Home » Entrepreneurship » 10 Tips Untuk Kamu yang Ingin Memulai Bisnis Dari Usia Muda!

10 Tips Untuk Kamu yang Ingin Memulai Bisnis Dari Usia Muda!

Tanggal tua dan uang saku menipis pastinya menjadi momok setiap anak rantau. Ngutang sana sini, nebeng makan sama teman atau bahkan memilih untuk makan mie instan. Kerja parttime mungkin bisa jadi pilihan apabila memiliki banyak waktu senggang. Berpikir untuk berbisnis namun modal tipis atau bahkan tidak ada pun rasanya mustahil.

Tenang, gak ada yang mustahil kalau kamu ada niat dan punya banyak relasi. Semuanya pasti bakalan di permudah kok. Kamu bisa memulai bisnis dengan join bareng teman kamu. Atau kamu bisa mulai dengan usaha kecil-kecilan mungkin.

Nah, buat kamu yang ingin mempunyai uang tambahan sendiri. Mungkin tips dan trik dibawah ini bisa kamu pakai. Tentunya dengan tekat yang matang dan keberanian yang tinggi. Usaha kecil-kecilan yang tidak menyita waktu bisa menjadi alternatif untuk memulai bisnis.

Tentunya kamu juga harus memiliki tekad yang kuat dan pastinya tidak mudah berputus asa. Karena setiap usaha pasti akan ada baik dan buruknya. Di samping itu kamu juga harus gigih dalam menghadapi setiap tantangan yang ada.

1. Kembangkan Bisnis Sesuai Hobi

Kembangkan Bisnis Sesuai Hobi

gambar: fajriphoto.com

Hobi yang kamu miliki dapat membuat kamu bisa mendapatkan uang saku tambahan. Bisnis yang kamu kembangkan sesuai dengan hobi kamu pasti akan lebih menyenangkan. Karena kamu dengan senang hati menjalannyakan, walaupun hanya sekedar hobi namun dapat menjadi ladang emas.

Misalnya saja, kamu suka masak. Kamu bisa memulai usaha dengan sekedar membuat puding atau salad. Waktu yang digunakan juga tidak menyita waktu belajarmu. Dengan begitu tidak hanya kantongmu yang akan bertambah tebal, tapi hobimu juga akan tersalurkan.

Baca juga: Belajar Bisnis Kecil-Kecilan Dengan Ide Dari Hobi

2. Siapkan Modal Usaha

Siapkan Modal

gambar: ecc-netitalia.it

Modal kecil tidak masalah yang terpenting adalah niat untuk memulai. Modal memang kunci utama dari membangun bisnis. Bicara tentang modal, kamu dapat membicarakannya dengan orang tua kamu. Atau join dengan teman juga bisa kamu lakukan.

Membuka usaha dengan bergabung dengan temanmu yang akan memulai atau telah memulai usaha tentunya harus saling memahami. Kamu dan temanmu harus siap menghadapi setiap masalah yang akan kalian hadapi nantinya. Atau karena usaha yang kalian rintis bersama tidak sesuai dengan target yang kalian inginkan, maka akan terjadi sedikit pertikaian. Untuk mengatasinya kalian dapat membangun komunikasi yang baik dan saling terbuka satu sama lain.

Baca juga: Pinjaman Modal Usaha Dari Pemerintah Melalui Bantuan PNM

3. Pilih Lokasi Usaha Yang Cocok

Pilih Lokasi Usaha yang Cocok

gambar: streetfightmag.com

Lokasi juga akan menentukan keberhasilan usahamu. Tidak mau ribet untuk mencari lokasi? Kamu bisa berjualan online dan menawarkannya ke teman-temanmu. Dengan membuat tester atau memakai produk yang akan di jual.

Lokasi sangatlah penting dalam keberhasilan suatu usaha. Tempat yang baik dan ramai juga akan menambah persaingan usahamu. Tentukan lokasi yang cocok dengan usaha yang akan kamu rintis. Apabila kamu membuka usaha kuliner, kamu dapat membukanya di tempat yang ramai dengan wisatawan. Mungkin akan lebih menguntungkan.

4. Menentukan Harga Jual

Menentukan Harga Jual Produk

gambar: etepatoz.com

Harga jual sangatlah berpengaruh kepada banyaknya costumer. Persaingan harga jual yang tinggi membuat costumer lebih jeli dalam memilih produk. Kualitas produk juga akan menentukan harga jual yang setara dengan kualitas yang kamu tawarkan.

Kamu juga dapat melakukan survei untuk menentukan harga jual. Selain melakukan survei ada cara lain yang dapat kamu lakukan. Kamu dapat menghitung lebih rinci modal yang dikeluarkan untuk barang atau jasa yang kamu tawarkan. Sehingga kamu akan mendapatkan laba yang diinginkan.

Apabila kamu tidak menentukan harga jualnya, bisa-bisa kamu tidak balik modal atau malah rugi. Oleh karena itu, kamu juga harus menghitung dengan cermat harga jual dari barang atau jasa tersebut. Dengan begitu kamu tidak akan dapat meminimalisir kerugian yang akan terjadi.

Baca juga: Strategi Penetapan Harga Cara Menentukan Harga Jual

5. Stop Dreaming Start Action

Stop Dreaming Start Action

gambar: allgymnasts.com

Jika kamu hanya bermimpi untuk memulai bisnis, maka bisnis tersebut tidak akan berjalan. Jadi kamu harus memulai melakukan sesuatu agar bisnis kamu dapat berjalan sesuai dengan keinginanmu. Bermimpi tanpa melakukan tindakan akan membuatmu semakin bingung untuk memulai. Tidak perlu takut untuk bersaing, karena persaingan akan membentuk mentalmu menjadi lebih tangguh.

Bermimpi dan bermimpi hanya akan membuatmu semakin putus asa. Tidak adanya action yang kamu lakukan, maka mimpimu juga akan sia-sia belaka. Karena mimpi tanpa adanya usaha tidak akan ada hasilnya.

Baca juga: Apakah Anda Berani Jadi Pengusaha? Atau Tidak!

6. Promosikan Bisnismu

Promosikan Bisnismu

gambar: wix.com

Pastikan kamu mempromosikan bisnismu. Apabila kamu tidak mempromosikannya, bagaimana orang-orang disekitarmu akan tahu kalau kamu mempunyai bisnis? Jadi, sebaiknya jangan takut untuk mempromosikannya. Baik itu melalui media sosial atau dari mulut ke mulut. Namun sebelum melakukan promosi, pastikan produk barang atau jasa yang kamu tawarkan cocok dengan kebutuhan costumer.

Baca juga: Memahami 7 Fungsi Pemasaran

7. Buatlah Sistem Bisnis yang Bagus

Buatlah Sistem Bisnis yang Bagus

gambar: yessalesrecruitment.co.uk

Bisnis dengan sistem dan pengaturan yang baik akan membuat kamu lebih mudah untuk mengontrol bisnismu. Tentunya dalam sebuah bisnis kamu tidak hanya bekerja sendiri. Kamu pasti akan membutuhkan orang lain untuk mendukung bisnismu. Komunikasi yang baik adalah awal dari kesuksesan bisnis yang akan kalian bangun bersama-sama.

Sistem bisnis yang baik akan membuatmu merasa nyaman dalam bekerja. Dengan adanya pembagian kerja, maka kamu akan dapat menjalankan bisnismu tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang satu untuk pekerjaan yang lainnya. Demikian juga apabila kamu memiliki sistem yang baik, kamu akan dengan mudah untuk melihat perkembangan bisnismu.

8. Pembukuan Keuangan Usaha

Sistem Pembukuan Keuangan Usaha

gambar: hartaku.com

Setiap uang yang masuk dan keluar harus dicatat secara rinci untuk meghindari adanya kerugian. Apabila kerugian terjadi, dengan adanya pembukuan keuangan kamu dapat melihat penyebab dari kerugian tersebut. Selain itu kamu juga dapat menghindari terjadinya percampuran antara keuangan bisnis dan pribadi.

Hal yang paling mendasar apabila kamu akan membuka bisnis adalah keuangan. Terkadang kamu masih mencampurkan keuangan pribadimu dengan keuangan bisnismu. Dengan adanya pembukuan keuangan, kamu dapat mencatat setiap pengeluaran bisnismu. Sehingga tidak tercampur dengan keuangan pribadimu.

Baca juga: Panduan Mulai Penyusunan Pembukuan Akuntansi Keuangan

9. Gunakan Teknologi dengan Baik

Gunakan Teknologi Dengan Baik Untuk Menunjang Usaha

gambar: freecybers.com

Menggunakan teknologi yang kamu punya juga akan mempengaruhi kesuksesan dari bisnis yang kamu jalani. Dengan melakukan promosi di sejumlah media sosial, melakukan jual beli dengan cara transfer melalui m-banking dan sebagainya. Cara ini akan mempermudah kamu dalam melakukan bisnis dan mengontrol bisnismu.

Menggunakan teknologi dalam bisnis merupakan hal yang lumrah untuk kamu lakukan. Dengan banyaknya teman di media sosialmu, maka disanalah ladang emasmu. Usaha kecilmu lama kelamaan akan semakin besar.

Baca juga: 4 Tips Sukses Membangun Startup Membangun Kerajaan Teknologi Sejak Dini

10. Perlakukan Kostumer dengan Baik dan Ramah

Perlakukan Kostumer dengan Baik dan Ramah

gambar: zsoft-bd.com

Pelayanan yang baik akan membuat kostumermu senang dan mau datang kembali ke tempatmu. Kostumer akan merasa nyaman apabila kamu memberikan pelayanan yang baik dan ramah. Dengan memberikan potongan harga atau menyediakan tempat yang nyaman agar kostumer juga nyaman berbelanja di tempatmu.

Apabila usahamu itu bisnis online, kamu dapat membuatnya kostumer senyaman mungkin untuk bertanya. Jangan judes atau terlalu formal dalam menanggapi kostumer. Bersahabatlah dengan kostumermu.

Baca juga: Cara Menarik Pelanggan Agar Betah Dan Meningkatkan Penjualan Anda

Siap memulai bisnismu? Lakukan yang terbaik dan jangan takut bangkrut serta bersaing dengan orang lain. Karena bisnis tanpa persaingan sama saja seperti kehidupan tanpa adanya ujian. Ganbatte…

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

cara memulai usaha dengan modal kecil

5 Tips Untuk Sempurnakan Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Berkali-kali kami mengulas mengenai bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil. Memang kami sangat berharap …

Tuliskan Komentar Anda Untuk 10 Tips Untuk Kamu yang Ingin Memulai Bisnis Dari Usia Muda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel 10 Tips Untuk Kamu yang Ingin Memulai Bisnis Dari Usia Muda!