Home » Entrepreneurship » Mengenali Rintangan Dalam Peluang Usaha Hijab

Mengenali Rintangan Dalam Peluang Usaha Hijab

usaha hijabUsaha hijab mempunyai prospek dan peluang usaha yang menjanjikan. Trend berbusana muslim di kalangan hawa memang sedang in belakangan ini. Tak heran kalau bisnis  dalam bidang busana muslim juga menjadi cukup menggiurkan untuk digarap. Bahkan bisa jadi saat ini Anda sendiri termasuk yang tertarik untuk menjajal peluang bisnis hijab dan busana muslim ini.

Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membahas mengenai peluang usaha jilbab dan baju muslim. Dimana dalam tulisan tersebut saya sertakan juga analisa usaha yang berguna bagi Anda yang berniat terjun dalam usaha tersebut secara nyata. Anda juga harus membaca tulisan tersebut agar memperoleh gambaran yang utuh mengenai peluang usaha hijab yang kita bahas kali ini.

Tapi jangan terburu-buru memasuki bisnis ini karena bagaimanapun cara terbijak dalam memasuki sebuah arena bisnis adalah dengan mengenali dengan baik setiap potensi sekaligus rintangan dan kendala yang mungkin akan Anda hadapi dengan menjalankan usaha pakaian muslim dan hijab ini.

Ibarat kata pepatah, makin tinggi pohon, maka makin kencang juga angin menerpanya. Semakin bagus potensi sebuah peluang usaha, maka akan semakin banyak pula rintangan yang siap menghadang. Bahkan bisnis termudah sekalipun akan menghadapi rintangan, baik rintangan dari luar maupun rintangan dari dalam, termasuk rintangan dari dalam diri si pengusaha. Dan pada kesempatan ini kami akan mencoba membuka wacana Anda mengenai apa saja rintangan dan halangan yang mungkin akan Anda hadapi dengan peluang usaha hijab ini.

6 Rintangan Dalam Peluang Usaha Hijab

  1. Persaingan yang ketat
    Salah satu kendala terbesar dalam menjalankan sebuah bisnis hijab dan busana muslim adalah masalah persaingan. Seiring dengan trend yang berkembang, permintaan akan busana muslim dan hijab juga berkembang pesat. Dari sanalah kemudian bermunculan pebisnis busana muslim dan hijab bak cendawan dan ini menciptakan suasana persaingan yang ketat.
    Persaingan yang ketat mendorong Anda harus sangat terampil mengatur strategi demi bisa memastikan produk yang Anda jual bisa laku di pasaran. Bagaimana menemukan pasar-pasar yang masih belum tersentuh dan bagaimana menarik perhatian pasar yang sudah terolah oleh pesaing.
  2. Sulitnya mendapatkan suplai
    Seiring dengan banyaknya pesaing yang menjalankan usaha dalam skala yang sama, maka permintaan suplai hijab dan busana muslim juga turut berkembang. Permintaan yang tinggi kadang tak selalu diimbangi dengan produksi yang sama besar.
    Ini menyebabkan kerap kali Anda kehabisan stok dari suplier. Malah kerap kali Anda terpaksa berebutan hanya untuk mendapatkan suplai dari produk terbaru yang baru saja rilis. Padahal permintaan di antara konsumen sebenarnya juga cukup tinggi hanya saja persediaan Anda tak selalu mampu memenuhinya.
  3. Model yang berkembang cepat
    Busana muslim bagaimanapun adalam dunia fashion dan mode yang bisa jadi terus berubah setiap saat dengan mengalirkan model-model terbaru. Situasi ini kerap kali menjadi problema tersendiri bagi pelaku usaha hijab dan busana muslim.
    Kadang ketika mereka memesan suplai dalam jumlah terbatas, permintaan terus datang bahkan ketika stok Anda sudah habis. Namun di sisi lain ketika Anda melakukan pembelian suplai dalam jumlah besar, justru stok tidak habis dan model baru sudah keburu muncul.
    Ketika model baru sudah muncul mau tidak mau Anda harus melakukan pembelian stok untuk model baru untuk mengikuti perkembangan. Akan dikemanakan sisa stok dari model lama Anda?
  4. Harga dasar yang tinggi
    Bagi beberapa kalangan mereka masih merasa keberatan ketika terpaksa membeli hijab dengan harga tinggi. Sementara kebanyakan produk hijab sendiri sudah dibandrol dengan harga dasar yang tinggi sehingga kadang tak memberi Anda banyak pilihan selain menjualnya kembali dengan harga tinggi.
    Ini memaksa  Anda harus menggali lebih dalam menemukan suplier yang siap memberi Anda stok barang dengan harga dasar yang lebih miring sehingga memberi Anda peluang untuk menjual lebih murah.
  5. Ada banyak model dan bahan yang harus Anda pahami
    Hijab sendiri terdiri dari beragam model dan bahan baku. Dan setiap model serta bahan baku kerap memiliki karakter masing-masing. Ini memaksa Anda untuk memahami istilah-istilah model dan bahan kain yang menjadi bahan pembuatan hijab.
    Proses pemahaman ini mau tidak mau akan memakan waktu Anda. Tetapi tak ada pilihan lain karena pasar memang membutuhkan informasi jelas mengenai produk dengan jelas, termasuk tingkat kenyamanan dan kemudahannya untuk dikenakan.
  6. Peka dengan perkembangan
    Mata Anda harus cukup mawas untuk melihat perkembangan trend. Trend bisa datang dari mana saja, bahkan dari busana muslim dan hijab yang dikenakan artis tertentu di sebuah event atau tayangan televisi. Tak semua orang memiliki kepekaan dasar terhadap fashion seperti ini.
    Kepekaan Anda akan membantu Anda melangkah cepat membaca minat baru dari pasar dan melakukan pembelian lebih awal menemukan model hijab dan busana muslim yang serupa dengan model yang muncul tadi.

Itulah tadi beberapa situasi dan kondisi terkait kendala dari peluang usaha hijab dan busana muslim. Dengan memahami beberapa kendala umum dari bisnis ini Anda akan lebih mudah melakukan tindakan preventif mengatasi masalah yang mungkin muncul dari peluang usaha hijab dan busana muslim.

sumber gambar usaha hijab: jenitaja.net

About Eva Herlita

Menempuh pendidikan formal bidang akuntansi , tak salah jika menjadi penjaga rubrik Keuangan di Pojok Bisnis. Pernah menjadi guru, sekarang lebih menikmati menjadi ibu rumah tangga yang senang bisnis. Karena itu selain menulis hal-hal berkaitan dengan keuangan dan akuntansi, ia juga berbagi pengalaman di seputaran bisnis ibu rumah tangga dan aneka usaha rumahan. Jika ada pertanyaan jangan segan ketik di kolom Comment. Jangan lupa share artikel melalui tombol sosial media yang tersedia. Siapa tahu ada diantara teman, saudara, atau kolega Anda yang sedang mencari artikel ini.

Check Also

6 Pilihan Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Kerja Kolaborasi

6 Pilihan Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Kerja Kolaborasi

Di era kekinian seperti sekarang ini rasanya memang bisnis bisa Anda jalankan dengan lebih mudah. …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Mengenali Rintangan Dalam Peluang Usaha Hijab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Mengenali Rintangan Dalam Peluang Usaha Hijab