Macam-Macam Usaha Dagang Yang Bisa Anda Pilih

Macam-macam Usaha Dagang Yang Bisa Anda PilihBerikut ini macam-macam usaha dagang yang bisa Sahabat PoBis pilih jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis tanpa repot dengan urusan produksi. Usaha dagang memang bisa jadi pilihan bagi Anda yang tidak mau direpotkan dengan urusan produksi. Bisnis Anda hanya seputar jual dan beli barang dagangan. Bahkan bisa pula hanya sekedar sarana pemasaran dan distribusi belaka, tanpa ada kaitannya dengan urusan pembelian.

Ada macam-macam usaha dagang yang bisa Anda pilih dan masih-masing jenis juga memiliki karakter yang berbeda cara operasi yang berbeda hingga spektrum usaha yang berbeda. Dan berikut beberapa pembagian macam-macam usaha dagang.

Baca juga: Cara Membuka Usaha Sendiri Toko Kelontong

Macam-Macam Usaha Dagang Berdasar Lini Produk

Pengelompokan pertama dari macam-macam usaha dagang adalah berdasar lini produknya, terbagi dalam 3 jenis usaha dagang yakni :

  • Usaha dagang skala umum
    Di sini Anda menjual segala jenis produk, mulai dari makanan, bahan makanan, produk konsumsi, hingga produk lain seperti pakaian, obat, elektronik, mainan dan lain sebagainya. Biasanya usaha macam ini beroperasi untuk melayani kebutuhan umum dengan skala luas, tanpa pengkotakan pasar. Konsep usaha ini dijalankan dari spektrum kelontong sampai skala lebih besar seperti supermarket.
  • Usaha “single – line”
    Usaha ini merupakan bentuk pengerucutan dari macam-macam usaha dagang dalam skala umum. Anda hanya menjual 1 jenis barang saja atau beberapa ragam barang dari jenis yang sama. Misalkan toko penjualan perabot dan pakaian bayi, toko elektronik, toko busana, toko meubel, toko olahraga dan lain sebagainya. Spektrum usahanya juga bis beragam, dari kelas toko kecil sampai departemen store.
  • Usaha dagang produk khusus
    Usaha dagang ini juga kerap Anda jumpai di sekitar Anda. Misalkan saja toko sepatu merek tertentu, toko bakery merek tertentu, toko ponsel, toko aksesoris merek tertentu, toko produk susu, toko topi, toko jaket, dan lain sebagainya. Konsep produk khusus bisa berarti ganda, khusus dalam arti merek tertentu atau khusus hanya jenis tertentu saja.

Baca juga: Ide Usaha Toko Sembako Modal Kecil Hingga Grosir

Macam-Macam Usaha Dagang Berdasar Kapasitas Dan Jangkauan Usaha

Selain berdasar jenis produk yang dijual, pembagian macam-macam usaha dagang juga bisa didasarkan pada kapasitas dan jangkauan usaha yang terbagi lagi dalam pengelompokan berikut ini.

  • Usaha skala distribusi besar
    Anda yang bergerak dalam bidang usaha dagang skala distribusi besar cenderung bergerak dalam lingkaran yang luas. Kadang beberapa dari pelaku usaha ini menjadi pemilik hak distribusi atas satu atau beberapa jenis merek dagang. Seluruh penjualan produk, di kota bersangkutan berada dalam naungan usaha dagang Anda.
  • Usaha penjualan agen
    Skalanya memang dibawah distribusi besar tetapi berada di atas pengecer. Biasanya mereka menjual dalam skala lebih besar namun tidak bertanggung jawab terhadap penjualan satu wilayah. Mereka juga bisa menggerakan tim pengecer atau agen-agen kecil untuk membantu penjualan mereka secara lebih luas. Mereka bisa menjalankan usaha macam ini dalam bentuk online atau offline.
  • Pengecer
    Meski dikatakan pengecer, jangan Anda kira usaha dagang macam ini selalu berarti kelontong. Karena pengecer juga bisa berarti usaha online, supermarket, minimarket dan lain sebagainya. Pengecer juga bisa bekerja dalam bentuk sistem direct selling.
  • Dropshiping
    Konsep ini berbeda dari konsep penjualan yang lain. Karena ada ketentuan khusus dimana penjual hanya berstatus sebagai agen pemasaran. Kedudukan unik ini memberinya kebebasan untuk menjual tanpa persediaan melainkan dengan hanya berbekal katalog. Dari katalog ini mereka akan menerima pesanan dari konsumen yang kemudian menyampaikannya kepada produsen.
    Pihak produsen yang nantinya akan melakukan pengiriman barang. Kadang pihak produsen juga menyediakan agen-agen besar atau distributor besar di kota-kota tertentu untuk melayani kebutuhan pemesanan dan pengambilan barang. Sistem ini juga diadopsi dalam beberapa usaha penjualan langsung.
  • Ekspor Impor
    Satu lagi kelompok usaha dagang yang berbeda dari kelompok yang lain. Jenis usaha ini bekerja dengan cara unik melakukan transaksi lintas negara. Mereka juga bekerja tanpa berkaitan dengan produksi, karena mereka hanya menemukan pembeli dari luar untuk membeli produk yang tertentu dari dalam negeri. Atau sebaliknya, menemukan pembeli dalam negeri untuk membeli produk dari luar.
    Beberapa dari usaha dagang macam ini bahkan tidak berurusan dengan sistem distribusi dari produk yang mereka perdagangkan ketika produk tersebut sudah berhasil merampungkan transaksi luar negerinya.

Banyak usaha dagang yang menguntungkan yang dapat Anda kembangkan. Dari ragam dan macam-macam usaha dagang yang kami informasikan di atas, manakah yang merupakan jenis usaha dagang yang sesuai untuk Anda jalankan?

sumber gambar: gg2.net

Macam-Macam Usaha Dagang Yang Bisa Anda Pilih

TULISKAN KOMENTAR DISINI

Macam-Macam Usaha Dagang Yang Bisa Anda Pilih