Home » Bisnis Online » 15 Kesalahan Dalam Cara Mengelola Bisnis Online (Bag.3)

15 Kesalahan Dalam Cara Mengelola Bisnis Online (Bag.3)

Cara Mengelola Bisnis Online Over SEOCara mengelola bisnis online harus dilakukan dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Masalah bisnis online tak hanya soal bagaimana mempersiapkan dan memulai sebuah bisnis dengan media online. Tetapi bagaimana cara tepat menemukan pendekatan terbaik menghadapi pola pasar dunia maya.

Kita dapat belajar dari kesalahan-kesalahan, termasuk kesalahan orang lain, agar kita tidak terjebak pada kesalahan yang sama. Saya telah merangkum beberapa kesalahan yang lazim dilakukan para pebisnis online, terutama pebisnis pemula. Rangkuman yang saya kemas dalam tulisan 15 kesalahan dalam cara mengelola bisnis online ini saya sajikan dalam 3 seri tulisan.

Bagian pertama dari tulisan ini dapat Anda temukan pada artikel yang berjudul 15 Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online (Bag.1). Sedang bagian kedua berjudul 15 Kesalahan Dalam Cara Memulai Bisnis Online (Bag.2). Dan yang sedang Anda baca sekarang ini adalah bagian ketiga dari serial kesalahan yang sering dilakukan orang dalam mengelola bisnis online.

Dan pada kesempatan kali ketiga ini saya kembali mencoba mengulas mengenai kesalahan dalam cara mengelola bisnis online. Hindari beberapa kesalahan Anda untuk memaksimalkan hasil bisnis online Anda. Jadikan daftar kesalahan yang sering dilakukan orang dalam mengelola bisnis online ini sebagai bahan pelajaran dan panduan, agar kita tidak terperosok dalam kesalahan yang sama.

Tidak perlu berpanjang lebar lagi Sahabat PoBis, berikut ini adalah 5 bagian terakhir dari 15 kesalahan dalam mengelola bisnis online.

Baca juga: Pahami Kesalahan Penentuan Harga Dalam Contoh Konsep Pemasaran

15 Kesalahan Dalam Cara Mengelola Bisnis Online

  1. Berlebihan dengan hal teknis

Cara Mengelola Bisnis Online Berlebihan dengan hal teknis

sumber gambar: wix.com

Untuk bisa memulai sebuah bisnis online, Anda besar kemungkinan harus membangun sebuah website. Hanya saja demikian bersemangatnya Anda dengan ide ini sampai Anda tanpa sadar menjadi terlalu banyak meluangkan energi dan pemikiran Anda pada teknis pembangunan website. Bahkan mungkin merancang desain web yang unik dan semenarik mungkin.

Padahal bukankah tujuan Anda dengan website Anda ini adalah untuk pengembangan bisnis online Anda. Seberapa besar signifikansi penampilan website Anda dengan prospek bisnis online Anda. Berapa persen pengaruh tampilan website yang memakan waktu lama dalam proses desainnya dengan jumlah pengunjung dan tingkat penghasilan yang bisa Anda raup.

Desain website memang penting untuk menumbuhkan kepercayaan di benak calon konsumen. Namun jangan sampai waktu Anda habis untuk membangun website saja, karena masih banyak hal lain selain membangun website, yang harus Anda lakukan dalam cara mengelola bisnis online.

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Memulai Bisnis Online

  1. Berlebihan dalam memanfaatkan jalur hingga diluar kapasitas

Cara Mengelola Bisnis Online Berlebihan dalam memanfaatkan jalur

sumber gambar: theepochtimes.com

Salah satu masalah yang kerap muncul dalam pengelolaan usaha adalah ketidak seimbangan antara strategi, anggaran, kemampuan serta target. Kesalahan serupa juga sangat mungkin terjadi pada bisnis online.

Untuk mendatangkan calon konsumen, Anda harus menggunakan beragam jurus pemasaran dalam dunia online. Faktanya, dewasa ini ada demikian banyak sarana dan jurus pemasaran online yang bisa Anda kembangkan. Mulai dari beragam model sosial media, iklan online dan beragam metode lain.

Tetapi tiap jenis metode pemasaran online akan membutuhkan kemampuan seorang admin untuk mengelolanya, yang artinya juga akan menambah biaya tenaga kerja. Dan yang menjadi pertanyaan, apakah Anda cukup memiliki sumber daya dan dana untuk memenuhi semua itu.

Kadang untuk bijak dengan kapasitas bisnis Anda, pilihlah jurus dan jalur yang sekiranya sesuai dengan produk Anda, lebih mendekatkan Anda dengan pasar potensial Anda dan bisa Anda kelola dengan sumber daya dan dana yang tersedia.

Baca juga: Cara Usaha Tanpa Modal Dengan Memanfaatkan Sosial Media

  1. Berlebihan dengan ilmu SEO

Cara Mengelola Bisnis Online Over SEO

SEO memang sebuah ilmu wajib yang perlu Anda pahami dan terapkan untuk bisnis online Anda demi bisa terindex dalam sistem search engine. Hanya saja jangan biarkan kepala Anda terpaku pada teori SEO karena kini dunia online sudah berkembang pesat dan SEO sudah tak sekaku sebelumnya.

Tetap perhatikan sistem SEO dan setiap rambu peringatan. Tetapi perhatikan pula aspek kualitas dari konten dan nilai informasi yang akan Anda sebarkan dalam web Anda. Jangan karena alasan SEO Anda membiarkan akun Anda tampak kaku, karena bagaimanapun kini google semakin menyerupai pola pikir manusia untuk membaca konten yang manusiawi atau justru yang terlalu kaku.

Baca juga: Langkah-Langkah Penting Dalam Membangun Bisnis Online Shop

  1. Spamming

Cara Mengelola Bisnis Online Spamming

sumber gambar: gfi.com

Spam sudah jelas adalah bentuk lain dari sampah dalam bahasa dunia maya. Kadang dalam situasi dan waktu yang tepat Anda memang membutuhkan 1 -2 langkah spamming. Tetapi secara keseluruhan pemilik blog, akun sosial media dan apapun itu jengah dengan kemunculan Anda yang tidak diundang berpromosi begitu saja. Sehingga spamming bukanlah cara mengelola bisnis online yang bijaksana.

Jadi azasnya sebenarnya boleh karena kadang informasi harus disebarkan dengan paksa untuk efektif, tetapi dalam batas seminimal mungkin. Hindari menarik orang tanpa ijin dalam sebuah ruang pemasaran online karena bisa jadi sebenarnya mengganggu. Apalagi sembarang tag dalam facebook, yang belum tentu disukai pasar. Alih-alih mendapat perhatian dan penjualan, bisa jadi Anda justru dibenci karena melakukan spamming.

Baca juga: Ciri-Ciri Kerja Sampingan Online Tanpa Modal Bersifat Scam

  1. Mengabaikan kehadiran kompetitor

Cara Mengelola Bisnis Online kehadiran kompetitor

sumber gambar: tribenautix.com

Apapun usaha Anda, penting untuk setiap pelaku usaha memahami peta persaingan dari usaha mereka. Ini akan membantu Anda memahami seberapa besar share Anda, adakah potensi yang belum tergarap, trik pesaing dan bagaimana untuk bisa menandinginya.

Dalam dunia maya, kadang persaingan bisa menjadi cukup berat mengingat pasar dari dunia maya tak terbatas. Belum setiap pelaku usaha bebas menentukan strategi mereka masing-masing dan karena dalam lingkup online membuatnya menjadi tidak mudah untuk Anda deteksi. Itu sebabnya penting memahami dan memantau pesaing dan menentukan langkah bisnis Anda dengan menggunakan hasil pantauan Anda ini sebagai salah satu rujukan cara mengelola bisnis online.

Baca juga: 5 Ragam Jenis Konsep-Konsep Pemasaran

Nah, itu tadi Sahabat PoBis bagian terakhir dari serial 15 kesalahan dala cara mengelola bisnis online yang harus Anda hindari. Agar bisnis Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Cara Online Shop Sukses

Cara Online Shop Sukses; Tambahkan 5 Fitur Ini!!

Cara online shop mendulang sukses, sudah tentu banyak cara. Salah satunya adalah dengan menambahkan fitur-fitur tertentu …

Tuliskan Komentar Anda Untuk 15 Kesalahan Dalam Cara Mengelola Bisnis Online (Bag.3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel 15 Kesalahan Dalam Cara Mengelola Bisnis Online (Bag.3)