Home » Entrepreneurship » 4 Tips Membangun Bisnis Kecil Agar Terlihat Besar Dan Profesional

4 Tips Membangun Bisnis Kecil Agar Terlihat Besar Dan Profesional

membangun bisnisMembangun bisnis seringkali harus dimulai dari sebuah bisnis kecil, apalagi jika Anda mengalami masalah permodalan. Memiliki sebuah bisnis kecil sebenarnya cukup memberi Anda keuntungan. Setidaknya sementara Anda masih terjebak dalam masalah permodalan yang terbatas dan penjualan yang belum stabil, ada baiknya memang bertahan dengan bisnis kecil Anda ketimbang membuatnya menjadi sebuah bisnis besar.

Masalah baru muncul ketika Anda berhadapan dengan keinginan kebanyakan konsumen, lebih tepatnya kenyamanan kebanyakan konsumen untuk membeli produk dari perusahaan besar dengan pertimbangan jaminan dan kepastian. Jika Anda mash dalam tahap awal membangun bisnis, Anda dapat mengikuti tulisan  yang saya tulis lengkap dalam 4 seri Panduan Lengkap Cara Membuka Usaha Baru.

Satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan posisi cukup baik di pasar adalah dengan menyamarkan keberadaan bisnis Anda sebagai bisnis kecil dengan menjalankan beberapa tips bisnis kecil berikut. Tips bisnis kecil ini akan membantu Anda membangun bisnis seolah bisnis Anda cukup besar, cukup menjanjikan dan cukup memberi jaminan kualitas untuk produk Anda.

Bagaimanapun, Anda harus terlihat profesional, sehingga calon konsumen tidak ragu untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dan beberapa tips bisnis kecil yang akan membantu Anda terlihat sebagai bisnis besar profesional  bisa Anda lihat dalam daftar berikut ini.

Tips Membangun Bisnis Kecil Agar Terlihat Sebagai Bisnis Besar

  1. Segera bangun website
    Kebanyakan pelaku usaha kecil mengabaikan urusan untuk terjun dalam dunia maya dengan serius. Bilapun mereka tidak bisa menjadikan bisnis mereka besar karena terbentur dengan persoalan modal dan penjualan, setidaknya stabilkan eksistensi Anda di pasar dengan membangun sebuah website sebagai profil usaha, portal penawaran dan sebagai pusat transaksi Anda.
    Di jaman serba modern seperti sekarang urusan membuat website sama sekali tidak sulit, bahkan hampir sama mudahnya dengan membuat sebuah akun facebook. Anda juga bisa mencari jasa web desain dan web developer dengan kualitas cukup baik di banyak media market place freelance yang bertebaran di dunia maya. Atau gunakan saja low cost tools untuk pembuatan website sederhana.
    Dengan website Anda bisa membangun komunikasi lebih baik dengan konsumen dan calon konsumen, melakukan penjualan dan penawaran dengan lebih efektif termasuk dengan merambah pasar mobile.
  2. Aktif dengan sosial media
    Jangan mengesampingkan peran sosial media dalam proses membangun bisnis. Lebih dari separuh dari pasar modern dewasa ini adalah pengguna aktif sosial media. Dan di sanalah kebanyakan dari mereka berada dalam sehari-harinya di dunia maya, setidaknya 1 – 3 jam dalam sehari. Bukan berlebihan kalau selalu Anda disarankan untuk aktif dengan sosial media. Bahkan perusahaan yang memang besar sungguhan saja terjun di dunia maya, kenapa Anda tidak?
    Temukan sosial media apa yang bisa membantu Anda menembak pasar potensial Anda dengan efektif, temukan cara terbaik berpromosi di dalamnya dan temukan bagaimana mengelola akun sosial media Anda dengan efektif. Kadang Anda memang perlu merekruit seorang admin untuk membantu Anda dengan akun sosial media ini.
    Temukan informasi lengkapnya di artikel Cara Usaha Dengan Memanfaatkan Sosial Media.
  3. Siapkan modal lebih dalam pemasaran
    Pasar melihat sebuah perusahaan besar sebenarnya cukup dengan menilai eksistensi sebuah perusahaan di pasar. Jadi penting sekali bagi Anda yang sedang membangun bisnis kecil untuk lebih eksis di pasar. Dan itu sebabnya kami katakan, siapkan modal lebih untuk aktivitas pemasaran.
    Aktiflah dengan mengikuti berbagai pameran, jangan ragu untuk aktif dengan berbagai iklan di dunia maya, siapkan booth pemasaran di beberapa event lokal, ikut dalam beberapa komunitas dan masih banyak trik pemasaran lain.
    Lebih dari itu, optimalkan manfaat website dan akun sosial media Anda dengan budget memadai. Anda akan membutuhkan seorang web desainer untuk membantu Anda membuat web Anda menarik, penulis konten untuk membantu mengisi konten web Anda untuk menarik pengunjung dan mungkin admin untuk mengelola sehari-hari web Anda juga akun sosial media Anda.
  4. Siapkan sistem layanan purna jual efektif
    Taukah Anda sebagian konsumen akan memberi Anda review positif justru bukan karena produk Anda tetapi karena layanan purna jual Anda yang memuaskan. Bagaimana dengan mudah mereka dapat berkomunikasi dua arah langsung dengan Anda meski itu hanya lewat chat room atau messanger. Dan bagaimana keluhan mereka dengan mudah teratasi dengan beberapa keterangan dan bantuan dari pihak Anda.
    Jadi selalu siapkan sebuah sistem untuk membantu melancarkan layanan purna jual Anda. Dan konsumen Anda bukan saja melihat Anda sebagai perusahaan besar yang profesional tetapi membantu Anda membangun citra tersebut di lingkungannya.

Terapkan 4 hal sederhana tadi dan dengan cukup cepat Anda akan menyadari pasar sudah memandang Anda sebagai perusahaan besar yang profesional dan maju. Tips bisnis kecil yang akan mendongkrak usaha Anda dalam membangun bisnis dengan lebih efektif.

sumber gambar membangun bisnis: lynda.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

cara memulai usaha dengan modal kecil

5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Berkali-kali kami mengulas mengenai bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil. Memang kami sangat berharap …

Tuliskan Komentar Anda Untuk 4 Tips Membangun Bisnis Kecil Agar Terlihat Besar Dan Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel 4 Tips Membangun Bisnis Kecil Agar Terlihat Besar Dan Profesional