Home » Franchise » Tips Memilih Franchise Yang Menguntungkan (Bag.1)

Tips Memilih Franchise Yang Menguntungkan (Bag.1)

Franchise Yang MenguntungkanBagaimana tips memilih franchise yang menguntungkan? Ketika Anda sudah merasa tertarik dengan salah satu bisnis franchise, maka segeralah lakukan beberapa langkah yang akan saya jelaskan dalam tulisan ini.  Namun karena setiap langkah saya beri penjelasan yang detail, maka tulisan ini menjadi sedikit agak panjang. Agar Anda tidak bosan membaca tulisan yang panjang, saya akan pecah tulisan menjadi dua bagian. Sebelum lebih jauh memilih franchise, sebaiknya Anda memahami pengertian franchise menurut para ahli yang pernah saya tulis sebelumnya.

Langkah-langkah tersebut perlu Anda jalankan untuk menguji kelayakan, apakah franchise tersebut bisa dikategorikan sebagai sebuah bisnis yang baik dan merupakan franchise yang menguntungkan, atau tidak. Tak jarang sebuah penawaran franchise terlihat sangat menggiurkan, namun setelah kita bergabung sebagai franchisee, ternyata jauh dari apa yang terlihat semula. Alih-alih mendapatkan keuntungan dari bisnis franchise yang kita beli, justru kerugianlah yang kita derita. Mending menekuni sendiri cara bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan.

Karenanya Anda harus teliti dalam memilih franchisor, lakukan beberapa uji untuk memastikan franchisor tersebut memang layak untuk diajak kerjasama. Lho, apa ada franchisor yang tidak layak untuk dijadikan partner kerjasama? Tentu saja ada! Tidak semua franchisor layak diajak kerjasama. Ada beberapa “oknum” franchisor yang mem-franchise-kan bisnisnya hanya demi mendapatkan uang belakan. Tanpa mau memberikan support pemasaran dan manajeman kepada franchisee-nya. Oknum franchisor ini seolah menjadikan frachisee sebagai sapi perahan semata.

Sayangnya belang franchisor ini biasanya baru akan terbongkar setelah perjanjian franchise sudah berjalan. Bagai nasi sudah menjadi bubur. Penyesalan selalu datang belakangan jika Anda tidak jeli dalam melihat dan menilai sebuah penawaran franchise. Karena itu kali ini saya akan memberikan tips memilih franchise yang menguntungkan agar Anda tidak terperosok dalam bujuk rayu oknum franchisor. Sehingga dapat memperoleh keuntungan dari bisnis franchise seperti yang Anda harapkan.

Tips Memilih Franchise Yang Menguntungkan

  1. Kunjungi Kantor Pusatnya.
    Kantor pusat tidak harus menempati sebuah gedung yang megah. Beberapa franchise di Indonesia menjadi rumah sebagai kantor pusatnya. Di kantor pusat ini Anda dapat melihat aktifitas bisnis franchisor, dari situ Anda dapat menilai apakah mereka menjalankan bisnis dengan baik atau tidak. Perlu juga Anda perhatikan, bagaimana franchisor memperlakukan Anda. Apakah mereka memperlakukan Anda sebagai konsumen atau sebagai mitra bisnis.
    Selanjutnya mintalah untuk diperkenalkan dengan key person (pejabat-pejabat penting) di perusahaan tersebut. Seperti; Direktur/Manajer Umum, Direktur/Manajer Keuangan, Direktur/Manajer Operasional, Direktur/Manajer SDM/HRD, Direktur/Manajer Training. Sebutan bagian-bagian tersebut pasti akan berbeda-beda, beberapa diantaranya mungkin fungsinya dilebur jadi satu dan dijabat oleh satu orang. Anda dapat menggali informasi dan berdiskusi dengan mereka mengenai bisnis yang sedang mereka jalani.
    Paling tidak dengan datang langsung ke kantor pusat, bila suatu saat nanti Anda mengalami kesulitan atau bahkan tertipu dengan franchisor, Anda sudah tahu alamat untuk dituju.
  2. Temui Owner/Penanggung Jawab Utama.
    Logis saja, jika Anda akan menginvestasikan puluhan juta hingga milyaran rupiah, Anda pasti tidak akan menyerahkan begitu saja pada orang yang tidak Anda kenal atau tidak berhak. Dengan bertemu dengan owner atau penanggung jawab utama, Anda dapat memperoleh jawaban atas semua pertanyaan Anda. Staf marketing belum tentu bisa menjawab semua pertanyaan Anda, apalagi pertanyaan yang sifatnya strategis. Selain itu dengan bertemu dengan owner atau penanggung jawab, Anda dapat menghemat waktu. Sebab mereka adalah decission maker, bukan staf dan marketing, sehingga sekali bertemu semua urusan bisa selesai.
    Lantas, bagaimana jika owner atau penanggung jawab susah ditemui karena sibuk? Jika demikian yang Anda alami, sebaiknya segera urungkan niat Anda untuk bekerja sama dengan franchisor tersebut. Cari franchisor lain yang owner atau pucuk pimpinannya punya waktu dan mau bertemu dengan Anda.
  3. Analisis Laporan Keuangan.
    Franchisor yang baik pasti tidak akan keberatan menunjukkan laporan keuangan, baik itu laporan keuangan yang sudah diaudit akuntan publik maupun laporan keuangan yang masih tersimpan di komputer/laptop. Melalui laporan keuangan ini mereka dapat membuktikan bahwa bisnisnya betul-betul sehat dan layak mendapat investasi dari Anda.
    Jika franchisor tidak mau menunjukkan laporan keuangan atau cenderung berbelit-belit, segera pamit dan tinggalkan kantor franchisor tersebut. Karena jika keberatan menunjukkan laporan keuangan, dapat dipastikan “dapur”nya bermasalah, sehingga mereka merasa tidak pantas untuk dilihat orang lain.
    Untuk melihat laporan keuangan, Anda tidak harus kuliah atau lulusan fakultas ekonomi. Dalam laporan keuangan, hal yang harus dicermati adalah laporan laba rugi. Bandingkan perolehan laba rugi untuk jangka waktu tertentu, misalnya selama 6 bulan berturut-turut, 12 bulan berturut-turut, 3 tahun berturut-turut, dan sebagainya. Pertumbuhan yang positif merupakan indikasi franchise yang menguntungkan.
  4. Demo Produk.
    Yang membedakan bisnis franchise dengan bisnis lain adalah ciri khas, ciri khas atau kekuatan bisnis franchise bisa didapat dari Produk dan atau Sistem Manajemen. Anda harus melihat sendiri demo produk hingga siap saji, atau demo manajemen (seperti cara melayani pelanggan atau cara mengelola pelanggan).
    Dalam melihat demo tersebut Anda harus dapat melihat bahwa setiap orang menjalankan SOP (Standart Operating Procedure) dengan baik dan benar. Jika mereka tidak memiliki SOP atau karyawannya tidak berpegang teguh pada SOP, tinggalkan franchisor tersebut. Karena itu tidak akan menguntungkan bagi Anda dalam jangka panjang.

Cukup panjang ya Sahabat PoBis… Nah, agar tidak bosan, seperti sudah saya sampaikan tadi, tulisan mengenai tips memilih franchise yang menguntungkan ini dipecah menjadi dua bagian. Silakan manfaatkan fasilitas search di web ini ketikkan kata kunci: tips memilih franchise.

sumber gambar franchise yang menguntungkan: entrepreneur.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan Dengan Usaha Cuci Helm

Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan Dengan Usaha Cuci Helm

Banyak ragam bisnis modal kecil yang menjanjikan yang dapat Anda geluti, salah satunya adalah usaha …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Tips Memilih Franchise Yang Menguntungkan (Bag.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Tips Memilih Franchise Yang Menguntungkan (Bag.1)