Home » Entrepreneurship » Cara Ampuh Menghasilkan Ide Bisnis Kreatif

Cara Ampuh Menghasilkan Ide Bisnis Kreatif

Cara Ampuh Untuk Menghasilkan Ide Bisnis KreatifSebelumnya saya sudah bahas mengenai sumber ide bisnis baru yang sering digunakan pengusaha sukses. Dalam artikel tersebut saya ungkap 5 sumber ide bisnis kreatif yang sering digunakan para pengusaha sukses. Jadi, jika ingin ikut sukses, Anda juga harus menggali ide-ide bisnis dari sumber-sumber tersebut.

Nah, setelah mengetahui tempatnya, dimana mendapatkan ide bisnis kreatif. Pertanyaan selanjutnya adalah: Bagaimana caranya?

Kali ini kita akan bahas lebih lanjut mengenai metode atau cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan ide kreatif. Beberapa cara yang saya terangkan di sini akan membantu Anda menghasilkan ide-ide bisnis baru yang segar.

Ngomong-ngomong soal kreatifitas, kita harus melatih kreatifitas setiap saat. Saya punya satu metode latihan kreatifitas yang sederhana namun evokatif. Saya telah menggunakan latihan ini beberapa kali, baik sendiri maupun secara kelompok. Dan hasilnya saya dan tim selalu berhasil menemukan solusi kreatif dari setiap permasalahan yang kami hadapi.

Latihan kreatifitas tersebut adalah dengan menggunakan puzzle. Anda dapat memotong-motong gambar (bisa diambil dari gambar majalah atau gambar apapun). Dan kemudian menyusunnya kembali. Sederhana sekali. Seperti permainan anak TK (taman kanak-kanak). Tapi terbukti efektif dapat menggugah rasa dan kreatifitas. Cobalah menyusun ‘puzzle’ dengan tim Anda, pastikan terjadi diskusi pada setiap potongan puzzle yang dipasang.

Kembali ke metode atau cara untuk menghasilkan ide bisnis kreatif. Berikut ini 3 cara ampuh untuk menghasilkan ide bisnis secara kreatif.

3 Cara Ampuh Untuk Menghasilkan Ide Bisnis Kreatif

  1. Focus Group Discussion

Focus group discussion telah digunakan sejak tahun 1950an untuk berbagai tujuan. Untuk mendapatkan ide bisnis baru, seorang moderator memimpin sekelompok orang melalui sebuah diskusi terbuka yang komprehensif. Biasanya kelompok diskusi beranggotakan 8-14 partisipan. Dalam focus group discussion komentar-komentar dari masing-masing partisipan dapat menstimulasi ide bisnis maupun produk baru secara kreatif untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Selain menghasilkan ide-ide bisnis baru, focus group discussion merupakan satu metode yang sangat bagus untuk menyaring ide-ide dan konsep-konsep awal. Hasil dari focus group discussion dapat dianalisa secara kuantitatif. Focus group discussion bermanfaat untuk menghasilkan ide-ide bisnis baru dan ide produk baru. Bahkan, tema dari pesan iklan produk dapat berasal dari komentar-komentar para anggota kelompok focus group discussion.

  1. Brainstorming

Metode brainstorming atau tukar pikiran memungkinkan distimulasinya orang-orang agar memperlihatkan kreatifitasnya yang lebih baik.

Ketika menggunakan cara brainstorming, Anda harus memperhatikan 4 peraturan berikut ini:

  • Bebas. Ciptakan keadaan yang bebas tanpa hambatan dalam kelompok tersebut. Semakin “liar dan gila” ide tersebut semakin baik.
  • Tanpa Kritik. Siapapun tidak boleh melontarkan kritik dalam kelompok tersebut, tidak boleh ada komentar negatif.
  • Kuantitas. Munculkan sebanyak mungkin ide. Semakin banyak jumlah ide, semakin besar pula kemungkinan munculnya ide bisnis kreatif.
  • Hasilkan Ide dari Ide. Dari setiap ide yang sudah ada, lakukan kombinasi dan modifikasi untuk melahirkan ide baru.

Sesi brainstorming harus berjalan menyenangkan, setiap orang harus bisa menikmati prosesnya. Tak boleh ada seorang pun yang mendominasi dan menghalangi jalannya ide.

  1. Problem Inventory Analysis

Analisis kumpulan masalah (problem inventory analysis) merupakan metode untuk mendapatkan ide bisnis kreatif dan solusi baru dengan cara berfokus pada masalah. Hampir sama dengan focus group discussion, namun dalam problem inventory analysis kita fokus pada masalah yang berhubungan dengan produk-produk yang sudah ada.

Kumpulkan beberapa pelanggan, kemudian ajak mereka untuk mengidentifikasi dan mendiskusikan beberapa produk yang sudah mereka kenal. Berfokuslah pada masalah-masalah dari produk=produk tersebut.

Hasil dari diskusi dievaluasi secara teliti, sehingga kemudian Anda dapat menciptakan produk atau usaha baru yang memecahkan masalah yang dihadapi konsumen.

Nah, sekarang Sahabat PoBis sudah lengkap tahu dimana dan bagaimana caranya mendapatkan ide bisnis kreatif yang dapat menghasilkan sebuah produk baru maupun bisnis baru.

sumber gambar: prevencionar.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

6 Pilihan Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Kerja Kolaborasi

6 Pilihan Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Kerja Kolaborasi

Di era kekinian seperti sekarang ini rasanya memang bisnis bisa Anda jalankan dengan lebih mudah. …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Cara Ampuh Menghasilkan Ide Bisnis Kreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Cara Ampuh Menghasilkan Ide Bisnis Kreatif