini berjalan dengan baik.

Di sinilah pula alasan kenapa Anda perlu tetap memiliki showroom. Karena biasanya usaha florist akan menjadi usaha dengan pasar berskala lokal. Cara terbaik untuk menarik pasar lokal adalah keberadaan toko real yang dengan mudah mempertemukan Anda dengan konsumen Anda dan membantu konsumen melihat langsung produk Anda. Toko real akan menguatkan eksistensi bisnis investasi modal kecil Anda di dalam persaingan pasar lokal.

Dalam menjalankan operasi usaha Anda ini, sebaiknya Anda melibatkan beberapa freelancer. Pekerja lepas ini akan membantu Anda memaksimalkan layanan dan produksi di saat sibuk tanpa mengikat Anda dengan mereka di saat Anda tidak memiliki banyak pesanan. Para freelancer ini bisa membantu dalam proses pengambilan stok bunga, penghantaran bunga ke konsumen dan membantu menyiapkan bahan baku sebelum perangkaian.

Bila bicara soal bisnis, jelas Anda akan dihadapkan dengan beberapa hambatan dalam usaha. Termasuk pula dengan bisnis investasi modal kecil macam usaha florist ini. Biasanya masalah terbesar yang kerap dihadapi pelaku usaha florist lebih pada urusan penyediaan bahan baku, mengingat tak setiap kota memiliki pasar bunga yang mudah dijangkau.

Apalagi bunga kadang akan mudah layu dan rusak bila disimpan terlalu lama.  Sehingga seorang pengusaha florist harus cukup pandai mengatur modal supaya tidak membuang dana berlebihan membeli bunga segar tanpa perhitungan yang tepat sampai akhirnya stok terbuang karena bunga membusuk. Mengingat Anda menjalankannya sebagai bisnis investasi modal kecil, masalah semacam ini bisa menjadi masalah krusial bagi bisnis Anda.

sumber gambar: telegraph.co.uk

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Bisnis modal 500 ribu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda jalani, salah satunya adalah dengan …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Potensi Florist Sebagai Bisnis Investasi Modal Kecil Menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Potensi Florist Sebagai Bisnis Investasi Modal Kecil Menjanjikan