Home » Franchise » Mengenal Franchise Mie Ramen, Osaka Ramen

Mengenal Franchise Mie Ramen, Osaka Ramen

Mengenal Franchise Mie Ramen Osaka RamenFranchise mie ramen merupakan salah satu peluang usaha yang diminati dan diburu. Belakangan memang muncul budaya baru dikalangan anak muda yakni aktivitas wisata kuliner. Setiap hari tak habisnya kalangan muda menjajal aneka sajian baik itu skala restoran mewah sampai yang di tepian jalan. Petualangan rasa ini memang menjadi keseruan sendiri bagi kebanyakan orang. Dan sadarkah Anda ini juga menjadi peluang menarik bagi pemerhati dunia usaha.

Muncul beragam hidangan dari berbagai penjuru dunia untuk memuaska hasrat bertualang rasa ini. termasuk salah satu hidangan khas ala Asia Timur yang belakangan memang naik daun sejak budaya dari kawasan ini juga merebak di Indonesia. Mie ramen, mie yang khas dikenal di Korea dan Jepang ini belakangan juga menjadi salah satu kuliner dunia yang populer dan banyak disambangi peminat petualang rasa.

Dan inilah yang memberi peluang besar untuk Anda membuka sebuah franchise mie ramen ala Jepang. Bagi penikmatnya, mie ramen asal Jepang dianggap memiliki rasa original yang lebih menarik di lidah dan itu sebabnya banyak penggemarnya di Indonesia.

Tak mudah memang kalau Anda tertarik terjun dalam bisnis kuliner dunia, apalagi kalau sebenarnya Anda tidak memiliki latar belakang dunia kuliner. Inilah yang mendasari Osaka Ramen berdiri. Memberi kemudahan bagi kalangan pebisnis yang ingin turut mencicipi laba dari usaha ramen, tanpa perlu merisaukan masalah kemampuan memasak ramen.

Karena di sini, sang pengelola Rahadi Basuki sengaja membuat ramen dari resep khusus yang original namun sudah diadaptasikan ke dalam lidah dan budaya Indonesia. Jadi tentu saja tak akan ada bumbu-bumbu atau bahan-bahan yang rancu dan dianggap haram.

Baca juga: 10 Franchise Makanan Terlaris Di Indonesia

Mengenal Franchise Mie Ramen Osaka Ramen

sumber gambar: lifestyle.liputan6.com

Menurut Rahadi Basuki, usaha ramen ini berawal di tahun 2007, ketika tim Osaka Ramen membuka sebuah warung makan ramen kecil sekaligus menyediakan produk ramen siap olah untuk membantu usaha-usaha ramen di sekitaran Depok. Menyadari perkembangan yang semakin positif dan muncul pula permintaan kemitraan dalam bentuk franchise, maka mulai 2013, lahirlah konsep franchise mie ramen Osaka Ramen.

Karena sudah banyak memiliki pelanggan, tak sulit untuk membuka alas ketika itu. Beberapa teknik pemasaran dikerahkan untuk mengenalkan konsep usaha franchise ini dan akhirnya dengan cepat membuahkan hasil dalam hitungan 1 tahun saja, Osaka Ramen bisa menghasilkan lebih dari 7 mitra dan terus bertambah sampai sekarang.

Untuk menjadi mitra franchise mie ramen Osaka Ramen, dibutuhkan dana sebesar 20 juta. Dari dana ini pihak Osaka Ramen akan memfasilitas  perangkat gerobak khas yang berbentuk menyerupai penjaja ramen ala kaki lima Jepang, lengkap dengan mangkuk, alat masak. Pihak pengelola juga menyediakan beberapa banner serta tenda disertai kursi dan meja yang benar-benar dibuat serupa dengan konsep kaki lima di Jepang.

Untuk pihak mitra, Osaka Ramen meminta untuk menyediakan ruang usaha yang cukup strategis dengan disertai minimal 2 orang tenaga kerja untuk memasak dan pelayanan. Biasanya akan dibutuhkan modal kisaran 10 sampai 20 juta lagi untuk sewa lokasi. Sedang biaya lain-lain seperti tenaga kerja dan bahan bakar akan memakan dana sekitar 3 – 5 jutaan.

Setelahnya pihak mitra franchise mie ramen Osaka akan mendapatkan suplai bahan baku untuk mie ramen dan sajian lain yang menyertainya. Biasanya untuk satu bulan pihak mitra bisa menghabiskan modal sampai 15 juta untuk bahan baku. Namun setiap bulan dengan harga permangkuk sekitar 20 ribu, maka diperkirakan akan mampu menghasilkan omset hingga 30 juta perbulan. Artinya diperkirakan bisa balik modal dalam tempo 3 – 4 bulan.

Konon bagi mereka yang sudah menjalankan bisnis ini, penjualannya memang relatif menjanjikan. Karena rasa yang ditawarkan cukup memuaskan selera sedang harganya  justru dibawah harga mie ramen kebanyakan di restoran. Namun tentu saja, penting untuk pelaku usaha memilih lokasi yang tepat bagi franchise mie ramen ini, karena meski konsep usaha ini bergaya kaki lima, tetapi harga yang dibandrol cenderung tinggi.

Di sisi lain, pihak perusahaan menjamin franchise mie ramen dengan Osaka Ramen ini menguntungkan dan ringan biaya karena dari pihak pengelola tidak ada tarikan dana lain seperti royalti fee, franchise fee dan biaya-biaya lain. Pihak pengelola juga menjamin akan memberi binbingan memadai untuk membantu pengembangan mitra.

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bagaimana Cara Mendapatkan Hak Franchise Waroeng Steak

Bagaimana Cara Mendapatkan Hak Franchise Waroeng Steak?

Bagaimana cara mendapatkan hak franchise waroeng steak? Bagi Anda yang berdomisili di kota Yogya, mungkin …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Mengenal Franchise Mie Ramen, Osaka Ramen

2 comments

  1. Mhon infonya proposal lengkap tentang franchise osaka ramen di email saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Mengenal Franchise Mie Ramen, Osaka Ramen