5 Ide Peluang Usaha Modal Kecil Yang Menjanjikan Di Tahun 2018

Ide Peluang Usaha Modal KecilSahabat PoBis, kali ini kita akan kupas tuntas 5 ide peluang usaha modal kecil. Kita semua maklum bahwa modal seringkali menjadi hambatan utama dalam memulai sebuah usaha. Padahal, jika kita mau sedikit memutar otak, modal bukanlah faktor utama dalam merintis sebuah usaha baru. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kendala keterbatasan modal tersebut, sehingga Anda dapat merubah ide peluang usaha menjadi sebuah usaha yang sukses.

Bila Anda memulai usaha dengan modal kecil, hal pertama yang harus dilakukan adalah menggali beberapa sumber dana yang bisa dijadikan sebagai modal usaha. Pada tahap pra-usaha ini kemungkinan besar Anda tidak bisa memanfaatkan perbankan sebagai sumber modal usaha. Pasalnya perbankan mensyaratkan usaha minimal sudah berumur minimal 2 tahun untuk bisa mendapatkan pembiayaan.

Maka, pada tahap awal ini Anda harus dapat menggali sumber dana diluar perbankan. Beberapa sumber modal usaha yang dapat Anda gali diantaranya: tabungan pribadi, menjual aset, pinjam teman atau saudara, manfaatkan pegadaian. Mengenai pinjaman modal usaha ini saya sudah pernah membahas dalam satu artikel menarik berjudul Strategi Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha Kecil. Jika Anda belum membacanya, silakan baca sekarang dengan mengikuti tautan tersebut, agar Anda dapat mengambil manfaat dan menerapkan beberapa strategi yang dipaparkan dalam tulisan tersebut untuk mendapatkan modal usaha.

Namun apabila setelah menggali beberapa sumber dana tersebut, tetap saja modal usaha yang terkumpul masih sedikit, maka Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

Tips Usaha Modal Kecil

  1. Pilihlah dan gali ide peluang usaha modal kecil. Jangan anggap remeh usaha modal kecil, tidak sedikit orang yang memulai usaha dengan modal kecil, skala kecil, namun kemudian tumbuh menjadi perusahaan besar.
  2. Memperkecil skala usaha. Anda sudah membuat rencana bisnis? Nah, coba perkecil skala usaha yang telah Anda rencanakan tersebut. Tidak usah gengsi! Yang penting usaha jalan dulu… Anggap saja latihan… Jika usaha sudah berjalan dua tahun, Anda mulai bisa mencari sumber dana yang lebih besar melalui perbankan maupun dana investor.
  3. Minimalisir biaya. Lakukan idenfikasi, bagian mana dari usaha Anda yang memakan biaya besar, urutkan dari yang terbesar. Lalu cari cara untuk meminimalisir pos biaya tersebut. Jika post belanja adalah bagian yang memakan biaya paling besar, maka carilah supplier yang bisa dibayar tempo, sehingga Anda dapat menimalisir biaya untuk belanja.
  4. Dapatkan cash flow dimuka. Salah satu caranya adalah dengan mencari konsumen yang mau membayar dimuka. Apa mereka mau? Mau saja… Asal Anda memberikan benefit yang sepadan bagi konsumen yang mau membayar dimuka. Contoh sistem yang membuat pelanggan mau membayar dimuka: sistem deposit, sistem membership, dan sistem Pre Order (PO).

Lebih jelasnya Anda dapat membaca 10 Cara Bisnis Sukses Untuk Pemula. Tulisan tersebut sangat berguna untuk Anda pada tahap pra-usaha. Sehingga dari awal Anda sudah mempersiapkan anak tangga untuk mencapai sukses usaha. Dan semua itu dapat Anda raih dengan memulainya dari ide peluang usaha modal kecil yang akan saya paparkan dalam artikel ini.

Itu tadi beberapa hal penting mengenai modal usaha yang harus diketahui bagi Anda yang memulai usaha modal kecil.

Nah, pada tulisan kali ini kita akan fokus menelusur lebih dalam opsi nomor satu, yaitu memilih dan menggali ide peluang usaha modal kecil.

Cara paling mudah memulai usaha modal kecil, adalah dengan menggali ide peluang usaha yang tidak membutuhkan banyak modal. Ada beberapa peluang usaha modal kecil yang dapat Anda lirik, dan dalam tulisan ini saya akan mengulas 5 ide peluang usaha. Anda dapat mengembangkan lebih jauh dari kelima ide tersebut, sehingga tidak tertutup kemungkinan menemukan peluang usaha modal kecil yang sesuai dengan minat-bakat dan keahlian Anda.

Dalam membangun suatu usaha, tiap individu yang hendak memulainya tidak bisa serta merta langsung membuka usahanya. Diperlukan perencanaan yang matang, dan action yang cepat dan tanggap terhadap berbagai situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan. Tidak cuma berpikir tanpa action, namun juga tidak action tanpa berpikir, keduanya harus dilakukan dengan seimbang sehingga usaha bisa berjalan dengan cepat dengan pemikiran yang matang.

Dalam  menentukan jenis dan bentuk usaha, Anda memerlukan ide peluang usaha modal kecil yang tidak hanya sesuai dengan modal yang Anda kantongi, namun juga harus sesuai dengan minat dan atau keahlian Anda. Percuma saja jika ide peluang usaha sudah sesuai dengan kantong, namun Anda menjalaninya tidak dengan sepenuh hati.

Membangun usaha tidak harus dengan sesuatu yang baru, namun membuka dan membangunnya bisa dengan memodifikasi jenis usaha yang sudah ada namun lebih menonjolkan karakteristik atau kekhasan yang berbeda. Tujuannya agar memiliki daya jual yang bersaing dengan produk yang sejenis. Kita sering mendengar istilah ATM, Amati, Tiru dan Modifikasi.

Dari kelima ide peluang usaha modal kecil yang saya paparkan dalam artikel ini Anda dapat mencari satu role model usaha yang hendak Anda tiru. Kemudian AMATI dengan cermat kelebihan dan kelemahan usaha tersebut. Kemudian TIRU dengan melakukan MODIFIKASI. Bagaimana cara memodifikasinya? Saran saya, lakukan modofikasi seperti dalam teori Blue Ocean Strategy, sehingga nantinya Anda akan mendapatkan produk baru yang lain dari kompetitor. Bahkan produk Anda tersebut juga berbeda dari role model yang Anda tiru.

Lantas, ide usaha yang bagaimana yang bisa dianggap brilian? Jawabannya, tidak ada sesuatu usaha yang benar-benar bagus, kecuali dikerjakan dengan fokus maksimal. Apapun bentuk usahanya, semuanya membutuhkan penanganan dari para pelaku usahanya. Jika ingin berwirausaha, bisa dilakukan dari modal yang kecil. Selain karena resiko yang kecil, namun jika benar-benar serius digarap, maka hasilnya juga bisa maksimal dan beromset besar. Lima contoh peluang usaha berikut ini adalah ide peluang usaha modal kecil yang bisa dijalankan di rumah.

Baca juga: Inspirasi Jenis Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Berikut Ini 5 Ide Peluang Usaha Modal Kecil

sumber gambar ide peluang usaha modal kecil: blog.instamojo.com

1. ONLINE SHOP DROPSHIP

Ide peluang usaha modal kecil yang pertama adalah bisnis online shop dengan sistem dropship. Membuka toko online dengan menjual barang stok pribadi mungkin membutuhkan banyak modal untuk belanja barang. Namun dengan sistem droship, pemilik usaha tidak perlu repot-repot dengan stok barang, sistem pembayaran, packing barang dan proses pengiriman.

Droship maksudnya menjual barang yang diambil dari supplier atas nama pribadi dan menjualnya kembali kepada konsumen. Anda hanya akan membayar kepada supplier saat ada penjualan dengan menggunakan uang yang Anda dapat dari customer. Dan kemudian supplier mengirimkan pesananan Anda langsung ke customer dengan pengirim atas nama Anda, sehingga customer tidak tahu suppliernya.

Keuntungan utama dropship, Anda tidak perlu memiliki stock barang, sehingga biaya belanja NOL rupiah. Anda bisa langsung berjualan, dan fokus pada pemasaran. Lebih jauh mengenai bisnis dropship, dapat Anda baca DISINI.

Untuk memberi gambaran lebih detail, Anda dapat perhatikan skema bisnis dropship berikut ini:

Reseller Dropship Batik Beringharjo

Masalah terbesar bisnis dropship adalah supplier. Bagaimana caranya mendapatkan supplier terpercaya untuk bisnis dopship? Berikut ini saya akan buka rahasia mencari supplier bisnis dropship terpercaya.

Anda dapat mencari supplier terpercaya di TOKOPEDIA! Dijamin terpercaya, karena dalam transaksi pembayaran dihold oleh Tokopedia hingga barang diterima oleh customer.

Di Tokopedia ada banyak sekali toko, bagaimana cara mencari supplier diantara ribuan (bahkan mungkin jutaan) toko yang ada di Tokopedia? Gampang!

Cara Gampang Mencari Supplier Di Tokopedia:

  • Tentukan kategori atau produk yang hendak dijual
  • Ketikkan nama produk di kolom pencarian Tokopedia. Jika belum tahu nama produk, pilih kategori barang yang ingin Anda jual, misal kategori Fashion, Kecantikan, Rumah Tangga, atau kategori lainnya.
  • Kemudian sort berdasar penjualan
  • Nah, di halaman pertama itulah toko-toko yang dapat Anda jadikan supplier (kecuali baris pertama dan terakhir, karena baris pertama dan terakhir adalah iklan)
  • Klik nama toko! Nah, Anda dapat menjual produk-produk yang dijual supplier tersebut.

Detail mengenai cara mencari supplier untuk bisnis dropship akan saya buat tulisan tersendiri yang lebih detail.

2. USAHA MAKANAN, KUE KERING, DAN SEJENISNYA

Selanjutnya ide peluang usaha modal kecil yang memiliki potensi yang besar adalah usaha kue kering. Usaha kue kering bisa jadi ide yang bagus pada musim-musim tertentu karena besarnya permintaan pasar. Namun juga bisa menjadi usaha yang kontinyu dikerjakan jika terus ada pemesannya. Hal ini tergantung cara marketing dalam mempromosikan produk yang dijual. Anda dapat memulai usaha kuliner dengan sistem PO (pre order), dimana konsumen yang memesan melakukan pembayaran dimuka.

Chanel penjualan untuk usaha kuliner dengan sistem PO ini, pasti ibu-ibu sudah sangat paham. Ya, benar… Media Sosial! Bisa melalui Whatsapp (Group), Facebook, Instagram, dan lain-lain.

Untuk dapat sukses dalam menjalani usaha kue kering ini Anda harus belajar kunci sukses bisnis kue kering dari ahlinya. Ulasan lengkap mengenai usaha kue kering rumahan dapat Anda temukan DISINI.

Selain dengan sistem PO (pre order), ada lagi yang terbaru dari ide peluang usaha modal kecil di bidang kuliner ini, yaitu penjualan dengan menggunakan GoFood. Jika di kota Anda sudah ada Gojek, Anda dapat memulai bisnis kuliner dengan modal kecil. Tidak perlu sewa tempat. Karena Anda dapat menjalankannya dari rumah. Siapkan produk, buat foto yang menarik, kemudian daftarkan usaha Anda ke kantor Gojek. Cara dan syarat mendaftar sebagai mitra gofood sangatlah mudah, yaitu:

  • Foto copy KTP
  • Mengisi form pendaftaran merchant Gofood
  • Siapkan daftar menu lengkap dengan harganya
  • Siapkan paling tidak satu foto produk, buat foto yang menarik, lebih baik jika tiap menu memiliki foto sendiri-sendiri
  • Materai Rp 6.000,-

3. USAHA LAUNDRY PAKAIAN

Ide peluang usaha modal kecil selanjutnya adalah laundry kiloan. Mencuci pakaian adalah kegiatan rutin harian tiap individu dan menjadi kebutuhan sehari-hari. Karena kesibukan, beberapa orang enggan direpotkan dengan aktivitas mencuci pakaian. Mereka cenderung ingin cara cepat yang memudahkan hidup dalam urusan pakaiannya. Usaha laundry kiloan bisa dikerjakan di rumah, bisa sebagai usaha pribadi atau dengan menggunakan partner usaha.

Partner usaha yang saya maksud disini adalah dengan membeli franchise laundry. Seperti kita tahu, dengan membeli franchise, kita tidak perlu memulai usaha dari nol. Karena franchisor sudah memiliki sistem dan brand. Namun perlu hati-hati dalam mebeli franchise, alih-alih mendapatkan keuntungan, salah beli franchise bisa bikin buntung. Saya sudah pernah menulis cara dan tips memilih franchise yang menguntungkan. Jika Anda belum baca, silakan baca sekarang agar tidak salah beli franchise yang bikin buntung.

Namun jika Anda menyukai tantangan, dan ingin membangun brand sendiri, memulai usaha laundry kiloan dari nol adalah pilihan tepat. Karena usaha laundry kiloan ini termasuk jenis usaha modal kecil, namun menjanjikan keuntungan yang cukup bagus. Informasi lebih lanjut mengenai ide peluang usaha modal kecil dengan laundry kiloan dapat Anda simak DISINI.

4. BISNIS JASA

Menjual jasa, pada sebagian besar bisnis jasa, tidak membutuhkan banyak modal. Sehingga bisnis jasa masuk pada urutan keempat dari lima ide peluang usaha modal kecil.  Modal terbesar dari bisnis jasa adalah skill atau keahlian yang Anda miliki. Kebanyakan bisnis jasa tidak begitu terpengaruh oleh lokasi usaha. Jadi Anda bisa memulai usaha di rumah. Jika ada janji meeting dengan client atau calon client, dapat dilakukan di luar, seperti di cafe atau semacamnya.

Beberapa bisnis jasa yang menjanjikan dan lagi trend, adalah:

  • Jasa pembuatan website. Bisnis online merupakan jenis bisnis yang paling menjanjikan saat ini. Sudah banyak yang merasakan gurihnya dan ledakan omset dari bisnis online. Sehingga semua bisnis ‘dipaksa’ untuk go online. Jika bisnis Anda belum go online, Anda tidak hanya ketinggalan jaman, tapi siap-siap saja gulung tikar. Karena prospek bisnis online itulah, maka jasa pembuatan website menduduki urutan pertama sebagai bisnis jasa yang paling menjanjikan di tahun ini.
  • Jasa penulisan content. Anda perhatikan banyak website yang ‘terbengkelai’ tidak pernah update? Itu karena banyak pemilik website tidak bisa (atau tidak punya waktu) untuk menulis untuk webnya. Itulah sebabnya jasa penulis content atau content writer memiliki prospek dan potensi yang menjanjikan.
  • Jasa Arsitek. Lihat sekitar kita, ada berapa banyak proyek pembangunan? Mulai dari pembangunan rumah, kompleks perumahan, apartemen, gedung mall, dan pembangunan lainnya. Banyak sekali. Di situlah jasa arsitek menemukan konsumennya. Jasa arsitek semakin dibutuhkan karena semakin banyak orang yang sadar arti pentingnya nilai estetika sebuah bangunan.

5. USAHA BIMBINGAN BELAJAR

Ide peluang usaha modal kecil yang kelima adalah usaha bimbingan belajar. Les privat atau bimbel (bimbingan belajar) merupakan salah satu peluang usaha modal kecil yang menjanjikan. Anda tidak perlu tempat yang strategis untuk memulai usaha ini. Usaha bimbingan belajar bisa dikerjakan secara offline maupun online.

Untuk bimbingan belajar online, Anda benar-benar tidak membutuhkan tempat. Hanya meja kursi, dan seperangkat komputer dengan koneksi internet. Bahkan Anda dapat menyusun modul menggunakan video, sehingga siswa belajar dengan melihat video. Anda tidak dituntut untuk selalu online setiap saat di depan komputer.

Jika Anda tertarik untuk menekuni usaha bimbingan belajar online, silakan baca artikel mengenai peluang usaha bimbingan belajar online >>> DISINI.

Atau jika Anda lebih suka dengan usaha bimbingan belajar secara offline, silakan baca tulisan lengkapnya >>> DISINI.

Nah, sahabat PoBis silakan memilih salah satu dari kelima ide peluang usaha modal kecil tersebut. Kemudian jalani dengan fokus.

5 Ide Peluang Usaha Modal Kecil Yang Menjanjikan Di Tahun 2018

8 COMMENTS

  1. peluang usaha yang ditampilkan coba ditambah lagi, pasti lebih yahut… kan banyak itu peluang usaha modal kecil yang bagus juga untuk dilirik.

    • Terimakasih feedbacknya Pak Bachtiar… Kami akan pertimbangkan untuk mengedit artikel ini dengan menambahkan beberapa peluang usaha modal kecil, sehingga dapat memberi alternatif lebih banyak sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jenis usaha…
      Sambil menunggu update artikel ini, Bapak dapat cek artikel lain yang juga berisi daftar peluang usaha, lebih tepatnya peluang usaha rumahan melalui link berikut: http://www.pojokbisnis.com/peluang-usaha-rumahan

  2. Artikel yang sangat menarik.. terutama buat yang baru ingin memulai usaha.. semoga makin banyak ulasan artikel bisnis yang lain terutama bisnis dengan skala kecil atau rumah tangga.. Terimakasih

    • ada di poin satu gan… jika yang dimaksud, panduan langkah demi langkah, silakan dicek di kategori Bisnis Online di bagian Bisnis Dropship… Terimakasih…

  3. Bagus… Saya jd punya gambaran… Usul: daftar peluang usahanya ditambah… jadi yang pengin menggeluti usaha modal kecil seperti saya, punya pilihan lebih banyak… Trims…

TULISKAN KOMENTAR DISINI

5 Ide Peluang Usaha Modal Kecil Yang Menjanjikan Di Tahun 2018