Home » Entrepreneurship » Panduan Lengkap Cara Memulai Usaha Baru (Bag.1)

Panduan Lengkap Cara Memulai Usaha Baru (Bag.1)

Panduan Lengkap Cara Memulai Usaha BaruBagaimana cara memulai usaha baru? Tak diragukan lagi, Sahabat PoBis, memulai usaha baru membutuhkan kerja keras, banyak hal yang harus dilakukan. Namun dengan ide yang bagus, kreatifitas, etos kerja yang kuat, dan sumber daya yang baik, tidak mustahil Anda dapat meraih sukses dalam berbisnis. Dalam memulai usaha baru, Anda harus berpikir keras untuk membuat konsep bisnis, menulis bisnis plan, memahami sisi keuangan, hingga akhirnya merumuskan strategi pemasaran dan peluncuran.

Karena banyak hal harus dibahas pada topik kali ini saya akan memecahnya menjadi 6 bagian. Agar Anda yang hendak memulai usaha baru bisa mendapatkan gambaran utuh mengenai poin-poin penting dan langkah demi langkah cara memulai usaha baru.

BAGIAN 1: PONDASI BISNIS

  1. Tentukan Tujuan Anda.
    Apakah Anda ingin kemandirian finansial? Apakah Anda ingin sesuatu yang berkelanjutan, dan ingin memperoleh penghasilan tetap dari bisnis Anda? Anda harus mempunyai tujuan jangka pendek, menengah dan panjang. Jadi segera tentukan sekarang, apa tujuan Anda terjun dalam dunia usaha? Apa yang ingin Anda capai dalam satu sampai dua tahun mendatang? Bagaimana bayangan tentang Anda dan bisnis Anda satu sampai dua tahun mendatang? Visi misa ini akan menjadi landasan bagi tiap langkah Anda berikutnya.
  2. Pilih Satu Ide Bisnis.
    Temukan ide bisnis apa yang hendak Anda geluti. Apakah hendak menjual barang atau jasa? Lakukan brainstorming untuk menemukan ide bisnis yang mungkin cocok untuk Anda. Tuliskan semua ide bisnis yang ada di kepala Anda. Apabila Anda memiliki minat, bakat, pengalaman, pengetahuan, keahlian dalam bidang tertentu, itu akan menjadi lebih mudah. Apakah minat, bakat, pengalaman, pengetahuan atau keahlian Anda dapat diterapkan untuk sebuah bisnis dan memenuhi permintaan pasar atau satu ceruk pasar? Jika iya, fokus ide bisnis pada bidang yang Anda kuasai atau menjadi minat Anda. Menggabungkan keahlian atau pengetahuan dengan permintaan pasar akan meningkatkan peluang Anda memiliki ide bisnis yang sukses. Dan ini bisa menjadi cara memulai usaha baru dengan sangat tepat jika memulainya dengan hal yang Anda kuasai atau sukai.
    Sebagai contoh, Anda mungkin telah bekerja di perusahaan elektronik sebagai karyawan selama bertahun-tahun. Di saat yang sama Anda melihat ada permintaan pasar di daerah Anda untuk bentuk tertentu dari pekerjaan listrik. Maka dengan menggabungkan pengalaman bekerja beberapa tahun di perusahaan listrik, dengan permintaan pasar dapat memungkinkan Anda untuk menarik pelanggan.
  3. Temukan Sebuah Nama.
    Anda mungkin telah menemukan sebuah nama untuk bisnis pada tahap awal sebelum Anda menemukan ide bisnis yang tepat. Jika demikian, maka nama bisnis tersebut dapat membantu Anda lebih fokus pada hal tertentu dalam brainstroming proses pencarian ide bisnis. Namun, jangan sampai Anda terjebak pada kebingungan mencari nama yang baik pada tahap awal perencanaan bisnis. Bisa-bisa Anda kelamaan berkutat mencari nama, sehingga tidak kunjung melangkah pada tahap selanjutnya dari cara memulai usaha baru ini. Toh selama masih dalam proses perencanaan, nama tersebut dapat Anda ganti.
    Pastikan nama tersebut tidak sedang digunakan oleh orang lain. Cobalah untuk membuat nama yang sederhana, mudah diucapkan, dan mudah diingat.
  4. Tentukan Tim Anda.
    Apakah bisnis ini akan Anda jalani seorang diri, atau akan mengajak serta satu atau dua teman yang Anda percaya untuk bergabung. Sebuah tim akan menghasilkan sinergi yang lebih baik. Penggabungan ide dua atau tiga orang sering dapat menciptakan sesuatu yang lebih besar dibanding ide satu orang. Cara memulai usaha baru yang baik adalah dengan membentuk sebuah tim yang solid.
    Coba lihat beberapa kisah sukses terbesar, seperti John Lennon dan Paul McCartney; Bill Gates dan Paul Allen; Steve Jobs dan Steve Wozniak; dan Larry Page dan Sergey Brin.
    Lihat ke dalam diri Anda, cari tahu bidang yang menjadi kelemahan Anda, bidang yang tidak Anda kuasai, atau bisa jadi satu bidang yang Anda buta sama sekali. Nah, menemukan mitra kompatibel dengan kepribadian Anda yang dapat mengisi kesenjangan pengetahuan atau keterampilan Anda, merupakan jalan tol kesuksesan usaha Anda.
  5. Pilih Mitra Anda Dengan Bijaksana.
    Ketika memilih orang yang akan menjadi mitra dalam bisnis Anda, berhati-hatilah. Bahkan jika itu adalah saudara atau teman terbaik Anda sekalipun, itu tidak berarti bahwa Anda akan bermitra dengan baik dalam operasional usaha. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih mitra adalah:
    – Apakah orang tersebut dapat melengkapi kelemahan Anda? Jika Anda dan mitra Anda memiliki satu ketrampilan yang sama, maka berhati-hatilah, karena terlalu banyak orang melakukan hal yang sama, sementara ada hal lain yang diabaikan.
    – Apakah memiliki misi dan visi yang sama? Jika berbeda visi dan misi, maka dapat dipastikan perpecahan yang sulit diperbaiki akan menghadang bisnis Anda. Karena itu pastikan tim Anda memiliki misi dan visi yang sama.
    – Obyektif menilai orang. Berusahalah untuk obyektif dalam menilai orang.

Demikian bagian pertama dari enam bagian artikel mengenai cara memulai usaha baru. Jangan Cuma dibaca ya Sahabat PoBis.. Ambil kertas, tuliskan ide-ide Anda di kertas tersebut. Karena di bagian kedua dari cara membuka usaha baru ini nanti kita akan membahas tentang rencana bisnis atau bisnis plan.

sumber gambar: myworldofwork.co.uk

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

cara memulai usaha dengan modal kecil

5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Berkali-kali kami mengulas mengenai bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil. Memang kami sangat berharap …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Panduan Lengkap Cara Memulai Usaha Baru (Bag.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Panduan Lengkap Cara Memulai Usaha Baru (Bag.1)