Home » Bisnis Online » 5 Saran Terupdate Tips Marketing Online

5 Saran Terupdate Tips Marketing Online

Tips Marketing Online Membangun brandTips marketing online haruslah mengalami penyesuaian dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan yang ada. Perkembangan dan penyesuaian adalah hal yang tak terelakan. Sedikit saja Anda ketinggalan dan enggan melakukan penyesuaian terhadap perubahan yang terjadi, maka bisnis Anda akan berada dalam bahaya.

Ketika kita mulai memasuki catur wulan kedua di tahun ini, saatnya kita mencoba melihat apakah penyesuaian yang perlu dilakukan terkait strategi bisnis kita. Terlebih strategi marketing online, mengingat perkembangan dunia digital melaju dengan sangat kecepatan super. Kita sebagai pengusaha harus jeli melihat setiap perubahan dan perkembangan yang ada, sehingga kita bisa segera menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan tersebut.

Dengan beberapa perubahan di dunia bisnis dan pasar, jelas beberapa tips marketing online perlu Anda perhatikan untuk bisa menggapai pasar dengan lebih efektif. Strategi mana yang sudah kehilangan efektifitasnya dan perlu kita ganti dengan strategi terbaru yang lebih update. Serta strategi mana yang masih efektif untuk kita pertahankan.

Tak dapat dipungkiri marketing online sudah menjadi satu aspek penting dalam setiap bisnis. Harus kami katakan ketika Anda memutuskan untuk membatasi lingkup bisnis Anda dan menghiraukan peluang dari dunia internet, jelas Anda membiarkan bisnis Anda kehilangan kesempatan emas untuk meluaskan pasar dengan tanpa batas.

Dunia digital berkembang dengan demikian pesat. Dan semakin banyak saja pebisnis yang menemukan cara memanfaatkan kehebatan marketing online untuk perkembangan bisnis mereka. Setiap tahun bahkan laju perkembangan dunia internet semakin kencang, sehingga Anda harus terus melakukan penyesuaian dengan perkembangan terbaru.

Baca juga: 8 Tips Penting Agar Bisnis Jualan Online Anda Laris Manis

Tips marketing online yang saya sajikan dalam tulisan ini sudah saya adaptasi dengan perkembangan terkini. Dan ide-ide penyesuaian ini kami tuangkan dalam 5 tips marketing online terbaru yang kami susun sebagai berikut:

5 Tips Marketing Online Terupdate

  1. Kemudahan akses dan optimalisasi via mobile

Tips Marketing Online Kemudahan akses dan optimalisasi via mobile

sumber gambar: yourstory.com

Bila di beberapa tahun sebagian orang masih terpaku dengan laptop dan PC untuk leluasan mengakses informasi via internet. Kini sebagian besar pengguna internet justru menggunakan smartphone untuk mendukung aktivitas seluncur digital mereka.

Dengan inilah perlu Anda mempertimbangkan merubah konsep pemasaran Anda untuk lebih ramah dengan sistem mobile device. Dalam forbes dikatakan dengan meluangkan lebih banyak jurus pemasaran via mobile, Anda akan mendekatkan produk Anda langsung di hadapan konsumen dan ini meningkatkan kemungkinan pasar merespon produk Anda. Bahkan dikatakan peningkatannya bisa mencapai 80%.

Baca juga: Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal Dengan Aplikasi Mobile

  1. Jangan lupakan eksistensi bisnis Anda dalam sosial media

Tips Marketing Online bisnis Anda dalam sosial media

sumber gambar: mystechdynamics.com

Membuka sebuah akun page facebook, path, Linkedin atau instagram semudah membalikan tangan dan tentu saja semurah Anda membeli sebungkus biskuit. Padahal ada potensi pasar yang sangat besar yang tersimpan di dalamnya, jadi kenapa Anda harus memandang sebelah mata pada potensi marketing online via sosial media.

Tetapi menjadi aktif memasarkan produk atau layanan Anda dalam sosial media bukan perkara mudah. Bahkan menarik konsumen tak lagi bisa semurah harga biskuit. Karena Anda harus memberikan banyak upaya untuk dapat menghadirkan konten berkualitas dan dapat menarik pembeli sebanyak mungkin.

Akun sosial media Anda harus menjadi ruang komunikasi dua arah Anda dan konsumen serta calon konsumen. Menjadi ruang Anda menyampaikan informasi atau sekedar membangun relasi baik dengan pasar. Tak harus melulu soal konten produk, kadang konten ringan, informasi terkait bisa pula memberi input positif. Anda juga harus menjadikan akun sosial media Anda ruang untuk mengetahui kebutuhan dan keluh kesah konsumen.

Baca juga: 7 Tips Jitu Cara Jualan Di Instagram

  1. SEO masih Anda butuhkan

Tips Marketing Online SEO Search Engine Optimization

sumber gambar: thenextweb.com

Beberapa pelaku usaha bisnis dengan sistem marketing online mengira SEO sudah terlalu basi untuk digunakan kembali dalam dunia marketing online. Faktanya meski semakin terselubung, pihak search engine semakin mengetatkan kemampuan mereka dalam menyaring konten dan SEO tetap menjadi pilihan ampuh mengakali sistem penyaringan ini.

Belakangan beberapa pakar SEO melihat visual content memilliki nilai lebih untuk mendapat tempat di mata search engine. Anda bisa gunakan video atau gambar untuk keperluan ini. Tips marketing online dengan memanfaatkan SEO, terutama untuk konten visual, baik gambar maupun video.

Baca juga: 15 Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online

  1. Konten tetap cara terbaik

Tips Marketing Online Konten terbaik

sumber gambar: marketeers.com

Ketika visual konten dikatakan sebagai cara paling menarik untuk menghimpun pasar, ternyata cara lama dengan menyajikan konten berupa tulisan bukan lantas menjadi tidak menarik lagi. Hanya saja setelah demikian banyak tulisan yang kadang berisi tema dan bahasan yang itu-itu lagi, memang kadang sulit mengejar posisi pertama dalam search engine kecuali Anda memberikan sesuatu yang berbeda.

Bertahan dengan tema konten yang sama, memberi informasi lengkap seputar tema tersebut dan giat mempromosikannya sampai menjadi ruang khusu untuk mereka mencari informasi seputar tema bersangkutan akan memberi Anda sedikit kekuatan masuk dalam konten tulisan.

Kualitas kini berbicara banyak, sebenarnya ini jelas bukan berita baru dalam 1 -2 tahun belakangan ini. Karenanya semakin Anda memuat artikel dengan muatan yang baik, langka, dibutuhkan dan dicari semakin mudah Anda mendapatkan perhatian.

Baca juga: Pengertian Marketing Konten Dan Cara Membuatnya Efektif

  1. Bangun brand Anda menjadi lebih personal

Tips Marketing Online Membangun brand

sumber gambar: yourstory.com

Menurut the Direct Marketing Association, 76% konsumen akan sukarela memberikan informasi mereka kepada pihak brand bila memang diyakininya pihak brand akan memberikannya pengalaman lebih baik dalam menikmati sebuah produk atau layanan.

Pendekatan personal kadang memakan lebih banyak waktu, tetapi bisa menyentil lebih dalam dan membangun hubungan konsumen yang lebih loyal. Anda tau kan manfaat konsumen loyal untuk Anda atau coba temukan informasi mengenai ini di sini.

Baca juga: 10 Langkah Penting Agar Logo Bisnis Yang Sedang Anda Bangun Punya Kekuatan Brain Washing

Itulah tips marketing online terupdate yang perlu Anda update dalam trik bisnis Anda saat ini. Lakukan penyesuaian sekarang juga untuk mendapatkan hasil pemasaran yang lebih efektif sekarang juga.

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Strategi Promosi Pemasaran

Strategi Promosi Pemasaran Yang Terbukti Jitu

Strategi promosi dan pemasaran merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Karena promosi ini bukan hanya …

Tuliskan Komentar Anda Untuk 5 Saran Terupdate Tips Marketing Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel 5 Saran Terupdate Tips Marketing Online