Home » Franchise » Info Komplit Cara Menjadi Agen Pos Indonesia

Info Komplit Cara Menjadi Agen Pos Indonesia

Cara Menjadi Agen Pos IndonesiaSebagai salah satu BUMN, PT Pos Indonesia tidak ingin ketinggalan dengan perubahan yang dinamis dalam dunia bisnis. Kini perusahaan milik negara tersebut menerapkan sebuah inovasi dalam memperluas pelayanannya di lebih banyak lokasi di Indonesia. PT Pos Indonesia kini membuka peluang usaha sebagai agen sistem pembayaran online di lebih dari 21 macam sistem pembayaran online. Siapapun bisa menjadi Agen Pos Indonesia. Lantas seperti apa sistem keagenan tersebut dan bagaimana cara menjadi agen Pos Indonesia?

Potensi pasar pendapatan Agen Pos dari jasa kurir pada tahun 2014 baru pada kisaran 7,33% dibanding total pendapatan jasa kurir Pos Indonesia secara nasional. Sedangkan menurut data nasional tahun 2009, pangsa pasar Pos Indonesia baru mencapai 16% dari pangsa pasar kurir dan logistik secara nasional. Sehingga keberadaan Agen Pos diharapkan dapat mengambil alih pangsa pasar  yang masih besar yaitu sebesar 84%. Sedangkan untuk jasa keuangan baru mencapai 4,46% yang diraih oleh Agen Pos Indonesia.

Agen Pos merupakan pengembangan jaringan melalui kerjasama kemitraan antara Pos Indonesia dengan perorangan atau badan usaha. Sehingga cara menjadi agen pos dirancang sederhana dan tidak menyulitkan. Selain itu keberadaan Agen Pos diharapkan lebih mendekatkan Pos Indonesia dengan masyarakat dengan keberadaan Agen Pos di lebih banyak lokasi di Indonesia.

Dari segi layanan, Agen Pos dapat melayani jasa kurir, seperti pengiriman surat, dokumen, dan paket barang untuk tujuan domestik maupun internasional. Termasuk menjual perangko, benda filateli, materai. Juga melayani jasa keuangan berupa pembayaran berbagai tagihan dan layanan pengiriman uang.

Produk dan layanan di Agen Pos akan terus dikembangkan sesuai dengan kebijakan Pos Indonesia dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat dan perkembangan lingkungan bisnis. Produk yang menjadi unggulan Agen Pos diantaranya, Pos Kilat Khusus, Pos Express, Express Mail, Weselpos Instan, Pospay, Filateli, dan Prisma.

Pos kilat khusus merupakan layanan pengiriman surat, dokumen dan barang yang mengandalkan kecepatan (maksimal H+4) untuk jaringan dalam negeri dengan jangkauan yang sangat luas hingga ke daerah pelosok di seluruh tanah air.

Sedang pos express merupakan layanan pengiriman dokumen penting dan barang berharga yang mengandalkan kecepatan super (maksimum H+1) dan akurasi yang tinggi untuk tujuan kota tertentu di Indonesia.

Cara menjadi agen pos tidaklah sulit, bisa perorangan maupun badan usaha. Syaratnya memiliki tempat usaha dan sumber daya manusia. Dimana tempat usaha tersebut memenuhi ketentuan jarak minimal 250 meter dari Agen Pos lain atau Kantor Pos. Hal lain yang harus dipersiapkan agen adalah peralatan kerja meliputi komputer, printer, line telepon, timbangan, dan sambungan internet. Sedangkan aplikasi sistem akan dipersiapkan oleh pihak Pos Indonesia.

Setelah syarat-syarat tersebut dipenuhi calon agen dapat mengajukan permohonan menjadi agen ke Kantor Pos. Selanjutnya calon agen tinggal menunggu persetujuan dari Pos Indonesia dan menandatangani perjanjian kerjasama.

Dengan syarat dan ketentuan tersebut, jika sudah memiliki tempat dan peralatan, maka seorang calon agen hanya membutuhkan modal Rp 5 juta saja, yang digunakan sebagai deposit minimal sebagai jaminan dalam bertransaksi. Namun bila belum memiliki peralatan, maka modal yang diperlukan berada pada kisaran Rp 12 juta yang digunakan untuk membeli peralatan dan deposit.

Bergabung menjadi agen pos memiliki banyak keuntungan dan keunggulan. Pertama dari segi branding. Sudah sangat jelas sekali, siapa yang tidak tahu Pos Indonesia. Seluruh masyarakat Indonesia mengenal nama Kantor Pos atau Pos Indonesia.

Kedua, Pos Indonesia merupakan perusahaan jejaring terintegrasi terbesar di Indonesia. Jangkauan distribusi dan antaran sangat luas hingga ke daerah pelosok di seluruh nusantara, juga hingga mancanegara. Pos Indonesia memberi dukungan penuh pada para agennya, dengan dukungan pemasaran, pembinaan usaha, operasi (pick up), dan teknologi informasi terintegrasi yang real time.

Dalam hal profit, secara garis besar Agen Pos akan mendapat fee sebesar 20% untuk jasa pengiriman dokumen dan paket. Prosentase inipun bersifat progresif. Semakin besar jumlah transaksi, semakin besar pula prosentase yang diberikan. Sedangkan untuk layanan jasa keuangan, ada perhitungan tersendiri.

Rendahnya nilai investas pada cara menjadi agen Pos Indonesia, membuat sistem kemitraan yang ditawarkan PT Pos Indonesia sangat diminati. Pada tahun 2014 saja jumlah Agen Pos telah mencapai 2.418 agen, atau tumbuh 62% dari tahun sebelumnya.

Bagi masyarakat yang ingin bekerjasama menjadi Agen Pos, tidak perlu bingung karena PT Pos Indonesia akan memberikan pembinaan usaha bagi agen pos sehingga setiap agen pos akan selalu aktif bertransaksi dan terus bertumbuh kembang. Terkait dengan hal tersebut pihak Pos Indonesia menetapkan saluran komunikasi dan informasi. Juga melakukan berbagai pertemuan dengan para Agen Pos untuk melakukan review, evaluasi, dan up dating informasi terkait perkembangan Agen Pos.

Terkait dengan cara menjadi agen pos yang mudah, keunggulan yang dimiliki Pos Indonesia, support yang diberikan, dan pangsa pasar yang masih terbuka lebar. Maka peluang usaha sebagai Agen Pos patut dipertimbangkan.

Jika diantara Sahabat PoBis ada yang tertarik untuk menjadi Agen Pos, dapat menghubungi Kantor Pos terdekat atau langsung menghubungi PT Pos Indonesia (Persero) Graha Pos Indonesia Lt.3A. Jl. Banda No.30 Bandung. Telp: 022-4213640 email: agenpos@posindonesia.co.id.

sumber gambar: posindonesia.co.id

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan Dengan Usaha Cuci Helm

Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan Dengan Usaha Cuci Helm

Banyak ragam bisnis modal kecil yang menjanjikan yang dapat Anda geluti, salah satunya adalah usaha …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Info Komplit Cara Menjadi Agen Pos Indonesia

2 comments

  1. Email agenpos@posindonesia.co.id tidak bisa di-send alias invalid.

    • coba nmr telpnya gan… saya dapatnya email itu… atau jika tidak coba langsung hub Kantor Pos Besar di kota Anda…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Info Komplit Cara Menjadi Agen Pos Indonesia