Home » Entrepreneurship » Cara Membangun Bisnis Dengan Modal Kecil

Cara Membangun Bisnis Dengan Modal Kecil

Cara Membangun Bisnis Dengan Modal KecilMemulai bisnis memang bukan masalah mudah, tetapi lebih tidak mudah lagi cara membangun bisnis yang sudah Anda mulai. Cara membangun bisnis lebih kompleks dari sekedar mengawali sebuah usaha. Saya pernah menulisnya secara gamblang dalam tulisan serial panduan praktis cara memulai usaha baru.

Karena Anda juga akan berurusan dengan masalah pengembangan, perluasan, peningkatan dan penguatan dari usaha Anda. Anda harus mengembangkan usaha Anda dengan menghadirkan produk dengan nilai lebih baik dari sebelumnya, memperluas daya jangkau dari penjualan dan persebaran, meningkatkan kemampuan dan efektifitas usaha serta menguatkan posisi usaha Anda dan produk Anda di pasaran.

Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai masalah pembangunan usaha ini di sini. Sementara di sini kami akan membantu Anda menemukan cara membangun bisnis tanpa harus selalu berhalangan dengan urusan modal.

Karena faktanya banyak pelaku usaha mengaku bagaimana bisnis mereka terpaksa jalan ditempat hanya karena rencana  pengembangan bisnis mereka tidak tercover dalam urusan biaya. Sementara pihak perbankan kerap kali masih belum berani mempercayakan modal mereka pada Anda. Sehingga Anda kesulitan mendapatkan modal tambahan untuk memenuhi target Anda.

Sedang di era serba modern seperti sekarang, faktanya banyak solusi modern yang terbukti ampuh membantu Anda menekan biaya pengembangan usaha dengan hasil efektif. Dan beberapa cara membangun usaha dengan bermodal kecil berikut ini telah terbukti efektif untuk bisnis Anda.

5 Cara Membangun Bisnis Dengan Modal Kecil

  1. Memberikan sesuatu yang berbeda
    Cara membangun bisnis terbaik adalah dengan mendapatkan perhatian dari sebanyak mungkin calon konsumen. Untuk menarik perhatian di pasaran adalah dengan menjadi berbeda dari yang sudah tersedia di pasaran. Ini akan memudahkan Anda dalam menyusun strategi pemasaran sehingga juga turut membantu mengurangi anggaran pemasaran Anda.
    Menjadi berbeda, memberikan sesuatu yang tidak bisa konsumen dapat dari produk dan penawaran sejenis akan memberi daya tarik tersendiri. Daya diferensiasi ini akan membantu Anda menjual dengan lebih mudah. Cukup dengan mengangkat nilai diferensiasi yang Anda miliki, produk sudah memiliki kemampuan menarik konsumen.
  2. Maksimalkan pemasaran online
    Dalam era digital ini, Anda harus dapat memaksimalkan pemasaran online sebagai salah satu bagian integral dari cara membangun bisnis Anda. Dibandingkan dengan segala jenis pemasaran konvensional yang biasa sebelumnya Anda kenal, termasuk pemasaran massal atau personal, maka pemasaran secara online jauh memberi Anda banyak kelebihan.
    Anda bisa bekerja dengan biaya yang bahkan lebih dari ½ biaya pemasaran konvensional dengan efektifitas ganda sebagai pemasaran massal melalui iklan-iklan online dan pemasaran personal dengan menjalin komunikasi online dua arah dengan konsumen Anda melalui sarana sosial media dan website.
    Pemasaran via sosial media, website dan berbagai portal penjualan bukan hanya efektif dari sisi biaya, tetapi juga memberi Anda jangkauan pemasaran lebih luas, memberi Anda mengincar pasar dengan lebih efektif dengan beberapa sarana identifikasi pasar yang tersedia seperti geo marketing. Anda juga bisa melakukan aktivitas customer service dengan lebih efisien dan murah biaya.
  3. Temukan sumber investasi
    Anda juga bisa menemukan berbagai pemodal yang siap dengan konsep joint ventura. Konsep ini akan membantu Anda menemukan sumber modal dengan sistem kerjasama kepemilikan saham.
    Anda bisa melakukan perluasan dengan suntikan dana tadi, melebarkan sayap usaha, meningkatkan kualitas produk dan layanan. Sementara nantinya pihak pemodal hanya perlu Anda berikan imbalan berupa bagi hasil keuntungan.
    Kadang Anda juga bisa memilih sumber dana pihak ketiga non investor seperti sumber dana pinjaman bunga ringan yang bisa Anda akses dari pemerintahan daerah, lembaga nirlaba dan lembaga keuangan dibawah instansi atau organisasi resmi.
  4. Libatkan pakar sebagai bagian perusahaan
    Cara membangun bisnis yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Anda sebaiknya menarik tenaga ahli profesional dengan pengalaman terbaik dalam bidangnya untuk bekerja dalam perusahaan kecil Anda. Jangan khawatir Anda akan kesulitan menggaji mereka, karena tidak selamanya gaji adalah jawaban dari persoalan Anda.
    Anda bisa menarik mereka untuk mengabdi pada usaha kecil Anda dengan memberikan hak kepemilikan saham atas perusahaan Anda. Anda tidak lagi harus menggaji mereka karena kini dengan kemampuan mereka, Anda menjadikan mereka mitra usaha Anda untuk membangun usaha Anda.
  5. Manfaat sistem sumber daya tidak terikat
    Ketika modal Anda terbatas, Anda bisa tetap mengembangkan usaha dengan menekan biaya menggunakan sistem sumber daya tidak terikat. Sederhananya Anda tidak selamanya harus memiliki sebuah sumber daya, melainkan melakukan sistem sewa atau kontrak pendek untuk memanfaatkan sumber daya hanya selama dibutuhkan.
    Misalkan Anda tidak memiliki kendaraan, tetapi menjalin kerjasama dengan pihak ketiga untuk menyewa kendaraan dengan harga khusus setiap kali Anda membutuhkan. Anda tidak harus membeli kendaraan baru yang tentu saja menggerus modal cukup besar dengan jalinan kerjasama ini.

Membangun bisnis memang membutuhkan modal, tetapi Anda tetap bisa menjadi besar dengan modal terbatas, asal Anda siap memutar otak Anda menemukan caranya. Itulah beberapa cara membangun bisnis dengan modal kecil yang bisa Anda jajal dan terapkan pada usaha Anda sendiri.

sumber gambar: sitepoint.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

cara memulai usaha dengan modal kecil

5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Berkali-kali kami mengulas mengenai bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil. Memang kami sangat berharap …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Cara Membangun Bisnis Dengan Modal Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Cara Membangun Bisnis Dengan Modal Kecil