Home » Entrepreneurship » Cara Bisnis Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan

Cara Bisnis Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan

Cara Bisnis Kecil-Kecilan Yang Bisa Dikerjakan Di RumahAlhamdulillah ada inbox yang masuk… Saya senang ada inbox yang masuk, karena itu artinya, komunikasi dengan Sahabat PoBis terjalin dua arah. Saya sangat terbuka barangkali Sahabat PoBis memiliki pertanyaan apa saja mengenai bisnis, dapat langsung ditulis dikolom comment di bawah tiap artikel, atau inbox saya lewat contact. Saya akan berusaha menjawab setiap pertanyaan yang masuk. Sahabat PoBis juga dapat mengusulkan materi untuk dibahas di web kita tercinta ini.

Nah, kali ini inbox yang saya terima bertanya mengenai cara bisnis kecil-kecilan.

Cara bisnis, entah itu yang “kecil-kecilan” maupun yang “gede-gedean”, sebenarnya sama saja. Bedanya hanya pada skalanya saja. Bisnis kecil skalanya kecil, biasanya modalnya juga kecil, modal 1 juta atau dibawah 1 juta. Sebenarnya ini masuk dalam kategori usaha mikro.

Namun jangan salah, bisnis kecil modal kecil jika dikelola dengan baik dapat tumbuh menjadi besar, bahkan dapat dikembangan menjadi sebuah peluang usaha franchise.

Cara Mengelola Bisnis Kecil

Pengelolaan usaha kecil jauh lebih mudah dibanding usaha besar, karena SDM (sumber daya manusia) yang terlibat juga sedikit. Tak jarang semua hal dilakukan seorang diri. Pemilik bisnis merangkap bagian produksi, merangkap pemasaran, merangkap penjualan, dan merangkap segalanya.

Cara mengelola SDM, identik dengan cara mengelola diri sendiri, bagaimana Anda mengatur jadwal, dan membuat segalanya menjadi efektif. Kalau usaha lagi down, hal biasa dalam bisnis, Anda harus bisa menyemangati diri, atau mencari hal yang bisa membangkitkan kembali gairah bisnis Anda. Karyawan yang dimiliki bisnis kecil jumlahnya tidak banyak, mengelola dan mengawasinya jaun lebih mudah dibanding mengelola dan mengawasi ratusan orang di bisnis besar.

Keterbatasan modal merupakan permasalahan klasik bisnis kecil-kecilan, modal biasanya diperoleh dari tabungan pribadi, atau pinjaman saudara. Pinjaman dari perbankan mungkin agak sulit untuk didapatkan. Namun Anda dapat memanfaatkan program pemerintah. Cari tahu, pemerintah sering membuat program untuk usaha kecil mikro, biasanya penyalurannya lewat bank plat merah, seperti BRI, atau program khusus kadang lewat pemerintah daerah setempat.

Karena modal kecil inilah, maka bisnis kecil-kecilan harus mengatur keuangan dengan baik. Jangan campur adukkan keuangan usaha dengan keuangan keluarga. Kalau perlu jangan ambil keuntungan, tabunglah semua keuntungan untuk pengembangan usaha.

Bagaimana cara bisnis kecil-kecilan melakukan pemasaran? Pada awal usaha, fokus pemasaran pada daerah sekitar tempat usaha. Jika perlu, gunakan brosur fotocopy untuk mempromosikan produk Anda. Harus gencar melakukan promosi penjualan. Bila perlu lakukan penjualan door to door. Seperti usaha pudding cup milik Syifa pertama kali dipasarkan di kompleks perumahannya yang kebetulan dihuni pasangan muda, sehingga banyak anak-anak.

Cara Bisnis Kecil-Kecilan Seperti Apa Yang Menguntungkan dan Bisa Dikerjakan Di Rumah?

Biasanya bisnis kecil-kecilan dimulai dari usaha rumahan. Dan yang paling lumrah adalah bisnis makanan. Contoh bisnis kecil bidang makanan:

  • Usaha bakso bakar atau bakso tusuk, modal 1 juta, info lengkapnya klik disini
  • Puding cup, info lengkapnya klik disini
  • Bisnis kue basah, info lengkapnya klik disini
  • Bisnis murah meriah bubur ayam, info lengkapnya klik disini
  • Dan masih banyak lagi… silakan kembangkan ide bisnis Anda..

Selain bisnis makanan, bidang bisnis kecil yang lain adalah bisnis kerajinan tangan. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan yang barangkali dianggap tak berguna dan menyulapnya menjadi bernilai dan punya nilai jual. Hanya saja, selain modal uang, Anda harus memiliki modal ketrampilan dan kreatifitas. Beberapa contoh bisnis kecil bidang kerajinan tangan diantaranya:

  • Kerajinan dari barang bekas,
  • Kerajinan dari enceng gondok,
  • Kerajinan dari klobot jagung, info lengkapnya klik disini
  • Kerajinan dari mendong,
  • Dan banyak lagi… Silakan kembangkan kreatifitas Anda…

Selain kedua hal di atas, bisnis modal kecil lain yang bisa Anda tekuni adalah bisnis online. Untuk bisnis yang satu ini dibutuhkan ketekunan. Bisa dikatakan nyaris tanpa modal. Jika tidak punya komputer dan sambungan internet, Anda bisa memanfaatkan warnet. Tidak punya barang untuk dijual secara online? Anda dapat menekuni bisnis dropship atau affiliate marketing. Bagaimana cara bisnis online? Anda dapat berjualan lewat facebook, marketplace (seperti tokopedia, olx, bukalapak), dan bisa juga berjualan lewat forum, seperti FJB Kaskus.

Berbagai cara bisnis kecil-kecilan tersebut di atas dapat Anda kerjakan di rumah. Seringkali dijadikan bisnis sambilan ibu rumah tangga disela waktu senggang mengurus keluarga. Namun saya tetap menyarankan Anda untuk mengelola bisnis secara serius seberapapun kecilnya skala bisnis Anda. Sudah banyak contoh bisnis kecil yang kemudian bertumbuh kembang menjadi bisnis besar.

sumber gambar: e27.co

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

cara memulai usaha dengan modal kecil

5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Berkali-kali kami mengulas mengenai bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil. Memang kami sangat berharap …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Cara Bisnis Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Cara Bisnis Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan