Home » Entrepreneurship » 6 Pilihan Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Kerja Kolaborasi

6 Pilihan Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Kerja Kolaborasi

6 Pilihan Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Kerja KolaborasiDi era kekinian seperti sekarang ini rasanya memang bisnis bisa Anda jalankan dengan lebih mudah. Salah satunya berkat berbagai layanan dan sarana aplikasi bisnis terbaik yang memberi Anda kemampuan melancarkan beberapa langkah bisnis tanpa beranjak dari depan laptop Anda bahkan tanpa harus selalu menambah biaya tenaga kerja. Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai alasan-alasan kenapa Anda perlu aplikasi bisnis. Bahkan ibui rumah tangga pun dapat menjalani usaha sampingan tanpa modal dengan aplikasi mobile.

Dan salah satu bantuan yang bisa Anda dapatkan adalah aplikasi bisnis terbaik untuk sistem kerja kolaborasi. Jika sebelumnya saya pernah pula mengulas 5 Jenis Aplikasi Bisnis Untuk Mempercepat Laju Bisnis Anda. Kini semakin banyak bisnis yang berjalan dengan konsep “remote teams”. Tak lagi setiap usaha memaksa harus dibuka dengan kantor formal dan karyawan yang masuk kerja I seperti konsep konvensional. Justru konsep ini membuat pemilik usaha dengan mudah bertemu dengan sumber daya manusia terbaik tanpa ada batasan jarak.

Masalahnya, dengan jarak yang terpisahkan dan minimnya bahkan bisa jadi hilangnya aspek pertemuan fisik, membuat pengawasan dan sistem kolaborasi tim kerja menjadi terhambat untuk terwujud. Dan untuk itulah Anda membutuhkan sebuah sistem kerja yang membantu tim kerja dalam sebuah usaha bisa berjalan dalam ritme yang sama dan dapat membangun kerjasama yang baik sebagaimana dalam kerja formal biasa.

Dan untuk itulah kemudian dibentuk beberapa aplikasi bisnis yang bekerja membantu Anda lebih mudah membangun kerjasama sebuah tim meski terpisahkan jarak. Anda bisa menemukan aplikasi bisnis terbaik yang membantu Anda mengerjakan sebuah proyek bersama, berdiskusi bersama, bahkan memungkinkan adanya ruang untuk mengenal tim kerja secara personal.

Aplikasi bisnis ini membantu Anda membangun bisnis Anda dengan praktis meski harus melibatkan tim kerja yang berposisi berjauhan. Hanya saja, tak mudah menemukan pilihan terbaik yang sesuai untuk bisnis Anda. Untuk itu berikut ini adalah beberapa pilihan aplikasi bisnis terbaik untuk sistem kerja kolaborasi.

Pilihan Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Kerja Kolaborasi

  1. Zoho Project
    Sebuah management tools yang akan membantu Anda melakukan berbagai aktivitas kolaborasi dengan sangat mudah dan efektif, bahkan dengan layanan gratis dalam batasan layanan tertentu. Kerap dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam menjalin sistem kerjasama sekalius melakukan perencanaan kerja dengan kekurangan utama pada kompleksitasnya yang kadang membuat aplikasi ini terkesan rumit.
  2. Wrike
    Aplikasi ini juga akan sangat membantu Anda dalam melakukan kerjasama dalam sebuah tim untuk berbagai proyek dan menjalin hubungan multi arah yang efektif. Harga premiumnya cenderung mahal mencapai $100 meski tidak memiliki cukup fitur interface atau fitur tatap muka yang memadai untuk jenis bisnis strata menengah.
  3. Liquid Planner
    Kalau yang Anda butuhkan adalah sebuah aplikasi bisnis terbaik untuk memfasilitasi sistem manajemen, perencanaan kerja, pengawasan kerja dalam proses dan membantu pekerja dengan beberapa panduan yang sudah Anda atur. Termasuk paling banyak digunakan karena keluwesan dalam sistem di dalamnya, apalagi dalam hal harga layanan satu ini terbilang murah.
  4. Atlasian Hipchat
    Yang satu ini sebenarnya lebih fokus sebagai aplikasi komunikasi sebuah kelompok. Tetapi bersamaan dengan itu Anda juga bisa berbagi file, screen sharing dan tentu saja beberapa materi bersama. Dengan layanan yang minim biaya jelas ini akan menjadi pilihan terbaik untuk pelaku usaha bisnis kecil untuk menjaga ritme kerja tim kerja mereka.
  5. Teamwork Project
    Mencari sebuah manajemen proyek yang membantu Anda dalam banyak aspek. Bukan hanya sekedar sebuah sistem cloud dan sistem komunikasi, tetapi juga rencana kerja yang terarah, pengawasan kerja yang efektif dan membantu tim kerja bekerja dalam kolaborasi yang efektif. Hanya saja aplikasi dan platform yang banyak dianggap kurang nyaman.
  6. Asana
    Yang satu ini memiliki desain grafis konon dianggap paling nyaman untuk kerja dan bisnis. Memiliki sistem kerja yang cukup efektif, interface yang cukup memadai dengan fitur yang relatif kaya. Memiliki sedikit kelemahan dalam sistem kerja offline dan kurang mendukung kebutuhan sistem kolaborasi yang rumit. Tetapi dengan sistem kerja murah bahkan bisa bebas biaya, rasanya memang kelemahan itu jadi tidak ada artinya.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi bisnis terbaik yang sama-sama memberi Anda banyak kemudahan dalam menjaga kualitas sistem kolaborasi dalam tim kerja Anda yang berada dalam jarak jauh. Kami akan mencoba membagikan kembali beberapa daftar lain dalam list ini untuk melengkapi daftar di atas di kesempatan yang lain.

 

sumber gambar: greymatterindia.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

penyusunan rencana usaha

Penyusunan Rencana Usaha Dengan 10 Software Business Plan Pilihan (Bag.2)

Penyusunan rencana usaha makin mudah dengan software bisnis plan. Berikut ini 10 software pilihan untuk Anda …

Tuliskan Komentar Anda Untuk 6 Pilihan Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Kerja Kolaborasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel 6 Pilihan Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Kerja Kolaborasi