Home » Bisnis Online » 5 Langkah Mudah Cara Membuka Bisnis Online Yang Sukses

5 Langkah Mudah Cara Membuka Bisnis Online Yang Sukses

Cara Membuka Bisnis Online Yang SuksesCara membuka bisnis online yang sukses itu bagaimana? Mungkin pertanyaan ini juga berkembang di benak Anda. Perkembangan dunia digital memang sudah memberikan peluang-peluang baru di dunia maya. Bila di awal-awal kemunculannya bisnis online selalu melulu soal blogging, kini ide-ide start up menjamur bak cendawan di musim hujan.

Meraih sukses melalui startup menjadi idaman pebisnis online. Dan faktanya meski peluang menjadi demikian luas tak mudah memahami cara membuka bisnis online dengan tepat. Meski banyak orang terjun dalam bisnis online, tak sedikit dari mereka yang mengaku cukup ngos-ngosan dengan bisnis online yang mereka kembangkan.

Tak semudah yang selama ini digembor-gemborkan orang kan? Ternyata ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda memulai bisnis online Anda apapun itu modelnya, mulai dari ide bisnis adsense, bisnis channel youtube, online shop, bahkan sampai game dan start up unik.

Tak sedikit bisnis online yang akhirnya harus mencatatkan kebangkrutan karena mereka tak cukup paham cara membuka bisnis online. Mungkin modal materi yang Anda investasikan untuk mulai membuka bisnis online terbilang kecil. Namun dibalik itu Anda mengeluarkan tenaga dan memeras otak untuk merintis usaha online.

Faktanya sebagian dari mereka memang tidak menanamkan modal yang besar sehingga acapkali terlihat santai ketika bisnis mereka merugi. Tetapi ketika Anda sudah memutuskan untuk full time dengan bisnis online, saatnya Anda serius dan memperhatikan hal-hal penting dalam cara membuka bisnis online berikut ini.

Langkah Mudah Cara Membuka Bisnis Online Yang Sukses

  1. Ikat dengan Sosial media
    Sosial media adalah bentuk kekuatan dalam dunia online. Ini perlu untuk Anda sadari sejak awal. Karena ketika bicara soal populasi dalam pasar dunia maya, maka sosial media akan menjadi pusat populasi ini, kalau kami akan menyebutnya tempat tongkrongan.
    Ketika Anda membuka usaha di kawasan parkir timur Senayan atau lapangan monas dimana ada begitu banyak pengunjung setiap harinya, jelas besar kemungkinan apapun produk yang Anda jual laku keras kan? Ini karena lapangan monas adalah pusat tongkrongan dalam populasi.
  2. Tak ada kata bosan dengan SEO
    Mau terjun dalam dunia bisnis online, tak boleh merasa bosan dengan kata SEO. Karena segala hal terkait kegiatan bisnis online memang akan selalu berkaitan dengan optimalisasi SEO ini.
    SEO akan membantu Anda lebih mudah terbaca oleh google, akan lebih mudah pula dipahami dan dicari konsumen dan target pasar Anda. Ini karena SEO sendiri tak ubahnya sebagai prinsip dan cara kerja dalam dunia maya.
    Penting untuk memahami bagaimana beradaptasi dengan SEO dalam website Anda, konten Anda, tulisan Anda, iklan Anda, video Anda dan materi-materi Anda. Bagaimana keberadaan usaha online Anda mudah terlacak.
  3. Tidak ada kata berlebihan.
    Saking inginnya bisa terbaca oleh google, Anda menjejalkan keyword dalam konten Anda sampai terkesan dipaksakan. Kemudian Anda terus sibuk dengan akun instagram dan twitter Anda setiap 10 menit sekali untuk share informasi produk. Jangan lupa akun facebook Anda tak habis-habisnya menandai sebanyak mungkin rekan facebook Anda.
    Menjadi berlebihan memang tak pernah baik bukan? Demikian pula dengan cara membuka bisnis online. Ketika Anda berlebihan, konsumen dan pasar potensial Anda justru akan semakin jengah dengan Anda. Bisa jadi mereka diam-diam akan unfollow Anda begitu Anda terus berulah seperti ini.
  4. Set waktu Anda
    Menjalankan bisnis online kerap kali menjebak, karena sebagian besar dari mereka adalah pekerja dan pebisnis rumahan yang bekerja sepenuhnya hanya dari rumah. Pengandaian dengan bekerja semacam ini Anda bisa mulai bekerja dengan baju tidur Anda kerap kali justru menjadi jebakan untuk Anda.
    Anda kehilangan objetif Anda untuk bekerja, menjadi tidak teratur dan tidak disiplin. Padahal klien tidak peduli dimanapun Anda bekerja, mereka akan menuntur kualitas dari Anda. Jadi pastikan Adna disiplin untuk mengatur waktu demi bisa menjalankan bisnis ini dengan efektif.
  5. Cari cara yang lebih mendalam
    Siapkan diri Anda menemukan sumber daya baru yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda dan memaksimalkan hasilnya. Ini artinya Anda harus peka dengan perkembangan yang terjadi.
    Anda bisa menjajal berbagai konsep dan aplikasi baru di dunia maya yang akan bekerja mendukung bisnis Anda. Yang Anda perlukan hanya kejelian Anda dala melihat setiap peluang dan bisnis. Anda harus siap diawal sebagai salah satu cara membuka bisnis online, untuk selalu belajar hal baru, karena perkembangan dunia online yang super cepat juga menuntut kepekaan Anda.

Bicara soal dunia maya harus diakui  memang sarat prospek tetapi juga penuh dengan agam masalah dan kekurangan. Tak heran kunci sukses dalam bidang online adalah ketekunan dan kesungguhan Anda, termasuk dalam mengimplementasikan cara membuka bisnis online di atas.

sumber gambar: wittysparks.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis StartUp Paling Potensial Saat Ini

7 Ide Bisnis StartUp Paling Potensial Saat Ini

Bisnis startup apa saja yang potensial dan banyak dicari konsumen? Perkembangan teknologi dan semakin mudahnya akses …

Tuliskan Komentar Anda Untuk 5 Langkah Mudah Cara Membuka Bisnis Online Yang Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel 5 Langkah Mudah Cara Membuka Bisnis Online Yang Sukses