Home » Bisnis Online » 15 Kesalahan Dalam Cara Memulai Bisnis Online (Bag.2)

15 Kesalahan Dalam Cara Memulai Bisnis Online (Bag.2)

Cara Memulai Bisnis Online Menjalankan segalanya sendirianCara memulai bisnis online ini merupakan bagian kedua dari serial Kesalahan Dalam Bisnis Online. Kami telah mengulas mengenai 5 bagian pertama dari 15 kesalahan dalam menjalankan bisnis online. Jika Anda belum membacanya, bagian pertama dapat Anda simak di sini.

Kali ini kami akan melanjutkan ulasan tersebut dengan 5 bagian kedua dari 15 kesalahan cara memulai bisnis online. Lima kesalahan umum dalam bisnis online yang akan kita bahas pada bagian dua ini meliputi; Menganggap bisnis online pekerjaan santai paruh waktu, Menjalankan segalanya sendirian, Tak bisa membedakan blog dan bisnis, Jangan berpikir Anda bisa mengelola diri Anda sendiri, dan Tidak realistik dengan target.

Informasi ini akan membantu Anda menjalankan sebuah bisnis online dengan cara yang efektif dan aman. Membantu Anda memahami lebih baik celah dari bisnis online Anda dan kesiapan Anda sendiri dengan bisnis tersebut.

Mungkin sebagian Sahabat PoBis menepis, bahwa tidak ada detail teknis dari uraian mengenai kesalahan dalam cara memulai bisnis online ini. Namun kita sama sekali tidak bisa melupakan dasar dan mindset dari bisnis online. Karena dasar dan mindset yang salah akan berakibat pada kesalahan total dari bisnis online yang kita jalankan. Jadi perhatikan dengan seksama dasar dan mindset Sahabat PoBis dalam menjalankan bisnis online.

Dan untuk Anda berikut ini adalah 5 bagian kedua dari 15 kesalahan cara memulai bisnsi online yang harus Anda hindari.

Baca juga: Pahami Kesalahan Penentuan Harga Dalam Contoh Konsep Pemasaran

Kesalahan Dalam Cara Memulai Bisnis Online

  1. Menganggap bisnis online pekerjaan santai paruh waktu

Cara Memulai Bisnis Online pekerjaan santai paruh waktu

sumber gambar: hypno-haven.com

Klaim klasik bahwa bisnis online adalah pekerjaan mudah dan santai sehingga jauh lebih ringan dibandingkan bisnis konvensional kadang membuat banyak orang melihatnya dengan harapan dan ekspektasi terlalu tinggi.

Mudah dan ringan bukan lantas demikian santainya. Nyatanya membuat sebuah blog menjadi cukup populer akan membutuhkan banyak usaha. Menulis artikel atau mendapatkan penulis yang sesuai, menyediakan uang untuk membayar penulis, melakukan beragam promosi dan sistem link, berkomunikasi dengan pengunjung dan beberapa pekerjaan lain.

Hanya saja Anda bisa melakukan langkah pintar seperti mencari rumus langkah sukses cara memulai bisnis online yang sesuai untuk bisnis online Anda. Kadang ini juga akan memberi tugas baru untuk Anda, yakni belajar cara tepat berbisnis online.

Baca juga: Cara Bisnis Yang Baik Sebagai Freelancer

  1. Menjalankan segalanya sendirian

Cara Memulai Bisnis Online Menjalankan segalanya sendirian

sumber gambar: gamasutra.com

Anda bukan superior yang bisa menjalankan segalanya sendiri. Bisnis online profesional akan membutuhkan beberapa tenaga untuk membantu usaha Anda berjalan. Karena faktanya ada banyak tugas yang perlu dirampungkan bersamaan dan akan menjadi sangat sulit bila hanya dengan mengandalkan diri Anda sendiri.

Anda perlu membuat konten yang bisa memakan waktu beberapa jam, melakukan beberapa optimalisasi yang juga memakan beberapa jam, berkomunikasi dengan pengunjung, bahkan mengelola sosial media sampai melayani penjualan, pengiriman barang dan lain sebagainya. Jadi coba merekruit beberapa orang atau perankan orang terdekat Anda. Cara lain, bisa pula dengan menjalankan bisnis kerjasama, apapun asal bukan Anda mengerjakan segalanya sendiri.

Baca juga: Cara Mencari Mitra Kerjasama Bisnis

  1. Tak bisa membedakan blog dan bisnis

Cara Memulai Bisnis Online bedakan blog dan bisnis

sumber gambar: thewebcoach.net

Blog adalah cara Anda menarik sebanyak mungkin orang untuk kemudian Anda arahkan menuju tujuan komersial Anda. Jadi ada perbedaan antara blog dan bisnis itu sendiri, meski blog adalah aspek terpenting dalam bisnis online.

Masalahnya kemudian banyak orang mencoba membuat perhitungan atas nilai usaha yang sudah mereka lakukan dalam mengelola blog. Padahal blog itu sendiri hanya informasi gratis. Konten yang Anda masukan dalam blog atau apapun sarana perhimpunan orang yang Anda gunakan tak akan bisa secara langsung Anda kolerasikan dalam nominal.

Baca juga: 8 Website Terbaik Penyedia Micro Jobs

  1. Jangan berpikir Anda bisa mengelola diri Anda sendiri

Cara Memulai Bisnis Online bisa mengelola diri Anda sendiri

sumber gambar: forbesindia.com

Ketika Anda memulai bisnis online, sadarlah Anda menjadi bos untuk diri Anda sendiri dan kadang kala disinilah masalah muncul. Karena ketika Anda bekerja di kantor ada seseorang yang mengawasi Anda, maka di sini Anda bahkan bebas bekerja dengan ritme dan cara apapun selama hasilnya sesuai harapan konsumen.

Dan kadang justru bagian tersulit adalah ketika Anda kehilangan semangat, antusiasme Anda dan ritme kerja Anda. Tak ada yang akan menegur kelalaian Anda sampai akhirnya Anda sadar Anda kehilangan konsumen Anda yang merasa kecewa pada layanan Anda.

Baca juga: Tips Pengelolaan Akuntansi Keuangan Bagi Usaha Kecil

  1. Tidak realistik dengan target

Cara Memulai Bisnis Online realistik dengan target

sumber gambar: entrepreneur.com

Anda memiliki impian itu tidak salah, tetapi bedakan antara impian dan target karena ketika bicara target Anda jelas harus realistik. Berbeda dengan impian karena Anda bisa membuatnya seabsurd yang Anda inginkan.

karena target harus menjadi fokus Anda dalam bekerja, titik pencapaian Anda dan garis tujuan Anda. Bagaimana bisa Anda capai kalau itu sebenarnya tidak realistis. Untuk itu coba temukan dengan apa saja yang Anda perlukan untuk memahami produk, pasar, sistem pelayanan dan pemasaran dan aspek-aspek lain yang penting terkait penentuan target.

Baca juga: Contoh Pemasaran Produk Secara Modern

Anda bisa mendapatkan 5 bagian ketiga atau bagian terakhir dari 15 kesalahan dalam cara memulai bisnis online di dalam kesempatan berikutnya.

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Cara Online Shop Sukses

Cara Online Shop Sukses; Tambahkan 5 Fitur Ini!!

Cara online shop mendulang sukses, sudah tentu banyak cara. Salah satunya adalah dengan menambahkan fitur-fitur tertentu …

Tuliskan Komentar Anda Untuk 15 Kesalahan Dalam Cara Memulai Bisnis Online (Bag.2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel 15 Kesalahan Dalam Cara Memulai Bisnis Online (Bag.2)