Home » Entrepreneurship » Tips Sukses Usaha Rental Mobil Dengan Modal Kecil

Tips Sukses Usaha Rental Mobil Dengan Modal Kecil

Usaha Rental Mobil Dengan Modal KecilUsaha rental mobil merupakan salah satu bagian dari bisnis tour and travel yang menjanjikan. Bisnis rental mobil berkembang sangat pesat di daerah pariwisata dan di kota-kota besar. Namun, jangan salah, di kota kecil usaha ini juga tak kalah ramainya. Di kota kecil, permintaan rental mobil mungkin tidak sebanyak kota besar dan daerah wisata, namun kompetisinya juga tidak besar. Sehingga potensi untuk meraup keuntungan dengan bisnis rental mobil masih terbuka lebar.

Peluang usaha rental mobil dapat dilihat dari banyaknya orang yang melakukan traveling. Orang yang melakukan kunjungan wisata merasa lebih nyaman dan praktis dengan menyewa mobil di lokasi tujuan wisata. Perjalanan dinas untuk kepentingan bisnis, banyak perusahaan yang merasa lebih praktis dan ekonomis dengan menggunakan mobil sewa. Dan banyak kebutuhan transportasi lain yang membutuhkan jasa sewa mobil.

Sahabat PoBis tertarik memulai sebuah wirausaha modal kecil untung besar? Ide usaha rental mobil juga bisa menjadi pilihan menarik. Seorang pelaku usaha dalam bidang rental mobil skala sedang dengan inventaris kendaraan hingga 10 buah saja bisa mencatatkan keuntungan sampai di atas 7 juta tiap bulan. Semua itu dapat Anda mulai dengan modal kecil, karena Anda tidak harus membeli ke-10 buah mobil tersebut.

Tetapi untuk bisa sukses dengan hasil besar dalam bisnis rental mobil, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tak sedikit kendala harus dihadapi pelaku usaha rental mobil. Resiko yang paling sering dihadapi, adalah mobil dibawa kabur oleh penyewa. Resiko lain, bisa jadi mobil Anda digunakan untuk melakukan tindak kriminal. Dan beberapa resiko lain yang mungkin harus Anda hadapi.

Dan beberapa tips berikut ini akan membantu Anda memahami bagaimana tahap awal untuk membangun sebuah wirausaha modal kecil untung besar dalam rental mobil semacam ini. Tips dan panduan berikut ini sangat berguna untuk Anda yang tertarik memulai wirausaha modal kecil untung besar rental mobil namun terhambat dengan modal kecil. Ternyata modal kecil bukan halangan untuk memulai usaha sekarang juga.

4 Tips Sukses Usaha Rental Mobil

  1. Perhatikan invetaris kendaraan Anda
    Hindari untuk membeli sekaligus banyak inventaris kendaraan karena di awal, bisa jadi permintaan yang masuk akan cukup terbatas. Jadi siapkan inventaris secara bertahap sesuai dengan tingkat permintaan yang akan Anda hadapi. Untuk permulaan, Anda bahkan bisa memulainya dengan 1 kendaraan saja.
    Tentu saja dengan memastikan kendaraan yang Anda siapkan adalah jenis populer dan banyak disukai konsumen seperti jenis Avanza, Xenia, APV, Grand Max, Innova dan lain sebagainya.
    Pastikan pula kendaraan yang Anda pilih masih baru. Kendaraan baru akan memberi daya tarik tersendiri dan memuaskan konsumen dengan lebih baik. Kendaraan cenderung masih mulus, nyaman dan bersuara halus. Di sisi lain kendaraan bekas cenderung akan memakan biaya perawatan yang lebih banyak dari jenis yang baru.
  2. Dapatkan mobil tanpa pembelian tunai
    Sebaiknya tidak melakukan pembelian tunai sekalipun Anda memiliki modal besar untuk usaha rental mobil. Akan lebih aman untuk mendapatkannya tanpa harus dengan cara tunai karena dengan demikian modal yang Anda keluarkan akan lebih bertahap dan tentu saja dengan resiko yang lebih terkendali. Anda bisa menggunakan dua cara efektif untuk mendapatkan mobil baru tanpa harus mengeluarkan modal besar dalam bentuk dana tunai, yakni :

    • Dengan pembelian kredit
      Cara termudah adalah dengan menggunakan sistem pembelian kredit. Anda bisa mendapatkan sistem pembayaran ini melalui sarana lembaga pembiayaan atau dengan bantuan kredit perbankan.
      Cara ini akan cukup aman untuk menunjang Anda dengan wirausaha modal kecil untung besar yang Anda bangun. Asumsikan saja Anda mengambil kendaraan dengan besar kredit 4 juta setiap bulan. Dengan menyewakan kendaraan Anda 12 jam 400 ribu selama 10 hari saja, Anda sudah bisa menutup kebutuhan biaya. Dan sisa pendapatan Anda akan menjadi penghasilan usaha Anda.
    • Dengan cara menyewa
      Anda bisa menyewa kendaraan dari personal. Cara ini akan bekerja dengan cara yang sama dengan model pertama hanya saja dengan biaya lebih ringan namun tanpa hak kepemilikan. Misalkan dengan kontrak 3 tahun berbiaya 3 juta setiap bulan. Dengan cara ini Anda akan dimudahkan untuk mengupgrade mobil yang Anda miliki tanpa repot dengan inventaris lama Anda.
  3. Buat aturan dalam sistem sewa
    Resiko yang paling besar untuk Anda hadapi sebagai pemilik sebuah usaha rental mobil adalah masalah pencurian kendaraan. Karena itu Anda perlu menyusun sebuah sistem sewa yang dapat meningkatkan pengamanan untuk kendaraan Anda terutama dari kasus penipuan dan Beberapa usaha rental mobil belakangan tidak hanya sekedar meminta KTP, SIM dan surat-surat lain karena tidak selamanya menjanjikan keamanan. Mereka memaksimalkan pengamanan atas kendaraan mereka dengan menggunakan GPS tracker dan navigasi.
  4. Lakukan promosi
    Untuk bisa mendapatkan banyak konsumen, penting untuk Anda melakukan promosi. Sekalipun Anda hanya punya 1 kendaraan, promosi yang aktif tetap akan memberi manfaat besar. Anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak ketiga seperti usaha tour, hotel, guest house, restoran atau perusahaan untuk mendapatkan permintaan yang lebih kerap. Pemasaran klasik dengan koran atau via internet juga bisa membantu mendongkrak penjualan Anda.

Berikut tadi beberapa tips jitu dalam memulai wirausaha modal kecil untung besar dengan usaha rental mobil dengan modal terbatas. Siapa yang sangka dengan ketekunan Anda, usaha kecil ini akan berubah menjadi usaha sukses untuk Anda?

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

membangun bisnis

4 Tips Membangun Bisnis Kecil Agar Terlihat Besar Dan Profesional

Membangun bisnis seringkali harus dimulai dari sebuah bisnis kecil, apalagi jika Anda mengalami masalah permodalan. …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Tips Sukses Usaha Rental Mobil Dengan Modal Kecil

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Tips Sukses Usaha Rental Mobil Dengan Modal Kecil