Home » Bisnis Online » Tips Dapatkan Ide StartUp Bisnis Potensial Di Pasar Lokal

Tips Dapatkan Ide StartUp Bisnis Potensial Di Pasar Lokal

startup bisnisTrend startup bisnis memang sedang merambah Indonesia, sampai konon beberapa periset online meyakini setidaknya 3 ide baru muncul dalam ranah bisnis start up lokal untuk setiap harinya. Anda dapat membaca kisah sukses dengan bisnis startup. Perusahaan start up adalah perusahaan perintis yang menjalankan roda usaha dengan hampir sepenuhnya bergantung pada potensi dunia maya dengan pelayanan yang tidak biasa. Yang menarik, sebagian besar start up ini lahir dengan ide startup bisnis potensial yang unik dan original.

Memasuki pasar startup bisnis memang cukup menarik, karena di sini Anda akan berhadapan dengan kondisi medan dan pasar yang berbeda dari bisnis pada umumnya.  Sebagai perintis, kadang Anda bisa jadi tidak harus berjibaku dengan persaingan, karena besar kemungkinan Anda tidak punya pesaing, kecuali produk Anda bisa disubstitusi atau digantikan fungsinya oleh produk lain.

Ini membuat banyak orang terpikat memasuki ranah ini apalagi mengingat besarnya potensi dari pasar online. Hanya saja banyak orang kehilangan ide ketika mulai mencari ide startup bisnis potensial. Karena faktanya meski tak ada persaingan, tetap saja banyak bisnis start up yang kolaps karena gagal memikat pasar. Karena itu agar tidak gagal Anda juga harus membaca tips sukses membangun startup.

Lalu bagaimana cara menemukan ide bisnis startup potensial untuk Anda jalankan? Berikut ini beberapa tips yang akan membantu Anda dalam mendapatkan ide bisnis start up yang potensial untuk pasar lokal.

Tips Mendapatkan Ide Startup Bisnis Potensial

  • Gali dari lingkungan Anda
    Amati apa yang terjadi di sekitar Anda dan temukan masalah yang muncul di lingkungan Anda. Bila perlu perluas cakupan riset Anda untuk menemukan masalah yang lebih luas cakupannya. Lalu Coba temukan ide-ide solusi yang bisa membantu memecahkan persoalan tadi. Ini akan menelurkan ide startup bisnis potensial yang sesuai dengan situasi pasar.
    Berangkat dari ini pulalah muncul ide-ide unik yang bermunculan dalam  dunia start up dan belakangan sedang  naik daun, seperti  layanan jasa  ojek online dan jasa layanan antar kuliner online.
  • Jadikan kemampuan Anda sebagai aset
    Anda mahir dalam hal pembukuan dan akuntansi, manfaatkan kemampuan Anda ini untuk membuka jasa akuntansi online dan konsultasi pengelolaan keuangan. Atau Anda mahir dalam bidang desain dan membuka sebuah strat up percetakan fabric lengkap dengan desain buatan Anda sendiri.
    Dengan latar belakang pendidikan Anda, kemampuan Anda dan kebisaan Anda yang sudah terlatih, Anda bisa menjual  kemampuan ini sebagai aset bisnis Anda. Bukalah start up yang terfokus untuk menjual kemampuan Anda ini.
  • Mulai dari apa yang sangat Anda kenal
    Anda berprofesi sebagai mahasiswa, kenapa tidak memulai dengan mencari ide startup bisnis potensial yang berangkat dari apa yang biasa Anda temukan dan keluhkan sebagai mahasiswa.  Atau Anda menyukai dunia komik, coba mulai dengan menyediakan start up berkaitan dengan komik seperti aplikasi komik atau penjualan komik online.
    Biasanya dengan Anda menjadi bagian dari sebuah kondisi atau sudah menjalankan sebuah aktifitasnya setiap waktu, Anda akan menjadi sangat familier dengan segala seluk beluk dari dunia tersebut dan membantunya menemukan ide yang bisa Anda angkat sebagai ide startup bisnis potensial.
  • Pelajari start up lain
    Kadang kala berobservasi akan membantu Anda menemukan ide briliant. Salah satunya dengan mengamati perkembangan start up yang sudah ada. Ada banyak ide yang bisa Anda telurkan dari apa yang sudah berkembang di pasar.
    Dari sini Anda akan menemukan beberapa start up dengan potensi pasar yang masih sangat luas dan memungkinkan Anda juga memasuki pasar yang sama. Atau justru dari sini Anda bisa menemukan ide-ide baru, misalkan dengan memecahkan masalah yang tersisa dari ide bisnis startup lain.
  • Manfaatkan perkembangan teknologi
    Salah satu titik awal yang potensial untuk Anda kembangkan sebagai ide startup bisnis potensial adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah ada. Anda bisa melakukan atau menggunakan teknologi yang sudah ada dan menjadikannya aset untuk melayani konsumen Anda. Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi inilah yang Anda jual melalui start up Anda.
    Kadang kala teknologi juga bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan start up. Jadi teknologi bukan menjadi produk yang Anda tawarkan, melainkan sebagai sarana untuk membantu Anda melancarkan pemasaran ke pasar. Kemudahan pemasaran yang Anda peroleh dengan keberadaan teknologi ini juga bisa menjadi awal ide bisnis startup potensial.

Tunggu apalagi Sahabat PoBis.. Ayo, gali ide startup bisnis dan jadikan sebagai bisnis potensial yang menguntungkan dan bermanfaat bagi banyak orang.

 

sumber gambar startup bisnis: bacd.ca

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis StartUp Paling Potensial Saat Ini

7 Ide Bisnis StartUp Paling Potensial Saat Ini

Bisnis startup apa saja yang potensial dan banyak dicari konsumen? Perkembangan teknologi dan semakin mudahnya akses …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Tips Dapatkan Ide StartUp Bisnis Potensial Di Pasar Lokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Tips Dapatkan Ide StartUp Bisnis Potensial Di Pasar Lokal