Home » Bisnis Online » Bagaimana Cara Menilai Bisnis Start Up Anda

Bagaimana Cara Menilai Bisnis Start Up Anda

Bagaimana Cara Menilai Bisnis Start Up AndaBagaimana cara menilai bisnis start up? Untuk apa Anda harus tahu cara menilai bisnis start up? Dengan mengetahui nilai bisnis start up Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk menaksir nilai tawar apabila suatu saat Anda hendak menjual start up Anda atau bila suatu saat start up membutuhkan pendanaan dari investor.

Bisnis start up sebenarnya merupakan sebuah bisnis yang mengusung ide baru memberi pelayanan yang sebelumnya belum pernah ada dengan manfaat yang sifatnya sebagai terobosan baru. Dan tentu saja bisnis ini harus bersifat “new release” atau baru saja di rilis.

Biasanya dengan menyandang gelar nubie, jelas bisnis ini belum memiliki cukup riwayat di masa lalu. Tak ada record apapun yang bisa menjadi acuan, apakah bisnis ini menguntungkan, apakah pasar benar tertarik dan apakah ada progress baik dalam perkembangan usaha dan keuangan di dalamnya. Sehingga sedikit sulit untuk menentukan cara menilai bisnis start up tersebut.

Sementara untuk kebanyakan usaha start up, mereka akan membutuhkan suntikan modal untuk benar-benar bisa merilis usahanya ke pasar yang sebenarnya. Ini karena kebanyakan dari para pelaku usaha start up ini, tak ada yang memiliki modal uang dalam genggaman mereka selain modal ide dan terobosan unik mereka. Sehingga untuk memulai usaha yang nyata mereka akan membutuhkan investor untuk menunjang kebutuhan modal mereka.

Beruntungnya bila 10 tahun lalu rasanya akan cukup sulit menemukan para angel investor yang memang tertarik memutarkan uang mereka dalam peluang-peluang start up macam ini. Namun kini Anda hanya perlu menggali cukup dalam dan banyak sekali pengusaha skala nasional dan internasional serta perusahaan joint venture akan bersedia menyediakan dana pada start up yang dianggap bernilai.

Inilah letak kesulitannya. Tanpa sebuah data akuntansi yang berjalan setidaknya dalam beberapa tahun, tanpa record pemasaran memadai apa standar yang bisa Anda gunakan sebagai rujukan penentuan nilai dari perusahaan start up Anda.

Itu sebabnya kemudian kerap muncul konflik ketika pihak pemilik usaha dan investor menentukan nilai usaha. Kadang kedua pihak memiliki standar nilai masing-masing dan akhirnya tak jarang kesepakatan jatuh menjadi overrated atau underrated.

Baca juga: 4 Tips Sukses Membangun Startup Membangun Kerajaan Teknologi Sejak Dini

Bagaimana Cara Menilai Bisnis Start Up Anda

sumber gambar: canadastartups.org

3 Cara Menilai Bisnis Start Up

Dalam Enterpreuner.com, terdapat beberapa advis mengenai bagaimana seharusnya cara menilai bisnis start up. Bagaimana nilai yang akhirnya disepakati akan sesuai dengan harapan Anda.

  1. Lakukan beberapa perbandingan
    Pahami dengan baik karakter dan ruang lingkup bisnis Anda. Jangan lupa pahami juga bagaimana peluang-peluang yang Anda temukan di pasar potensial Anda. Juga kenali peta persaingan dan rintangan-rintangan lain pada pasar.
    Ini bukan sekedar data yang menunjukan bagaimana Anda benar-benar siap dengan segala informasi terkait bagaimana usaha ini nantinya Anda jalankan. Meski tentu saja semakin Anda matang dengan persiapan bisnis Anda, semakin besar peluang Anda meyakinkan investor.
    Tetapi fakta ini juga bisa sebagai standar perbandingan dengan bisnis yang sudah berjalan. Temukan bisnis lain yang memiliki beberapa kedekatan karakter dengan bisnis start up Anda dan jadikan nilai perusahaan ini sebagai acuan dalam menilai bisnis Anda. Arahkan pandangan investor untuk melihat setidaknya bisnis Anda memiliki banyak kesamaan dengan bisnis pembanding.
  2. Lakukan estimasi
    Bagi investor, nilai sebuah usaha selalu soal apakah bisnis Anda memberi mereka cukup keuntungan? Selama apa mereka harus menanti untuk bisa mulai mengeruk keuntungan pertama mereka dari investasi mereka pada bisnis start up Anda.
    Tentu saja bisnis Anda belum bisa menyampaikan fakta apapun, tetapi setidaknya Anda bisa melakukan beberapa estimasi. Estimasi mengenai target penjualan dalam beberapa periode ke depan, perkiraan keuntungan dan waktu pengembalian modal.
    Bila Anda kira Anda di sini bisa sedikit memberi janji manis demi bisa memikat investor, maka Anda keliru. Membuat estimasi ini overrated sama saja dengan menjerumuskan diri, karena sebenarnya estimasi ini adalah janji Anda pada investor yang nantinya akan Anda pertanggung jawabkan pada investor.
    Buat senyata mungkin namun pastikan sebelumnya Anda memang sudah melakukan perencanaan bisnis yang matang sehingga estimasi yang Anda hasilkan bisa cukup menjanjikan.
  3. Buat beberapa test
    Kini ada begitu banyak perusahaan yang memberi layanan bantuan bagi Anda yang terjun dalam bisnis start up. Mereka memberi Anda fasilitas untuk melakukan pengujian terhadap produk atau ide Anda. Mempertemukan Anda dengan beberapa konsumen potensial dan membuat mereka menjajal produk Anda yang nantinya akan memberi Anda penilaian.
    Penilaian ini akan menjadi acuan berbeda untuk meyakinkan investor bagaimana produk Anda dipandang di mata pasar potensial Anda. Jika produk Anda mendapat tanggapan positif, ini jelas akan membantu meningkatkan nilai start up Anda.

Itulah beberapa cara menilai bisnis start up Anda dan bagaimana start up Anda dapat dinilai oleh investor dengan nilai yang sesuai harapan Anda. Kuncinya adalah keyakinan dan kesiapan Anda dengan ide Anda ini. Semakin yakin dan siap Anda dengan bisnis Anda semakin mudah Anda meyakinkan investor.

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Cara Online Shop Sukses

Cara Online Shop Sukses; Tambahkan 5 Fitur Ini!!

Cara online shop mendulang sukses, sudah tentu banyak cara. Salah satunya adalah dengan menambahkan fitur-fitur tertentu …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Bagaimana Cara Menilai Bisnis Start Up Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Bagaimana Cara Menilai Bisnis Start Up Anda