Home » Entrepreneurship » 5 Sumber Ide Bisnis Baru Yang Sering Digunakan Pengusaha Sukses

5 Sumber Ide Bisnis Baru Yang Sering Digunakan Pengusaha Sukses

Sumber Ide Bisnis Baru Yang Sering Digunakan Pengusaha SuksesIde bisnis baru apa yang potensial? Pertanyaan itu seringkali muncul jika kita bertemu dengan seseorang yang hendak terjun di dunia kewirausahaan. Biasanya yang dicari adalah ide bisnis baru dengan harapan sebuah melahirkan bisnis baru yang masih minim (atau tidak memiliki) kompetitor. Atau sebuah ide bisnis yang unik dan kreatif, dengan harapan ‘nilai unik’ dapat mendatangkan banyak konsumen.

Sebelum lebih jauh, saya akan menyamakan dulu persepsi kita mengenai kata “ide bisnis” tersebut. Pertama ide bisnis baru bisa berarti sebuah ide mengenai bisnis yang baru. Bagi yang hendak terjun dalam dunia usaha, biasanya mereka akan mencari dan menggali ide usaha yang baru. Dengan harapan, pemain atau kompetitor untuk usaha baru tersebut masih minim atau tidak ada. Syukur-syukur bisa menemukan produk baru yang disukai konsumen, dan nantinya menjadi market leader. Pertanyaannya biasanya: “Bisnis apa yaa yang potensial?” atau “Ada ide bisnis tidak? Aku mau nyoba usaha nih…”

Baca juga: 10 Cara Mengenali Ide Bisnis Yang Baik

Sedangkan yang kedua, ide bisnis berkaitan dengan usaha yang sudah berjalan. Seringkali ketika menjalankan sebuah usaha, Anda dituntut untuk memiliki sebuah ide-ide bisnis yang baru dan segar, biasanya berkaitan dengan kompetisi usaha. Misal jika kompetitor Anda memiliki program baru, maka Anda juga dituntut untuk “menandingi” program tersebut. Tentu saja dengan program yang berbeda dari yang dilakukan kompetitor, dan harus lebih dahsyat.

Atau jika omset menurun, Anda butuh ide bisnis baru yang segar untuk melejitkan kembali omset usaha Anda.

5 Sumber Ide Bisnis Baru

Berikut ini 5 sumber ide bisnis baru yang sering digunakan pengusaha sukses:

  1. Pelanggan
    Perhatikan para pelanggan potensial. Jika ada keinginan atau kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi, maka itu bisa jadi sebuah peluang usaha. Anda dapat menciptakan produk baru dari celah tersebut. Atau jika usaha Anda sudah berjalan, Anda dapat menemukan ide bisnis untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor, jika Anda jeli memperhatikan pelanggan.
    Kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal penting bagi keberhasilan sebuah usaha. Jika Anda ingin tahu lebih detail, baca artikel kami mengenai Cara Mengetahui dan Memenuhi Kebutuhan Konsumen.
  2. Produk (Barang atau Jasa) Yang Sudah Ada
    Selalu awasi dan evaluasi produk-produk yang kompetitif di pasar. Apa keunggulan dan kekurangan masing-masing produk. Anda dapat menciptakan produk baru dengan menggabungkan beberapa keunggulan dari produk yang sudah ada, serta meminimalisir kekurangan dari produk tersebut. Untuk bisnis yang sudah berjalan, hal ini dapat membantu mengevaluasi posisi produk Anda dibanding pesaing. Sehingga Anda dapat memperbaiki positioning produk Anda.
    Lebih detail silakan baca artikel kami mengenai Cara Menciptakan Produk Baru.
  3. Saluran Distribusi
    Anggota saluran distribusi merupakan sumber ide bisnis baru yang sangat baik, karena kedekatan mereka dengan konsumen. Terutama saluran distribusi yang bersentuhan langsung dengan konsumen, misalkan pelayan toko. Dapatkan informasi dari pelayan toko berkaitan dengan suatu produk. Misal Anda hendak terjun dalam bisnis hijab, pergilah ke toko hijab, kemudian dapatkan informasi dari pelayan toko, produk mana yang paling laku, produk mana yang tidak laku. Mengapa ini laku, mengapa ini tidak laku, dan lain sebagainya. Berdasar informasi tersebut Anda dapat ‘meramu’ produk baru, hijab yang sesuai dengan kebutuhan market.
  4. Pemerintah
    Ide bisnis baru juga bisa Anda dapatkan dari pemerintah. Terkadang pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yang bisa jadi melahirkan sebuah peluang usaha. Misal perubahan minyak tanah ke gas, melahirkan peluang agen gas LPG. Perubahan listrik pasca bayar menjadi prabayar, melahirkan peluang usaha token listrik. Untuk yang skala lebih besar, Anda dapat menjadi rekanan bagi program pemerintah. Misal program e-KTP melahirkan bisnis pengadaan kartu sebagai bahan e-KTP.
  5. Penelitian dan Pengembangan
    Sumber ide bisnis yang paling besar adalah dari penelitian dan pengembangan. Upaya ini memang dilakukan secara sadar untuk menghasilkan sebuah ide dan gagasan baru. Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan penelitian dan pengembangan bisnis. Jika usaha Anda tumbuh besar, buat divisi khusus untuk penelitian dan pengembangan.

Jika Sahabat PoBis membutuhkan ide bisnis baru, gunakan 5 sumber tersebut untuk mencari ide baru yang segar dan unik.

sumber gambar: articles.bplans.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

6 Pilihan Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Kerja Kolaborasi

6 Pilihan Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Kerja Kolaborasi

Di era kekinian seperti sekarang ini rasanya memang bisnis bisa Anda jalankan dengan lebih mudah. …

Tuliskan Komentar Anda Untuk 5 Sumber Ide Bisnis Baru Yang Sering Digunakan Pengusaha Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel 5 Sumber Ide Bisnis Baru Yang Sering Digunakan Pengusaha Sukses