Home » Entrepreneurship » 5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

cara memulai usaha dengan modal kecilBerkali-kali kami mengulas mengenai bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil. Memang kami sangat berharap dengan membaca artikel dari laman ini Anda yang memiliki ide-ide bisnis besar namun terhalang dengan kendala modal bisa memberanikan diri untuk memulai bisnis Anda sekarang juga. Anda juga dapat menyimak 7 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil.

Dan rasanya memang tak cukup mengulas perihal cara memulai usaha dengan modal kecil karena kami kembali menemukan beberapa tips lagi yang terbukti dapat membantu Anda untuk memulai bisnis Anda dengan modal pas-pasan. Sebagaimana sebelumnya telah disinggung dalam artikel mengenai cara membangun bisnis dengan modal kecil.

Jangan sampai niat Anda untuk terjun dalam dunia usaha terhenti karena kendala modal. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan jika menemui kendala modal. Bahkan tidak jarang kita mendengar istilah “usaha tanpa modal”. Apakah itu benar-benar sebuah usaha atau bisnis yang tidak memerlukan modal sama sekali? Jawabnya tentu saja: Tidak. Bisa dikatakan semua bisnis pasti membutuhkan modal. Hanya saja ada jenis bisnis yang membutuhkan modal sangat kecil, sehingga bisa dikatakan nyaris tanpa modal. Ada juga bisnis yang dijalankan dengan cara kerjasama dengan investor, sehingga Anda tidak mengeluarkan modal uang sama sekali.

Tips-tips ini akan menyempurnakan beberapa tips lain yang telah kami bagikan pada kesempatan sebelumnya. Sekaligus membantu Anda memaksimalkan potensi dari ide-ide Anda dengan optimal. Karena beberapa tips ini didasarkan pada beberapa kisah nyata keberhasilan mereka yang sudah duluan memulai bisnis dengan modal kecil yang berhasil kami sadur dari huffington post. Dan berikut ini adalah ke 5 tips untuk cara memulai usaha dengan modal kecil.

Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

  1. Cari bidang yang Anda pahami dan sukai
    Beberapa bisnis memang memiliki potensi sangat besar, namun bila untuk menjalankannya berarti Anda harus melakukan proses pembelajaran khusus dan melibatkan banyak karyawan karena Anda tak benar-benar memahami, tentu saja ini akan memakan banyak biaya diawal.
    jauh lebih efektif untuk memulai dari bidang yang Anda pahami dengan baik, Anda ketahui sluk beluknya dengan fasih dan Anda sukai sehingga muncul hasrat dalam menjalankannya. Ketertarikan Anda dan pemahaman Anda akan sangat membantu menekan biaya tenaga kerja nantinya.
  2. Mulai dari skala sederhana
    Memulai bisnis dengan cara yang sederhana akan membantu Anda memulai tanpa harus menundanya. Siapkan sistem bisnis seperti sistem anggaran, sistem pembukuan, pemasaran dan penjualan yang mudah untuk Anda kelola sesuai kemampuan Anda.
    Tentu saja perlu Anda ingat bisnis Anda akan dimulai dari skala kecil dimana penjualan akan masih sangat terbatas. Jadi tak mengapa memulainya dari skala sederhana dan mengembangkan sistem manajemen bertahap selaras dengan perkembangan penjualan dan pemasukan.
    Mengembangkan usaha sesuai dengan skala penjualan dan jangkauan akan membantu Anda menjaga keseimbangan biaya operasional usaha dan pengelolaan dengan pemasukan, karena jelas untuk tiap aktivitas dalam manajemen dan unit di dalamnya akan ada biaya yang menjadi tanggung jawab Anda.
  3. Mulai dari pasar yang paling mudah Anda jangkau
    Beberapa pebisnis yang memulai dari skala kecil mengaku hanya punya sedikit dana untuk memasarkan produk mereka. Jadi jelas mereka harus sangat selektif untuk dalam menentukan strategi pemasaran mereka.
    Sebagian memilih untuk mulai dari orang terdekat mereka. Cara ini dianggap lebih mudah karena Anda cenderung lebih mengenal baik siapa orang terdekat Anda. Anda tau dengan baik pendekatan terbaik untuk mendorong mereka membeli produk Anda dan mendorong mereka dengan sukarela terlibat untuk membantu Anda mempromosikan produk Anda, setidaknya untuk membantu Anda mendapatkan testimoni.
  4. Manfaatkan sumber daya yang terjangkau dan tidak terikat
    Beberapa pelaku usaha kecil tak dipungkiri bisa saja menemukan beberapa kali kesempatan besar yang memberi hasil menggiurkan. Siapa yang akan melepaskan momentum besar seperti itu. Hanya saja, ketika kemudian Anda sadar Anda tidak memiliki cukup sumber daya untuk mendukung proyek ini, apakah Anda harus mundur?
    Tentu saja tidak, yang Anda perlukan hanya menemukan sumber daya yang terjangkau dan tidak mengikat. Misalkan dengan menggunakan tenaga freelance. Anda bisa dapatkan banyak tenaga sejenis ini baik bila usaha Anda offline atau usaha online. Banyak orang yang siap bekerja sebagai freelance apapun latar belakang mereka dari mahasiswa, ibu rumah tangga sampai pekerja yang merasa belum terpenuhi kebutuhannya dari gaji tetap mereka.
  5. Jangan lepaskan pekerjaan tetap Anda dulu
    Memulai bisnis dengan modal kecil cenderung akan lebih aman kalau Anda mulai dengan tanpa melepaskan penghasilan tetap Anda. Dengan menjadi karyawan, Anda akan mendapatkan penghasilan tetap sehingga aliran kas Anda tetap aman, baik itu untuk memenuhi kebutuhan pribadi Anda maupun untuk memberi Anda cukup cadangan untuk roda usaha.
    Sebagaimana sudah kami jelaskan, bisnis kecil Anda cenderung akan diawali dari aktivitas yang belum padat dan sangat mungkin Anda kelola sekedar sebagai sumber sampingan. Sampai kondisi pendapatan Anda cukup stabil dan siap untuk hidup mandiri tanpa bergantung pada gaji tetap.

Mungkin lain waktu kami masih akan membagikan pada Anda berbagai tips lain mengenali cara memulai usaha dengan modal kecil. Jadi tetap bertahan untuk menjenguk laman ini dan dapatkan banyak informasi mengenai bisnis kecil di sini.

sumber gambar cara memulai usaha dengan modal kecil: entrepreneur.com

About Eva Herlita

Menempuh pendidikan formal bidang akuntansi , tak salah jika menjadi penjaga rubrik Keuangan di Pojok Bisnis. Pernah menjadi guru, sekarang lebih menikmati menjadi ibu rumah tangga yang senang bisnis. Karena itu selain menulis hal-hal berkaitan dengan keuangan dan akuntansi, ia juga berbagi pengalaman di seputaran bisnis ibu rumah tangga dan aneka usaha rumahan. Jika ada pertanyaan jangan segan ketik di kolom Comment. Jangan lupa share artikel melalui tombol sosial media yang tersedia. Siapa tahu ada diantara teman, saudara, atau kolega Anda yang sedang mencari artikel ini.

Check Also

penyusunan rencana usaha

Penyusunan Rencana Usaha Dengan 10 Software Business Plan Pilihan (Bag.2)

Penyusunan rencana usaha makin mudah dengan software bisnis plan. Berikut ini 10 software pilihan untuk Anda …

Tuliskan Komentar Anda Untuk 5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel 5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil