Home » Entrepreneurship » Penyusunan Rencana Usaha Dengan 10 Software Business Plan Pilihan (Bag.2)

Penyusunan Rencana Usaha Dengan 10 Software Business Plan Pilihan (Bag.2)

penyusunan rencana usahaPenyusunan rencana usaha makin mudah dengan software bisnis plan. Berikut ini 10 software pilihan untuk Anda yang sedang menyusun rencana bisnis. Selain itu Anda juga dapat melihat contoh bisnis plan sederhana yang kami sajikan di artikel lain dalam web PojokBisnis ini.

Pada kesempatan sebelumnya, saya sudah mengulas mengenai membuat perencanaan bisnis dengan 10 sofware bisnis plan pilihan, dalam tulisan itu terdapat urutan 1-5 dari software business plan berdasar hasil review dari majalah PC MAG, maka pada kesempatan kali ini kami akan melanjutkan daftar urutan ke 6 sampai 10 dari review software business plan yang akan membantu Anda lebih mudah dalam penyusunan rencana usaha untuk bisnis Anda.

Setiap usaha sebenarnya membutuhkan sebuah perencanaan kerja atau business plan. Dan semakin besar tingkat kebutuhan Anda bagi Anda yang berencana memulai sebuah usaha, bermaksud untuk menemukan investor untuk perkembangan usaha, menemukan pinjaman yang siap membantu kebutuhan modal usaha Anda atau justru tertarik untuk mengembangkan sebuah ide dalam bisnis Anda.

Penyusunan rencana usaha dalam bentuk business plan memiliki banyak manfaat seperti membantu Anda melakukan perencanaan lebih matang mengenai bisnis Anda, mulai dari rencana kebutuhan modal, rencana real mengenai aspek pemasaran, produksi sampai aspek manajemen juga mengenai aspek perkiraan pendapatan. Business plan juga membantu Anda memahami peta dari usaha Anda dengan lebih dalam, termasuk peta persaingan dan kondisi pasar.

Semakin Anda matang dalam penyusunan rencana usaha Anda, maka semakin baik kemampuan Anda untuk meyakinkan pihak ketiga seperti pemodal, investor atau kreditur kemampuan usaha Anda dalam mendapatkan keuntungan.

Dan untuk membantu Anda yang kesulitan dalam penyusunan rencana usaha, setelah kami mengulas urutan 1 – 5 software business plan di sini, berikut ini adalah urutan 6 – 10 software business plan untuk Anda lebih mudah menemukan bantuan yang tepat untuk pengembangan usaha Anda.

10 Software Business Plan Untuk Penyusunan Rencana Usaha

  1. Atlas Business Solution
    Mudah untuk Anda gunakan karena menggunakan sistem aplikasi menyerupai interview. Tampilan dan proses penyusunan juga cenderung sederhana jadi mudah untuk dipahami. Dengan harga internasional $ 99, produk ini sudah disertai dengan Quick Book.
    Namun banyak bagian dari layanan software ini menggunakan sistem manual, sehingga dianggap kurang praktis. Anda akan sangat bergantung pada layanan formasi keuangan dari luar termasuk Quick Book untuk bisa menggunakan software ini dengan praktis.
  2. Enloop
    Bicara soal software business plan, yang satu ini sudah jelas menjadi jawara murah. Soal harga, untuk pasar internasional hanya dibandrol dengan nilai $9, 95, bahkan sampai lebih murah dari Liveplan dan Strat Pad.
    Sejak awal dengan harga demikian miring, Enloop memang khusus dibuat untuk para pebisnis pemula. Konsep aplikasi dan input datanya cenderung sederhana dan mudah,banyak sistem custom yang bisa Anda lakukan untuk penyesuaian dengan model bisnis Anda dan disertai banyak sistem otomatis yang memudahkan pengoperasian.
    Namun karena memang dipersembahkan khusus untuk bisnis kecil, maka ada begitu banyak fitur yang tidak tersedia dalam software ini dan membuatnya tidak cocok digunakan untuk bisnis atau rencana yang lebih rumit.
  3. iPlanner Net
    Soal harga, yang satu ini tergolong tidak mahal. Harga Internasionalnya hanya senila $ 22. Memiliki kemudahan dalam layanan, mudah dipahami dan mudah pula dioperasikan. Terdapat multilingual yang membantu Anda dengan keterbatasan bahasa. Sudah pula disempurnakan dengan beragam pilihan mata uang sehingga bisa Anda kembangkan dalam bentuk lokal.
    Sayangnya dengan harga ini Anda akan menemukan banyak keterbatasan dan beberapa fitur yang tidak tersedia. Beberapa sistem custom tidak tersedia sehingga menyebabkan aplikasi ini tidak tepat digunakan untuk bisnis yang rumit.
  4. Oneplace
    Dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan iPlanner Net, software business plan satu ini hadir dengan fitur unik sistem kolaborasi dalam proses penggarapan business plan. Disertai dengan sejumlah fitur manajemen tools dan kemampuan untuk melibatkan pihak ketiga dalam sistem.
    Namun banyak pelaku bisnis melihat Oneplace lebih memiliki kekuatan sebagai manajemen planning atau perencanaan manajemen ketimbang business plan. Anda memiliki banyak tools terkait manajemen proyek, tetapi lemah dalam beberapa sistem platform business plan.
  5. The Business Plan Shop
    Anda yang sudah siap dengan rencana bisnis yang matang, membutuhkan sebuah platform yang luwes dengan banyak sistem custom dan adaptasi, namun dengan sistem standar yang siap memandu Anda, pilihan yang satu ini jelas bisa Anda gunakan.
    Soal harga memang tidak terlalu murah, tetapi masih di bawah Go SmallBiz. Sayangnya dengan banyaknya custom yang bisa Anda lakukan, justru Anda bisa jadi kehilangan haluan dan menyusun business plan dengan tidak tepat. Sistem standar yang tersedia bisa memandu Anda tetapi tidak mengedukasi Anda memahami standar business plan.

Itulah tadi urutan ke 6 sampai ke 10 dari peringkat dan review software business plan yang bisa menjadi pilihan Anda ketika membutuhkan bantuan sistem dalam penyusunan rencana usaha untuk bisnis yang Anda kembangkan.

 

sumber gambar penyusunan rencana usaha: articles.bplans.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

membangun bisnis

4 Tips Membangun Bisnis Kecil Agar Terlihat Besar Dan Profesional

Membangun bisnis seringkali harus dimulai dari sebuah bisnis kecil, apalagi jika Anda mengalami masalah permodalan. …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Penyusunan Rencana Usaha Dengan 10 Software Business Plan Pilihan (Bag.2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Penyusunan Rencana Usaha Dengan 10 Software Business Plan Pilihan (Bag.2)