Home » Franchise » Tips Memilih Bisnis Franchise Terlaris Dan Menguntungkan (Bag.2)

Tips Memilih Bisnis Franchise Terlaris Dan Menguntungkan (Bag.2)

Tips Memilih Bisnis Franchise TerlarisFranchise terlaris menjadi dambaan setiap orang. Jika Anda mengikuti tulisan-tulisan di PojokBisnis.com ini pasti Anda juga sudah faham bahwa bisnis franchise merupakan salah satu pintu gerbang menuju dunia kewirausahaan. Dengan membeli franchise berarti Anda tidak perlu memulai usaha dari nol. Franchisor sudah melakukan semuanya. Anda tinggal menyetorkan sejumlah uang sebagai pembelian franchise. Selanjutnya sistem yang sudah dirancang franchisor akan bekerja untuk Anda.

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari Tips Memilih Franchise Yang Menguntungkan, dimana pada bagian 1 tersebut dibahas 4 point yang harus diperhatikan dalam memilih franchise terlaris yang menguntungkan. Jika belum membaca, Anda dapat klik tautan yang sudah saya sematkan di awal paragraf ini.

Untuk mengingatkan kembali poin-poin pada bagian satu tersebut meliputi; kunjungi kantor pusatnya, temui owner atau penanggung jawa utama, analisis laporan keuangan, dan yang keempat adalah demo produk.

Ya, Anda harus berhati-hati dalam memilih bisnis franchise supaya bisa meraup keuntungan, bukannya buntung.

Nah, pada bagian kedua dari tips memilih franchise terlaris kita akan membahas poin kelima hingga poin kedelapan. Simak terus agar Anda tidak masuk ‘jebakan Batman’ franchise abal-abal.

Tips Memilih Bisnis Franchise Terlaris Dan Menguntungkan

  1. SOP (Standard Operating Procedure)
    Setiap bisnis francshise pasti dan harus memiliki SOP (Standard Operating Procedure). Biasanya SOP meliputi semua lini bisnis mulai dari produksi, pemasaran dan promosi, costumer service, manajeman SDM, akuntansi dan keuangan, hingga layanan konsumen. Dan SOP memuat secara detail tiap bagian tersebut, karena SOP ini merupakan salah satu pilar sistem yang dapat menggerakkan jalannya bisnis secara otomatis.Jika franchisor yang Anda datangi tidak memiliki SOP, langsung saja tinggalkan!Jika dia memiliki SOP, masih harus diuji dan dibuktikan bahwa SOP tersebut dapat diaplikasikan dengan baik. Karena bisa saja SOP yang tertulis itu hanya pemanis ‘rayuan gombal’ agar Anda mau membeli franchise-nya. Anda harus melihat demo SOP secara langsung oleh karyawan. Dan kemudian wawancarai karyawan tersebut. Terutama berkaitan dengan cara dia mengatasi komplain pelanggan dan cara pengelolaan pelanggan.Harusnya karyawan tersebut dapat dengan jelas dan rinci menerangkan pada Anda mengenai cara menerima komplain, menyelesaikannya, dan mencegah supaya tidak terjadi komplain serupa di kemudian hari. Begitu juga dengan cara menerima pelanggan, cross selling, up selling, cara mendapatkan repeat order, dan yang terpenting adalah cara mendapatkan loyal customer.

    Ingat, setiap karyawan mendapat pelatihan dan training, sehingga harusnya mereka dapat menerangkan semua hal tersebut dengan jelas kepada Anda.

  2. Kunjungi Outlet
    Sekarang saatnya Anda melihat aplikasi SOP secara riil di lapangan, yaitu dengan mengunjungi outlet yang sudah beroperasi. Di sana Anda dapat melihat secara langsung bagaimana karyawan bekerja, bagaimana aplikasi SOP secara riil.Selain melihat penerapan SOP secara langsung, dengan mengunjungi outlet yang sudah beroperasi, Anda dapat melihat kinerja outlet. Anda dapat melihat jumlah transaksi. Anda dapat membuktikan secara langsung apakah bisnis franchise tersebut memiliki potensi atau tidak. Bukti keberadaan potensi dapat dilihat dari antusiasme masyarakat yang melakukan transaksi. Sekali lagi yang melakukan transaksi!Saat melakukan kunjungan Outlet jangan mudah tertipu oleh apa yang Anda lihat. Karena ramai itu belum tentu menguntungkan. Dan sebaliknya, sepi itu belum tentu rugi. Lihat transaksinya. Berapa banyak orang yang melakukan transaksi? Outlet ramai, tapi yang melakukan transaksi sedikit/tidak ada, jadi ternyata orang ramai hanya melihat-lihat produknya saja. Itulah yang saya maksud dengan ramai belum tentu menguntungkan. Outlet seperti itu tidak bisa dikategorikan sebagai franchise terlaris.. Sebaliknya, yang mendatangi outlet hanya sedikit orang, tapi semuanya membeli. Outletnya sepi, tapi menguntungkan.
  3. Wawancara Frachisee
    Agar informasi yang didapat seimbang dan obyektif, maka Anda juga harus menggali informasi dari franchisee. Dari semua langkah yang sudah Anda jalani, Anda mendapat informasi secara sepihak dari franchisor. Karena itu Anda juga harus wawancara orang-orang yang sudah lebih dahulu bergabung dengan bisnis franchise tersebut. Agar mendapatkan informasi yang berimbang. Kroscek apakah semua informasi yang disampaikan franchisor benar dan sesuai.Ada franchisee yang kecewa, dengarkan. Pengalaman buruk yang dialami franchisee berguna bagi Anda untuk mengantisipasi kejadian serupa agar tidak terulang pada Anda. Itu kalau Anda jadi memutuskan untuk bekerja sama dalam bisnis franchise tersebut.Ada franchisee yang merasa puas. Jangan membuat Anda terlena! Sebab informasi tersebut masih harus dibuktikan sendiri, jika Anda jadi memutuskan untuk bergabung.
  4. Pelajari Draft Perjanjian
    Nah selanjutnya bagian terakhir dari tips memilih bisnis franchise terlaris dan menguntungkan ini adalah: Pelajari draft perjanjian!Dalam perjanjian kerjasama ini Anda dapat melihat itikad baik franchisor. Perhatikan setiap klausal perjanjian. Harusnya tiap pasal dibuat demi kenyamanan bersama, dan dan tidak berat sebelah. Pastikan semua sudah diatur secara rinci dan komplit dalam perjanjian kerjasama tersebut. Bukan hanya bagian yang enak-enak saja yang dibahas. Bagian yang tidak enak juga harus diatur secara jelas. Termasuk mengenai wanprestasi, pemutusan/pengakhiran perjanjian, force majeur, hingga pasal mengenai penyelesaian sengketa.Ingat, kita tidak tahu apa yang akan terjadi! Karena itu perjanjian kerjasama harus dibuat untuk mengatasi segala kemungkinan.

Nah, sekarang Anda sudah mengantongi lengkap 8 tips untuk memilih bisnis franchise terlaris dan menguntungkan. Tips tersebut akan menghindarkan Anda dari franchise abal-abal. Ingat, beli franchise tujuannya agar bisa mengeruk keuntungan, jangan sampai malah jadi buntung.

sumber gambar franchise terlaris: business-opportunities.biz

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan Dengan Usaha Cuci Helm

Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan Dengan Usaha Cuci Helm

Banyak ragam bisnis modal kecil yang menjanjikan yang dapat Anda geluti, salah satunya adalah usaha …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Tips Memilih Bisnis Franchise Terlaris Dan Menguntungkan (Bag.2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Tips Memilih Bisnis Franchise Terlaris Dan Menguntungkan (Bag.2)