Home » Entrepreneurship » Tips Sukses Usaha Dengan Modal Kecil Tapi Menjanjikan Dengan Bisnis Cuci Motor

Tips Sukses Usaha Dengan Modal Kecil Tapi Menjanjikan Dengan Bisnis Cuci Motor

Tips Sukses Usaha Dengan Modal Kecil Tapi Menjanjikan Dengan Bisnis Cuci MotorSalah satu usaha dengan modal kecil tapi menjanjikan adalah usaha cuci motor. Anda ingin memulai sebuah bisnis yang bisa menjanjikan hasil yang memuaskan namun terbentur dengan persoalan permodalan rasanya memang bisa menjajal ide satu ini, bisnis cuci motor. Bisnis ini bahkan bisa Anda mulai dengan modal kecil, cukup dengan bekal beberapa juta rupiah, namun dengan cepat pula dapat balik modal.

Tetapi tentu saja untuk mewujudkan bisnis pencucian motor menjadi usaha dengan modal kecil tapi menjanjikan tak semudah menjentikan jari. Anda perlu memahami beberapa tips untuk bisa menghasilkan sukses dari usaha sederhana semacam bisnis cuci motor.

Ide bisnis ini memang sederhana, bahkan sebenarnya banyak konsumen juga bisa menjalankan pekerjaan yang ditawarkan dengan mudahnya. Hanya karena kebanyakan orang yang terlalu sibuk untuk meluangkan waktu mereka sekedar untuk mencuci motor mereka. Kebanyakan sisanya cenderung malas untuk repot mencuci motor mereka sendiri.

Soal kesederhanaan juga bisa Anda lihat dari konsep usahanya. Anda tidak harus menggunakan bangunan besar untuk memulai usaha. Kadang pemilik usaha cuci motor cukup dengan menyewa lahan kecil untuk dibangun sebuah gubuk yang cukup untuk sekedar meneduhkan lokasi usaha kecil Anda ini. Bahkan beberapa pelaku usaha mengaku bisa memulai usaha dengan hanya kisaran 5 – 7 jutaan saja.

Meski usaha dengan modal kecil tapi menjanjikan hasil yang tak mengecewakan. Pada umumnya,  untuk sekali jasa cuci pelaku usaha cuci motor akan mengenakan tarif sekitar 5 – 10 ribuan. Mari kita estimasikan bahwa dalam sehari usaha Anda mencuci kisaran 30an motor, maka hasil Anda dalam satu bulan antara 150  sampai 300 ribuan. Dengan prosentasi keuntungan pada kisaran 30 % – 50 % artinya dalam satu hari saja Anda bisa mengantungi untung bersih relatif besar bukan?

Baca juga: Peluang Dan Analisa Modal Usaha Cuci Motor

Tetapi tentu saja untuk bisa mendapatkan konsumen sebanyak 30 orang diperlukan siasat bisnis yang tepat. Bukan mustahil karena faktanya banyak pemilik usaha cuci motor yang malah bisa menggarap lebih dari 40 motor dalam sehari.

Lalu tips apa yang bisa Anda jalankan untuk bisa menjadikan usaha cuci motor sederhana ini menjadi sebuah usaha dengan modal kecil tapi menjanjikan hasil besar? Beberapa ide berikut ini akan membantu Anda.

3 Tips Sukses Usaha Dengan Modal Kecil Tapi Menjanjikan Dengan Bisnis Cuci Motor

  1. Pilih lokasi dengan tepat
    Harus diakui masalah lokasi memang menjadi salah satu aspek paling penting dalam menjalankan bisnis pencucian motor. Karena lokasi yang akan menentukan sebaik apa Anda dapat menyerap dan menarik konsumen. Pastikan Anda memilih lokasi yang mendekati lokasi konsumen, dengan demikian konsumen menemukan nilai kepraktisan, tidak terlalu jauh dan repot mencuci motor. Mereka akan memilih layanan Anda dengan pertimbangan lokasi paling terjangkau karena mereka yang menjadi konsumen pencucian motor sebenarnya sangat mengedepankan unsur kepraktisan. Anda bisa pilih lokasi dekat kampus atau perkantoran, dekat perumahan atau pada area yang menjadi jalur perjalanan antara area pemukiman menuju perkantoran dan kampus.
  2. Promosi tepat
    Promosi dalam usaha cuci motor kadang tidak perlu serumit dengan bisnis lain. Memasang banner atau spanduk usaha dengan ukuran besar dan warna mencolok saja sudah cukup mampu menarik perhatian. Bila Anda membuka dekat aream perumahan, sebarkan liflet kecil sekedar untuk informasi keberadaan jasa layanan cuci motor dekat kediaman mereka. Sedang beberapa pelaku usaha di kawasan perkampusan cenderung memberi promosi cuci gratis setelah beberapa kali layanan untuk menarik perhatian mahasiswa yang cenderung berkantung lebih pas-pasan. Promosi yang tepat ini merupakan tips kedua dari usaha dengan modal kecil tapi menjanjikan dengan bisnis cuci motor.
  3. Layanan
    Namun lepas dari itu semua, layanan adalah titik terpenting untuk usaha Anda. Kebanyakan konsumen akan tetap memilih layanan cuci motor yang mencuci dengan cepat namun dengan tingkat kebersihan yang tinggi dan detil. Perhatikan kinerja karyawan Anda pastikan mereka bersedia cukup repot membersihkan bagian detil motor. Perhatikan juga jenis bahan pencucian Anda, kadang mengikuti perkembangan dengan memilih sabun cuci aroma khusus yang sedang disenangi bisa memberi Anda nilai lebih. Layanan tambahan bisa pula menjadi cara lain menarik perhatian seperti memberi ruang tunggu nyaman, menyediakan penjualan juice dan shake akan memberi kenyamanan lebih bagi mereka yang antri, dan tentu saja menambah penghasilan Anda.

Bagaimana menurut Anda? Tak sulit kan mengembangkan bisnis cuci motor dan menjadikannya sebagai usaha dengan modal kecil tapi menjanjikan hasil memuaskan? Siapa bilang Anda tak bisa mereguk hasil jutaan dari bisnis sederhana seperti pencucian motor?

sumber gambar: peluangusahasampingan99.blogspot.com

Baca Juga:

About Eva Herlita

Menempuh pendidikan formal bidang akuntansi , tak salah jika menjadi penjaga rubrik Keuangan di Pojok Bisnis. Pernah menjadi guru, sekarang lebih menikmati menjadi ibu rumah tangga yang senang bisnis. Karena itu selain menulis hal-hal berkaitan dengan keuangan dan akuntansi, ia juga berbagi pengalaman di seputaran bisnis ibu rumah tangga dan aneka usaha rumahan. Jika ada pertanyaan jangan segan ketik di kolom Comment. Jangan lupa share artikel melalui tombol sosial media yang tersedia. Siapa tahu ada diantara teman, saudara, atau kolega Anda yang sedang mencari artikel ini.

Check Also

cara memulai usaha dengan modal kecil

5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Berkali-kali kami mengulas mengenai bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil. Memang kami sangat berharap …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Tips Sukses Usaha Dengan Modal Kecil Tapi Menjanjikan Dengan Bisnis Cuci Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Tips Sukses Usaha Dengan Modal Kecil Tapi Menjanjikan Dengan Bisnis Cuci Motor