Tips Bisnis Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Pebisnis

Tips Bisnis Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga PebisnisDalam banyak ulasan kami sebelumnya, kami sempat mengulas mengenai apa saja ide-ide menarik yang bisa Anda realisasikan sebagai bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga. Namun demikian masih saja banyak ibu rumah tangga yang ragu untuk memulai langkah pertama mereka dalam bisnis. Keraguan ini kebanyakan berasal dari kesadaran mereka akan keterbatasan yang mereka miliki untuk bisa terjun bebas dalam dunia bisnis.

Tak dipungkiri, kata terjun bebas mungkin terasa kurang tepat untuk diaplikasikan dalam kasus ibu rumah tangga yang menggeluti dunia bisnis. Komitmen mereka untuk tetap mempertahankan status mereka sebagai ibu rumah tangga akan membuat mereka harus mampu untuk mengatur waktu sedemikian rupa sehingga terjadi keseimbangan antara bisnis dan tugas mereka dalam menjalankan aktivitas rumah tangga.

Lalu bagaimana seharusnya menjalankan bisnis bagi ibu rumah tangga? Berikut ini adalah beberapa tips bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga pebisnis.

Baca juga: Peluang Bisnis Coklat Rumahan Nan Menggoda Selera

6 Tips Bisnis Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Pebisnis

  1. Berhenti untuk kaku
    Dalam salah satu wawancara dengan seorang pebisnis online asal USA yang juga menjalankan aktivita rumah tangga dengan 4 anak, Nellie Akalp, dikatakan dia menerapkan prinsip let it go. Artinya menentukan gambaran besar dari program hariannya dan membiarkan segala berjalan sesuai kondisi yang terjadi pada hari itu. Berhenti untuk kaku dan menuntut kesempurnaan dalam segala hal karena itu akan membuat Anda lelah dan akhirnya tidak dapat mencapai apapun.
  2. Siapkan segalanya dengan cara praktis
    Anda bisa luangkan satu waktu Anda untuk memasak hidangan siap saji rumahan seperti ayam siap goreng atau bakar, rendang, sayuran yang sudah dipotongi dan Anda bekukan dalam freezer, rollade dan masih banyak menu lain. Anda memang harus memasak sedikit lebih lama di satu waktu, tetapi akan memberi Anda waktu yang berkali lebih singkat di hari-hari lain dalam memasak. Lakukan hal serupa dalam bidang lain untuk membantu Anda mengelola waktu lebih baik. Mengelola waktu untuk bisnis dan untuk keluarga merupakan salah satu bagian penting dari tips bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga.
  3. Libatkan anak-anak
    Seorang ibu pemilik usaha dengan 3 orang anak asal Kanada, Joanna Strober memilih meluangkan waktunya untuk mengajarkan anak-anak mereka lebih mandiri. Dan dalam waktu singkat ketiga anaknya bisa melakukan banyak aktivitas sederhana tanpa bantuan sang ibu. Di satu sisi ini akan membantu meringankan beban sang ibu, sedang di sisi lain juga membantu anak belajar lebih mandiri.
  4. Multitaksing
    Kebanyakan pakar melihat multitasking sebagai konsep yang seharusnya tidak dijalankan. Tetapi faktanya banyak ibu rumah tangga yang menjalankan ide ini dalam menyelaraskan bisnis dan urusan rumah tangga mereka. Biarkan si kecil ada di sisi Anda dengan permainan mereka atau tugas sekolah mereka, sementara Anda merampungkan beberapa urusan bisnis Anda. Tak dipungkiri kadang mereka akan meminta perhatian Anda sesaat untuk menanyakan pekerjaan atau membantu mereka dengan permainan mereka. Tetapi ingat bagaimanapun multitasking kadang bisa memunculkan masalah terutama urusan konsentrasi, jadi pastikan Anda melakukannya ketika kondisi emosi dan kesehatan Anda sedang baik, tidak dalam hectic dan hindari mengerjakan lebih dari 2 hal sekaligus.
  5. Libatkan bantuan
    Anda bukan superhero yang dapat merampungkan seluruh tugas Anda tanpa kecuali. Jadi Anda perlu untuk meminta kerjasama seluruh bagian keluarga untuk memahami keterbatasan Anda. Kadang keluarga bisa membantu pekerjaan Anda dalam porsi mereka masing-masing. Anda juga tidak perlu ragu untuk mengeluarkan sedikit biaya merekruit tenaga kerja.  Bisa untuk menjadi asisten Anda dalam tugas dan bisnis Anda atau malah membantu Anda merampungkan urusan rumah tangga. Dengan Anda bekerja di rumah bersama anak-anak, Anda sudah memotong banyak biaya seperti biaya sewa ruang usaha dan biaya transportasi. Alihkan saja penghematan ini untuk mendapatkan lebih banyak bantuan.
  6. Perhatikan masalah waktu
    Beberapa ibu pebisnis kemudian memilih untuk menekuni bisnis mereka di malam hari dengan meluangkan waktu tidur mereka di depan pekerjaan. Bukan ide buruk sebenarnya karena di jam seperti ini Anda memang akan lebih leluasa bekerja tanpa gangguan. Namun di sisi lain aktivitas malam bisa membuat Anda kurang istirahat. Jadi pastikan menemukan jam istirahat pengganti di jam lain. Atau alih-alih bekerja di malam hari coba tidur lebih awal dan bangun lebih awal untuk bekerja di saat keluarga lain belum bangun. Ini kadang akan lebih efektif untuk Anda, tanpa terlalu menguras waktu istirahat Anda.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga punya tips bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga pebisnis seperti Anda? Bisa saja rahasia bisnis rumahan Anda akan menjadi kunci sukses pebisnis rumahan yang lain kan?

sumber gambar: modernmami.com

Tips Bisnis Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Pebisnis

TULISKAN KOMENTAR DISINI

Tips Bisnis Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Pebisnis