Strategi Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

Franchise Yang Cocok Jadi Bisnis Sampingan Yang MenjanjikanJangan biarkan status karyawan menghalangi keinginan Anda untuk menjadi pengusaha. Anda dapat “belajar” jadi pengusaha sambil tetap mendapatkan gaji sebagai karyawan salah satunya dengan memilih franchise sebagai sebuah bisnis sampingan yang menjanjikan.

Maraknya pelaku usaha menawarkan kerjasama lewat sistem franchise semakin mempermudah mereka yang ingin memiliki usaha, tidak terkecuali yang masih berstatus karyawan. Sistem franchise bisa menjadi salah satu alternatif bisnis sampingan yang menjanjikan. Namun tidak semua bisnis franchise cocok untuk dijadikan bisnis sampingan. Selain itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan berkaitan dengan status Anda sebagai karyawan, yaitu pengawasan terhadap usaha Anda.

Kenapa franchise cocok dijadikan sebagai bisnis sampingan? Pertama, dengan membeli franchise Anda dapat meminimalisir resiko kegagalan. Karena sebelum difranchisekan sebuah usaha harus menunjukkan eksistensi pencapaiannya di dunia usaha. Usaha franchise biasanya sudah teruji dan memiliki brand, sehingga resiko kegagalannya lebih kecil dibanding jika Anda memulai usaha sendiri dari awal.

Keuntungan kedua, Anda tidak perlu memulai usaha dari nol. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa bisnis franchise sudah dikenal dan memiliki brand. Anda tidak perlu memulai usaha dari nol, seperti riset produk, tes market, menyusun strategi marketing, dan lain sebagainya. Semau hal itu sudah dilakukan oleh pihak franchisor. Jadi membeli usaha franchise tidak akan mengganggu pekerjaan Anda.

Bandingkan bila Anda harus memulai usaha sendiri dari awal, Anda harus all out dalam proses merintis usaha baru. Hal yang sulit dilakukan pagi seorang karyawan bila harus membagi waktu dengan pekerjaan kantor.

Baca juga: 5 Inspirasi Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan, Anda harus memilih usaha yang sesuai dengan minat atau hobi Anda. Memilih bidang usaha sesuai hobi dapat meningkatkan gairah dan kepercayaan diri dalam menjalani bisnis. Lagi pula sedikit bayak Anda pasti menguasai bidang tersebut. Dan tentu saja karena berangkat dari hobi, maka Anda akan lebih enjoy menjalaninya.

5 Franchise Yang Cocok Jadi Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

Berikut ini beberapa franchise yang cocok untuk dijadikan bisnis sampingan yang menjanjikan:

  1. Kuliner
    Bisnis makanan dan minuman masih menjadi promadona. Selama manusia membutuhkan makanan dan minuman, maka usaha kuliner akan tetap dibutuhkan. Ada banyak sekali franchise makanan yang dapat Anda jadikan pilihan, mulai dari makanan utama, makanan pelengkap, juga aneka franchise minuman. Harganya pun beragam, mulai dari Rp 1,5 juta hingga ratusan juta. Lebih lengkap dapat dilihat di artikel berjudul 10 Franchise Makanan Terlaris Di Indonesia.
  2. Jasa Kurir
    Siapa tahu kantor Anda membutuhkan jasa kurir untuk mengirim dokumen atau barang, selain itu Anda juga dapat menggandeng perusahaan lain yang Anda kenal untuk memasukkan pengiriman dokumen dan barang menggunakan jasa kurir Anda.
    Frachise JNE dan peluang Agen POS Indonesia menjadi pilihan tepat untuk bidang jasa kurir ini.
  3. Kesehatan dan Kecantikan
    Kesehatan dan kecantikan juga termasuk salah satu bidang yang everlasting, tak pernah ada matinya. Itu karena semua orang ingin sehat, semua wanita ingin tampil cantik.
  4. Tour and Travel
    Pertumbuhna kelas menengah dan menjamurnya acara jalan-jalan di televisi membuat bisnis tour and travel ini semakin mencorong.
  5. Cuci Mobil dan Motor
    Anda suka otomotif? Coba franchise cuci mobil dan motor.

Itu hanya lima contoh, Sahabat PoBis, diluar lima contoh tersebut masih banyak franchise yang cocok jadi bisnis sampingan yang menjanjikan.

Strategi Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

Karena Anda menjalaninya sebagai bisnis sampingan, maka pengawasan merupakan hal yang penting. Karena Anda sebagai karyawan tidak akan bisa terus menerus mengawasi karyawan dan usaha Anda. Untuk itu beberapa metode dapat Anda terapkan:

  • Menerapkan bahan baku per porsi
    Dengan menerapkan bahan baku per porsi Anda akan lebih mudah dalam menghitung persediaan dan penjualan.
  • Supervisor
    Anda dapat menggaji seorang supervisor yang dapat dipercaya untuk dapat mengelola operasional harian bisnis. Sehingga Anda tinggal mengawasi dan mengontrol keuangan usaha.
  • Kamera CCTV
    Anda dapat langsung mengawasi jalannya bisnis melalui kamera CCTV.
  • Kasir Online
    Dengan sistem kasir online Anda dapat mengontrol pemasukan dan pengeluaran dari jauh. Salah satu yang sudah menggunakan kasir online adalah Waroeng Cabe.

Sudah siap rangkap jabatan Sahabat PoBis? Sebagai karyawan dan pengusaha? Ayo coba usaha franchise sebagai suatu bisnis sampingan yang menjanjikan.

Strategi Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

TULISKAN KOMENTAR DISINI

Strategi Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan