Home » Entrepreneurship » 4 Cara Berbisnis Yang Sukses Untuk Pemula

4 Cara Berbisnis Yang Sukses Untuk Pemula

Cara Berbisnis Yang Sukses Untuk PemulaMasih bingung cara berbisnis yang sukses? Sahabat PoBis mulai tertarik untuk menjalankan bisnis pertama Anda di tahun ini? Kenapa tidak, perkembangan dunia bisnis yang semakin menggiurkan dengan kesempatan yang semakin terbuka untuk ide-ide baru selalu menjadi satu peluang untuk Anda yang ingin memulai bisnis pertama Anda.

Namun menjadi sukses sebagai pemula bukan pekerjaan mudah, Anda perlu menemukan cara berbisnis yang sukses dengan tepat sesuai jenis bisnis dan karakter Anda. Kebanyakan orang bahkan harus mengakui sampai perlu jatuh bangun dengan beragam jenis bisnis untuk kemudian bisa mereguk sukses.

Dalam salah satu laman rollingtop, salah satu laman media informasi bisnis dan gaya hidup ternama dari USA disampaikan kalau sebenarnya bisnis sukses tidak harus Anda lalui dengan perjalanan yang panjang. Faktanya teori klasik semacam duplikasi dari pebisnis sebelumnya juga bisa menjadi metode sederhana untuk Anda mereguk sukses lebih cepat, mengabaikan fakta bahwa Anda juga hanya seorang pemula dalam bidang bisnis.

Dan apa sebenarnya yang perlu Anda lakukan sebagai cara berbisnis yang sukses sebagai pemula? Dalam laman tersebut disebutkn 4 tips sederhana yang bisa membantu Anda beberapa langkah lebih siap dengan bisnis Anda. Dan adapun 4  cara berbisnis yang sukses untuk pemula tersebut adalah sebagai berikut.

Baca juga: 9 Trik Usaha Sukses Yang Harus Anda Perhatikan

Cara Berbisnis Yang Sukses Untuk Pemula

  • Pahami Diri Anda Sendiri
    Menjalankan bisnis sebenarnya sama dengan menjalankan pekerjaan. Pilihlah pada bidang yang sesuai dengan diri Anda karena dengan demikian Anda bisa menikmati pekerjaan Anda dan menjalankannya dengan lebih nyaman. Demikian pula dengan bisnis, tak setiap orang cocok untuk sebuah bisnis demikian pula sebaliknya.
    Pahami dulu, apa yang menarik bagi Anda, apakah kegemaran dan hasrat Anda, bagaimana gaya Anda terhadap resiko, bagaimana gaya Anda menghadapi rintangan dan apakah Anda termasuk orang yang mudah berinteraksi langsung dengan dunia sosial atau lebih nyaman berinteraksi dengan perangkat serta banyak faktor lain.
    Ini untuk memudahkan Anda menemukan jenis bisnis yang sesuai dengan minat, bakat, dan hobi Anda. Juga sesuai dengan karakter Anda dalam bersosialisasi, dalam menghadapi tantangan, resiko dan rintangan.
  • Identifikasi bagian terdasar
    Yang kerap diabaikan oleh pebisnis ketika sudah yakin menemukan sebuah ide bisnis terbaik untuk mereka jalankan adalah mempersiapkan ide bisnis ini menjadi bentuk bisnis yang matang. Harus diakui Anda memang harus meluangkan waktu di awal untuk analisa ide bisnis Anda. Lebih dari sekedar analisa kelayakan, tetapi analisa strategi dan perencanaan. Adapun beberapa hal penting tersebut antara lain:

    • Masalah penamaan
      Kebanyakan pebisnis kerap memandang urusan nama bukan urusan yang penting. Selama mudah diingat, jadilah. Padahal perlu pandangan khusus untuk mendapatkan nama yang mampu lebih dari sekedar mudah diingat, tetapi juga memberi identitas dan membantu konsumen mengenali dengan cepat. Itu sebabnya penamaan ini juga akan bekaitan dengan urusan pembuatan logo.
    • Lokasi
      Tidak salah kalau Anda tertarik memulai bisnis di pasar ata are apertokoan dengan pertimbangan lokasi dekat keramaian. Namun kadang tidak selamanya bisnis Anda perlu lokasi sestrategis ini, karena bisa jadi malah menambah kebutuhan modal usaha. Anda juga kini bisa membuka usaha virtual dengan cara puluhan kali lebih mudah dari bisnis nyata.
    • Masalah nilai produk
      Ide usaha Anda, produk Anda hanya bisa bersaing dengan sehat bila ada nilai lebih yang bisa Anda tawarkan ke pasar. Setidaknya Anda membutuhkan dua nilai tambah, nilai yang mampu mendatangkan keingin tahuan dan nilai yang membuat konsumen datang lagi. Temukan nilai tambah ini untuk menguatkan akar usaha Anda dalam bersaing dengan sehat.
    • Kompetisi
      Hampir setiap bisnis baik itu pemula atau profesional akan berhadapan dengan kompetisi. Pahami dengan baik tingkat kompetisi yang Anda hadapi dalam bisnis Anda, seberat apa tingkat persaingan dan celah-celah yang memungkinkan Anda mencuri bagian pasar.
  • Identifikasi keuangan Anda.
    Segera periksa kemampuan dan kapasitas keuangan Anda saat ini. Kenali juga beberapa kemungkinan tambahan sumber modal yang bisa Anda dapatkan. Ini akan membantu Anda merencanakan operasional, faktor kebutuhan peralatan, kapasitas usaha dan beberapa langkah pemasaran.
  • Strategi
    Anda sudah memahami kondisi kompetisi yang Anda hadapi, karakter diri Anda dan karakter dari produk Anda, Anda juga sudah memahami dengan baik kelebihan dan kekurangan produk Anda. Kini saatnya melakukan strategi untuk memasarkan produk Anda. Bagaimana strategi Anda untuk masuk dalam pasar, mengenalkan produk dan usaha Anda, menarik konsumen pertama Anda dan mempertahankan konsumen untuk tetap membeli produk Anda.

Itulah 4 cara berbisnis yang sukses dengan cara sederhana untuk Anda para pemula usaha di tahun ini. Bisnis yang sehat adalah bisnis yang sudah dipersenjatai perencanaan yang matang dan strategi maksimal untuk perkembangan usaha.

sumber gambar: business2community.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

cara memulai usaha dengan modal kecil

5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Berkali-kali kami mengulas mengenai bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil. Memang kami sangat berharap …

Tuliskan Komentar Anda Untuk 4 Cara Berbisnis Yang Sukses Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel 4 Cara Berbisnis Yang Sukses Untuk Pemula