Home » Entrepreneurship » Membuat Perencanaan Bisnis Dengan 10 Software Bisnis Plan Pilihan (Bag.1)

Membuat Perencanaan Bisnis Dengan 10 Software Bisnis Plan Pilihan (Bag.1)

Membuat Perencanaan Bisnis Dengan Software Bisnis Plan PilihanMembuat perencanaan bisnis tidak lagi serumit dulu, kini tersedia banyak software bisnis plan yang siap membantu Anda. Sehingga siapa saja dapat dengan mudah membuat bisnis plan layaknya seorang profesional. Dan membuat rencana bisnis bukan lagi jadi momok yang menakutkan bagi seorang pengusaha.

Pada kesempatan sebelumnya kami telah mengulas mengenai cara membuat perencanaan bisnis. Saya juga pernah memberikan contoh bisnis plan sederhana pada kesempatan sebelumnya.

Untuk Anda yang membutuhkan sebuah perencanaan bisnis dan terbentur dengan kendala keterbatasan pengetahuan Anda dalam menyusun rencana bisnis sesuai standar kebutuhan dunia bisnis, Anda bisa menggunakan dua cara umum dalam mendapatkan bantuan, yaitu membuat bisnis plan dengan menyewa jasa atau dengan menggunakan software. Silakan klik pada link tersebut untuk melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan tersebut.

Pada kesempatan ini kami akan membantu Anda menemukan 10 software bisnis plan untuk PC yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan membuat perencanaan bisnis. Rangking yang kami ajukan di sini sepenuhnya merujuk pada salah satu lembaga review online di bawah pengelolaan PCMAG.

Software Bisnis Plan Pilihan Untuk Membuat Perencanaan Bisnis

  1. Liveplan
    Salah satu yang populer belakangan ini di pasar bisnis Indonesia ini ternyata banyak mendapatkan review positif, bahkan masuk dalam peringkat pertama dalam daftar PC MAG. Dengan biaya, Anda bisa mengunduh dengan harga yang terbilang terjangkau.
    Software rencana bisnis ini sendiri memiliki beberapa kelebihan seperti sistem penyusunan yang detil dan sangat membantu pelaku usaha yang masih buta dengan rencana bisnis. Juga tersedia fitur custom, berupa adaptasi untuk memudahkan template dan platform disesuaikan dengan model usaha Anda, juga ditambahkan sistem konsultasi terintegrasi.
    Hanya saja beberapa orang menganggap prosedur penyusunan yang cenderung rumit kadang membuat beberapa pengguna amatir merasa tersesat dalam proses pengisian form. Meski sebenarnya form yang detil ini bertujuan untuk menghasilkan informasi dan akurasi proyeksi yang tepat.
  2. Go SmallBiz
    Software ini termasuk jenis yang dibandrol dengan harga relatif tinggi dari jenis software sejenisnya. Tetapi memang memiliki banyak kelebihan dalam kemudahan pengisian data yang memang sengaja dibuat untuk membantu Anda yang masih buta sama sekali dengan urusan membuat perencanaan bisnis.
    Anda tidak hanya bisa menyusun proyeksi dan estimasi di sini, tetapi juga melakukan penyusunan laporan keuangan dan melakukan beberapa perhitungan rasio kondisi ekonomi dari usaha Anda. Serta mendapatkan sistem pembimbingan dari tenaga konsultan yang sudah ahli.
    Hanya saja software ini tidak memiliki cukup ragam model template dan tidak memiliki cukup fitur untuk penyesuaian. Ini membuat layanan aplikasi ini hanya terbatas untuk jenis bisnis yang umum saja.
  3. EquityNet
    Yang satu ini juga membandrol layanannya dengan harga yang relatif mahal. Malah di Amerika sendiri dibandrol dengan harga mencapai $199, dua kali dari layanan Go SmallBiz. Tetapi dengan klaim sebagai salah satu software rencana bisnis dengan standar susunan terbaik, konon template yang tersedia bahkan menjadi standar bagi banyak perusahaan besar profesional.
    Untuk Anda dengan bisnis yang rumit, dengan proyeksi dan jangkauan besar serta cakupan bisnis yang lebih besar, platform ini bisa menjadi pilihan terbaik. Tetapi untuk Anda dengan bisnis skala kecil, rasanya platform yang disediakan bisa jadi malah terkesan berlebihan.
  4. PlanGuru
    Software ini melayani dengan harga yang berada dalam strata menengah. Untuk pasar internasional produk software ini dibandrol dari harga $ 99. Kelebihan utama dari layanan ini adalah kemampuannya dalam melakukan perhitungan, akurasi proyeksi dan akurasi estimasi.  Juga disempurnakan dengan sistem integrasi dengan quickbooks yang memudahkan Anda menjaringnya dengan laporan keuangan usaha.
    Tetapi beberapa pakar bisnis melihat layanan ini tidak memiliki fitur-fitur dan aplikasi penyusunan yang cenderung sulit dipahami. Juga ditambah dengan keterbatasan template tanpa adanya fitur penyesuaian dengan jenis dan model bisnis Anda.
  5. StratPad
    Bila Anda mencari software dengan harga yang terbilang rendah, layanan yang satu ini jelas bisa menjadi pilihan. Harga layanan yang tergolong murah sangat cocok menjadi pilihan bisnis skala kecil dalam membuat perencanaan bisnis yang cukup profesional. Anda bahkan akan mendapatkan fitur project management tools.
    Hanya saja sebenarnya, rencana bisnis yang disajikan oleh software ini hanya bersifat sebagai starting point atau rencana awal dengan sistem yang kurang mendetil. Layanan ini dikatakan hanya cocok untuk Anda dengan konsep yang sudah matang sehingga hanya membutuhkan sedikit bantuan dalam mengorganisir data.

Itu tadi 5 peringkat pertama dari beragam jenis software bisnis plan berdasar review dari PC MAG. Masih ada 5 lagi software bisnis plan yang akan kami informasi kan untuk membantu Anda membuat perencanaan bisnis.

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

cara memulai usaha dengan modal kecil

5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Berkali-kali kami mengulas mengenai bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil. Memang kami sangat berharap …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Membuat Perencanaan Bisnis Dengan 10 Software Bisnis Plan Pilihan (Bag.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Membuat Perencanaan Bisnis Dengan 10 Software Bisnis Plan Pilihan (Bag.1)