Home » Franchise » Pengertian Franchise Menurut Para Ahli Franchise Adalah…

Pengertian Franchise Menurut Para Ahli Franchise Adalah…

franchise adalahFranchise adalah berasal dari bahasa latin Francorum Rex, yang artinya “free from servitude” atau dalam bahasa Indonesia “bebas dari ikatan atau kungkungan”. Berdasarkan asal kata tersebut diatas, pengertian franchise dapat diartikan sebagai kebebasan dalam kepemilikan usaha.

Artinya, para pihak yang mengikat kerjasama franchise berdasarkan suatu kontrak atau perjanjian memiliki kepemilikan dan mengoperasikan bisnisnya secara mandiri dengan support sistem dari franchisor.

Namun demikian kebebasan dalam pengertian tersebut bukanlah kebebasan mutlak. Hal yang tidak bebas adalah mengenai kepemilikan hak kekayaan intelektual (HKI), seperti merek (brand), rahasia dagang, paten, dan hak cipta. HKI sepenuhnya dikuasai oleh pemiliknya (franchisor), dan hanya “dipinjamkan” kepada pihak lain (franchisee) guna dimanfaatkan secera komersial untuk jangka waktu tertentu. Peminjaman dan pemanfaatan HKI (utamanya merek atau brand) tersebut diukur dan terikat secara hukum, berdasarkan perjanjian lisensi atau perjanjian waralaba.

Sebagai referensi awal yang mungkin menarik bagi Sahabat PoBis, dapat dibaca pada artikel Cara Awal Berbisnis Franchise. Dalam tulisan tersebut terdapat 4 tips dalam memilih bisnis franchise yang tepat, sangat berguna bagi Anda yang berniat memulai usaha dengan membeli franchise. Atau bagi franchisor, silakan baca Cara Jitu Membangun Usaha Franchise Terlaris. Dimana dalam tulisan tersebut saya kupas 6 cara jitu dalam membangun usaha franchise agar laris manis mendapatkan mitra franchisee.

Berikut ini pengertian franchise menurut para ahli:

The Committee on Small Business United Congress, mendefinisikan pengertian franchise sebagai berikut:

Franchising is essentially a contractual method for marketing and distributing goods and services of a company (franchisor) through a dedicated or restructed network of distributors (franchisee)

Franchise adalah sebuah metode kontrak untuk pemasaran dan distribusi barang atau jasa dari sebuah perusahaan (franchisor) melalui jaringan khusus dari distributor (franchisee).

L.T. Tarbutton (1986) mantan Presiden Asosiasi Franchise International, mendefinisikan pengertian franchise sebagai berikut:

A long-term continuing business relationship wherein for consideration, the franchisor grants to the franchisee a licensed right, subject to agree-upon requirements and restriction, to conduct business utilizing the trade mark and/or service mark of the franchisor and also provides to the franchisee advice and assistance in organizing, merchandising, and managing the business conducted pursuant to the licenses.

Franchise adalah sebuah hubungan bisnis jangka panjang yang berkelanjutan, dimana franchisor memberikan kepada franchisee hak berlisensi, tunduk pada kesepakatan (berdasarkan kebutuhan dan pembatasan) untuk melakukan bisnis memanfaatkan merek dagang dan atau merek layanan dari franchisor dan juga untuk memberikan saran dan bantuan kepada franchisee dalam mengorganisir, merchandising, dan mengelola bisnis yang dilakukan sesuai dengan lisensi.

R. Justin and R. Judd, mendefinisikan pengertian franchise sebagai berikut:

A business opportunity by which the owner (producer or distributor) of a service or trandemarked product grants exclusive rights to an individual for the local distribution and/or sale of the service or product, and in return receives a payment or royalty and conformance to quality standards.

Franchise adalah sebuah peluang bisnis dimana pemilik (produsen atau distributor) dari layanan atau merek dagang memberikan hak eksklusif kepada individu untuk mendistribusikan dan atau menjual produk atau jasa, dan sebagai imbalannya menerima pembayaran royalti sesuai dengan kualitas standar.

The U.S Departement of Commerce, mendefinisikan pengertian franchise sebagai berikut:

A method of doing business by which a franchisee is granted the right to engage in offering, selling, or distributing goods or services under a marketing format which is designed by the franchisor.

Franchise adalah sebuah metode dalam menjalankan bisnis, dimana franchisee diberikan hak untuk terlibat dalam penawaran, menjual, atau mendistribusikan barang atau jasa di bawah format pemasaran yang dirancang oleh franchisor.

Dalam bahasa Indonesia franchise adalah waralaba, dimana arti kata waralaba ini sebenarnya berbeda dengan arti kata franchise. Entah mengapa konsep “bebas” dalam pengertian franchise hilang pada kata waralaba. Apa arti waralaba? Pengertian waralaba saya bahas dalam tulisan terpisah, silakan gunakan fasilitas search untuk mencari waralaba adalah…

Sumber gambar franchise adalah: topfiremedia.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan Dengan Usaha Cuci Helm

Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan Dengan Usaha Cuci Helm

Banyak ragam bisnis modal kecil yang menjanjikan yang dapat Anda geluti, salah satunya adalah usaha …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Pengertian Franchise Menurut Para Ahli Franchise Adalah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Pengertian Franchise Menurut Para Ahli Franchise Adalah…