Home » Entrepreneurship » Enaknya Jadi Pengusaha Bagai Udang Di Balik Batu

Enaknya Jadi Pengusaha Bagai Udang Di Balik Batu

Enaknya Jadi Pengusaha Bagai Udang Di Balik BatuKemarin saya sudah membahas mengenai tidak enaknya jadi pengusaha, dalam tulisan berjudul Apakah Anda Berani Jadi Pengusaha? Atau Tidak! Dalam tulisan tersebut saya mempertanyakan beberapa kesiapan yang Anda perlukan untuk mulai merintis usaha baru dan menjadi pengusaha. Jika Anda belum membaca artikel tersebut, bisa jadi Anda belum siap jadi pengusaha. Sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu artikel tersebut dan benar-benar mempertanyakan kelima poin yang saya utarakan di sana.

Nah, kalau sudah siap dengan sisi tidak enaknya jadi pengusaha, sekarang pada bagian ini kita lanjut dengan sisi enaknya jadi pengusaha. Apa saja keuntungan menjadi pengusaha? Mengapa meskipun banyak halangan dan rintangan, namun masih saja banyak orang yang ingin dan berani jadi pengusaha? Pasti ada “udang dibalik batu”.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuka Usaha Baru

Keuntungan dan Enaknya Jadi Pengusaha

Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh dengan menjadi pengusaha:

  1. Memiliki Waktu Yang Berharga. Waktu adalah harta paling berharga bagi manusia. Dan sebagai pengusaha Anda dapat mengelola waktu yang Anda miliki secara leluasa. Anda bisa memiliki banyak waktu bersama keluarga atau juga memiliki banyak waktu untuk beribadah. Mungkin pada tahap awal merintis usaha waktu Anda akan banyak tersita untuk urusan bisnis, namun seiring dengan berjalannya waktu, cepat atau lambat Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan keluarga.
  2. Potensi Penghasilan Tak Terbatas. Menjadi pengusaha artinya Anda memiliki potensi penghasilan yang luar biasa besar, sebesar mimpi Anda. Kalau mimpi Anda kecil, sebesar itulah nanti yang Anda dapatkan, jadi menjadi pengusaha harus emmiliki mimpi yang besar. Saya kenal dengan pengusaha muda, lulusan SMA, tiga tahun yang lalu dia masih menjadi penjaga warnet, sampai akhirnya dia memutuskan untuk berhenti bekerja dan merintis usahanya sendiri. Dan sekarang penghasilannya sudah seratusan juta per bulan, dan sekarang dia sedang menuju goal satu milyar per bulan. Rasakan, betapa enaknya jadi pengusaha.
  3. Pekerjaan Sesuai Minat. Menjadi pengusaha memberi keleluasaan pada Anda untuk memilih bidang usaha yang hendak digeluti. Pilih bidang usaha yang sesuai dengan minat, dengan demikian Anda bisa bekerja sambil menyalurkan hobi. Usaha yang baik adalah yang sesuai hobi, minat, dan bakat Anda. Anda akan sangat menikmatinya, bersenang-senang sambil menghasilkan uang.
  4. Memiliki Kebebasan. Dengan menjadi pengusaha Anda memiliki kebebasan penuh terhadap diri sendiri. Tidak ada bos yang mengatur-atur Anda, melainkan Andalah yang mengatur diri sendiri. Alih-alih diatur, Anda justru memiliki kendali untuk mengatur jalannya perusahaan, mengatur semua karyawan yang ada dalam perusahaan Anda.
  5. Banyak Teman. Seorang pengusaha secara disadari maupun tidak akan membangun networking, memperluas rekanan, dan memperbanyak link. Ini akan memiliki dampak yang sangat baik bagi kehidupan sosial Anda. Secara otomatis Anda akan memiliki banyak teman.
  6. Dapat Memberikan Kontribusi Kepada Masyarakat. Seorang pengusaha bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membantu orang lain. Enaknya jadi pengusaha adalah dapat membantu pemerintah menyediakan lapangan kerja, menjadi berguna bagi orang lain.
  7. Semakin Kreatif Dan Multitasking. Terkadang permasalahan yang dihadapi pengusaha menuntut penyelesaian yang kreatif. Karena itu seiring dengan banyaknya permasalahan usaha yang berhasil diselesaikan, seorang pengusaha akan semakin kreatif dari hari ke hari. Selain itu pengusaha juga memiliki kemampuan terhadap banyak hal yang berkaitan dengan usahanya, ini juga nanti akan secara otomatis Anda kuasai seiring dengan perkembangan usaha Anda.
  8. Dapat Menciptakan Perubahan. Dalam dunia usaha perubahan adalah satu hal yang pasti. Jadi seorang pengusaha dengan sendirinya akan selalu menciptakan perubahan untuk mengantisipasi perubahan yang akan datang. Jika pengusaha tidak siap terhadap perubahan, siap-siap saja usahanya akan tertinggal.

Nah, itu tadi Sahabat PoBis beberapa hal yang merupakan keuntungan menjadi pengusaha. Mungkin selain 8 hal di atas masih banyak hal lain lagi yang mungkin akan Anda rasakan dengan terjun menjadi pengusaha. Kalau melihat enaknya jadi pengusaha pasti setiap orang ingin dan berani jadi pengusaha.

sumber gambar: caec.cat

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

cara memulai usaha dengan modal kecil

5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Berkali-kali kami mengulas mengenai bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil. Memang kami sangat berharap …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Enaknya Jadi Pengusaha Bagai Udang Di Balik Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Enaknya Jadi Pengusaha Bagai Udang Di Balik Batu