Home » Bisnis Online » Cara Online Shop Sukses; Tambahkan 5 Fitur Ini!!

Cara Online Shop Sukses; Tambahkan 5 Fitur Ini!!

Cara Online Shop SuksesCara online shop mendulang sukses, sudah tentu banyak cara. Salah satunya adalah dengan menambahkan fitur-fitur tertentu pada website online store Anda. Fitur tersebut berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, memudahkan navigasi konsumen, memberi kenyamanan konsumen, dan meningkatkan profesionalitas online store Anda. Selain itu masih banyak tips bisnis jualan online yang dapat Anda terapkan untuk usaha Anda.

Pada kesempatan sebelumnya kami menyarankan Anda untuk mulai menjajal membuat sebuah website untuk usaha online Anda. Dikatakan bahwa Anda memang bisa menjual dengan cara online shop sederhana dengan hanya mengandalkan media sosial belaka. Tetapi untuk menjadi profesional dan mengejar hasil yang lebih menjanjikan, Anda tetap akan disarankan untuk membuat sebuah website.

Tetapi sebuah website belaka ternyata tak cukup jitu meningkatkan penjualan. Anda harus menyertakan beberapa fitur dalam website Anda untuk mendongkrak penjualan dari online shop Anda. Inilah cara online shop besar untuk mereguk sukses dalam penjualan mereka.

Kalau Anda hanya membuat sebuah website belaka tanpa memudahkan konsumen melakukan pembelanjaan, tanpa informasi yang jelas mengenai produk dan prosedur pembelian, sebenarnya memang tidak akan banyak membantu. Karena tujuan dari keberadaan website adalah untuk semakin memudahkan konsumen menemukan informasi terkait produk dan melakukan pembelanjaan.

Dan untuk itulah penting Anda sertakan beberapa fitur tambahan berikut ini dalam website online shop Anda.

Cara Online Shop Sukses; Tambahkan 5 Fitur Ini!!

  1. Fitur Shopping chart
    Fitur ini dianggap sebagai sebuah cara online shop untuk menunjukkan bahwa bisnis Anda sudah dikelola secara otomatis dan modern. Dan memang fitur yang biasa ditandai dengan sebuah keranjang belanja ini memberi banyak manfaat baik bagi pemilik online shop maupun untuk konsumen.
    Bagi Anda pemilik online shop, keberadaan shopping chart akan memberikan Anda kepraktisan. Karena dibalik fitur ini sudah tersedia format perhitungan otomatis dan data mengenai harga dan program-program khusus terkait pembelanjaan yang Anda terapkan. Ini membuat Anda tidak lagi dibuat repot dengan urusan perhitungan dan data penjualan, karena semua sudah terdata di dalam fitur.
    Bagi konsumen, mereka akan dimudahkan karena mereka akan mendapat informasi lengkap mengenai item yang mereka beli, lengkap dengan jumlah, jenis, sampai alamat pengiriman dan seluruh dana yang perlu mereka transferkan.
  2. Chat Online
    Sebelum ini, kebanyakan pelaku usaha online shop membuka channel komunikasi dengan konsumen dan calon konsumen melalui sosial media atau dengan media chat seperti BBM atau WA.
    Tetapi kini banyak konsumen cenderung tertarik memanfaatkan chat online yang tersedia karena dianggap lebih praktis. Anda bisa dengan mudah melakukan komunikasi dengan konsumen tanpa membuat mereka berpindah dari laman Anda. Ini memudahkan mereka melakukan chat sembari melihat produk dan informasi dalam laman website sekaligus.
  3. Member area
    Beberapa online shop memilih untuk menggunakan sistem member area untuk dapat berbelanja. Cara ini di awalnya kerap dianggap tidak praktis, tetapi belakangan justru mulai digemari karena keikutsertaan konsumen sebagai member kemudian akan berbuntut kemudahan lain.
    Ini karena Anda akan dimudahkan untuk melakukan komunikasi lanjutan pasca penjualan dengan konsumen, termasuk informasi program, promosi dan berbagai informasi produk baru. Konsumen sendiri juga akan mudah mengakses layanan pasca jual dengan sistem member ini.
  4. Sistem konfirmasi pembayaran
    Awalnya kebanyakan yang memakai sistem konfirmasi ini adalah portal jual beli untuk mengamankan transaksi yang terjadi di dalam portal. Tujuannya untuk memastikan konsumen mendapatkan layanan optimal dan bebas penipuan.
    Kini sistem konfirmasi ini juga disukai toko online biasa karena dianggap juga memberi bukti bahwa online shop ini juga memberi kesan bebas spam. Sistem konfirmasi pembayaran merupakan salah satu cara online shop untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Konsumen juga akan dimudahkan mendapatkan informasi terkait sistem pembayaran yang paling mudah mereka lakukan, melakukan konfirmasi yang tersistem dan mendapatkan kepastian keberadaan produk.
  5. Testimoni
    Fitur ini biasanya terkoneksi dengan sosial media atau laman chat online. Beberapa juga membutuhkan input manual untuk memuat materi testimoni. Namun kini juga tersedia fitur khusus yang memudahkan konsumen langsung bertestimoni di ruang komen khusus.
    Cara online shop ini memiliki tujuan yang jelas, karena testimoni cenderung menjadi salah satu landasan bagi konsumen menilai produk dan layanan Anda. Dengan memuat testimoni, Anda akan memudahkan konsumen menemukan pendapat pihak ketiga, sekaligus mendorong setiap konsumen Anda juga turut memberikan testimoni mereka. Anda jelas diuntungkan ketika testimoni di laman Anda berderet kan?

Bagaimana menurut Anda? Masuk akal bukan kalau kami katakan 5 fitur di atas memiliki peran besar dalam membantu mendongkrak penjualan Anda. Inilah cara online shop untuk mereguk sukses dengan lebih cepat.

sumber gambar: blog.pixelfish.com.au

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis StartUp Paling Potensial Saat Ini

7 Ide Bisnis StartUp Paling Potensial Saat Ini

Bisnis startup apa saja yang potensial dan banyak dicari konsumen? Perkembangan teknologi dan semakin mudahnya akses …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Cara Online Shop Sukses; Tambahkan 5 Fitur Ini!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Cara Online Shop Sukses; Tambahkan 5 Fitur Ini!!