Home » Ide Bisnis » Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal Sebagai Juru Masak Pribadi

Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal Sebagai Juru Masak Pribadi

Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal Sebagai Juru Masak PribadiBeberapa waktu lalu saya menemukan sebuah kisah sukses seorang personal chef dari kota Miami yang melayani berbagai konsumen besar dari kalangan petinggi dan artis. Konsep usahanya sebenarnya sederhana, yakni menyediakan masakan langsung dari dapur konsumennya. Biasanya sajian ditujukan untuk acara pesta sampai sekedar dinner pribadi.

Ini jelas sebuah bentuk bisnis yang tanpa modal, maka bila dijalankan oleh para ibu rumah tangga bisa menjelma jadi ide bisnis ibu rumah tangga tanpa modal. Dan hal ini terbukti dari kisah sukses seorang ibu rumah tangga asal Kebumen bernama Kusyantinah.

Siapa sangka selama ini di Indonesia konsep personal chef juga sudah banyak bermunculan, bahkan sudah menjadi tradisi yang dikenal di daerah-daerah. Biasanya malah konsep ini dianggap lebih familier bagi masyarakat daerah dan pedesaan dibandingkan konsep catering modern sebagaimana lazim Anda kenal di kota besar.

Ibu Kusyantinah adalah seorang personal chef ala desa yang kalau banyak orang malah biasa disebut dengan istilah juru masak. Kusyantinah memang bukan pakar kuliner dengan latar pendidikan kuliner yang tinggi. Modal utamanya hanya kemahiran dan ketertarikannya dengan dunia kuliner sehingga masakan buatannya selalu digemari masyarakat.

Pada awal tahun 98 ketika sang suami harus di PHK dari sebuah perusahaan besar di kota Semarang, Kusyantinah mulai berpikir adakah cara jitu mencari penghasilan untuk keluarga sementara kondisi keuangan keluarganya terpuruk. Kemudian dia pun menggali peluang bisnis ibu rumah tangga tanpa modal untuk menambal keuangan keluarga.

Awalnya hanya berbekal kemampuannya memasak, Bu Kus demikian wanita berusia 58 tahun ini biasa dipanggil akhirnya membuat beberapa masakan untuk dititipkan ke penjaja makanan yang biasa berjualan keliling. Menu buatannya hanya aneka sayur dan lauk seperti ayam atau ikan. Menu buatannya tiap hari berganti dan biasanya dikemas dalam plastik untuk 2 – 3 porsi.

Meski awalnya tak banyak meraih untung dari usaha kecil ini, rupanya ide ini membantunya merintis usaha lain yang jauh lebih menguntungkan. Semua berawal dari tradisi berbagai hajatan yang masih kuat di desanya tinggal.

Warga desanya masih berpegang teguh dengan beragam tradisi hajatan mulai dari syukuran, selametan, tasyakuran sampai perhelatan walimah untuk pernikahan dan sunatan. Bila di kota-kota besar acara perhelatan macam ini akan mengandalkan jasa catering professional dan modern sebagai penyedia hidangan, maka di desa tempat Bu Kus tinggal tradisi masak sendiri masih kental dijalankan.

Empu acara akan mengundang beberapa tetangganya dan mengandalkan satu atau dua juru masak utama untuk menyediakan ragam hidangan untuk perhelatan ini. Biasanya untuk juru masak, empu acara akan menyediakan bayaran khusus sesuai dengan lama waktu juru masak ini bekerja.

Inilah peluang yang berhasil dikembangkan oleh Bu Kus berkat upaya kecilnya berjualan makanan. Banyak orang mulai mengenal rasa masakan Bu Kus yang enak dan menanyakan bila Bu Kus bersedia menjadi juru masak untuk perhelatan mereka.

Tentu saja Bu Kus bersedia, tawaran macam ini jelas jauh lebih menguntungkan untuknya ketimbang harus membuat masakan sendiri dan menitipkannya ke penjaja keliling. Menjadi juru masak pribadi jelas sebuah ide bisnis ibu rumah tangga tanpa modal. Karena di sini dia hanya datang ke kediaman empu acara dengan tangan kosong, sementara seluruh peralatan, bahan masakan sampai bahan bakar dan lainnya sepenuhnya menjadi tanggungan empu acara.

Di awal bisnis ibu rumah tangga tanpa modal ini Bu Kus hanya bersedia menggarap permintaan untuk perhelatan kecil seperti syukuran atau selametan kecil. Di desanya acara semacam ini tergolong kerap dijalankan sehingga Bu Kus akui cukup kerap pesanan semacam ini datang kepadanya sejak awal dia memulai usaha.

Sejak awal dia menerima permintaan sebagai juru masak pertama kalinya, setelahnya dalam  satu bulan setidaknya 1 permintaan datang kepadanya. Kebanyakan permintaan datang dari tetangga sekitar rumahnya, meski lama-lama permintaan juga datang dari luar desa tempat tinggalnya.

Setelah berjalan 1 tahun dan mulai terbiasa memasak untuk kebutuhan massal, barulah Bu Kus bersedia menjalankan bisnis ini dengan lebih total. Bu Kus mulai bersedia menerima permintaan untuk perhelatan pernikahan dan sunatan yang jauh lebih ribet dan memakan waktu. Dalam satu tahun Bu Kus bisa mendapat permintaan sampai 25 kali dengan tariff antara 300 ribu sampao 1,5 juta tergantung waktu kerja dan kesulitan.

Bagaimana menurut Anda gambaran bisnis ibu rumah tangga tanpa modal satu ini? Soal hasil memang fluktuasi, tetapi jelas bisnis yang cukup menarik untuk ibu rumah tangga. Dan satu hal yang menarik di sini., rupanya bisnis model personal chef pun sudah lama dikenal di masyarakat Indonesia jauh sebelum kita menyadarinya.

sumber gambar: nutri-magnets.com

Baca Juga:

About Eva Herlita

Menempuh pendidikan formal bidang akuntansi , tak salah jika menjadi penjaga rubrik Keuangan di Pojok Bisnis. Pernah menjadi guru, sekarang lebih menikmati menjadi ibu rumah tangga yang senang bisnis. Karena itu selain menulis hal-hal berkaitan dengan keuangan dan akuntansi, ia juga berbagi pengalaman di seputaran bisnis ibu rumah tangga dan aneka usaha rumahan. Jika ada pertanyaan jangan segan ketik di kolom Comment. Jangan lupa share artikel melalui tombol sosial media yang tersedia. Siapa tahu ada diantara teman, saudara, atau kolega Anda yang sedang mencari artikel ini.

Check Also

Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Bisnis modal 500 ribu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda jalani, salah satunya adalah dengan …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal Sebagai Juru Masak Pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal Sebagai Juru Masak Pribadi